Cara Buat Iklan yang Benar – Salah? Sepi Order Resikonya (Part 1)


By on May 15, 2014
Cara Buat Iklan yang Benar - Salah? Sepi Order Resikonya (Part 1)

Mari kita bicara tentang cara buat iklan yang benar… Ada sebuah perusahaan yang “katanya” sudah pasang iklan tetapi penjualannya tetap saja tidak ada. Sudah pasang harga diskon besar-besaran, sudah kasih headline yang super dahsyat… nggak ada yang telpon !!

Mereka bukannya kurang kreatif atau tidak tahu bahasa iklan yang baik. Mereka hanya lupa menyebutkan apa yang dijual perusahaannya, dimana lokasi tokonya dan apa alamat websitenya… hal yang sering dianggap remeh di periklanan.

“Ah… masak iya ada yang lupa menampilkan barang apa yang dijual bos? Gila kali ya?” Lho, sampeyan nggak percaya? Banyak bos. Nih contoh contoh iklan niaga yang “kelewatan” nyebutin produk yang mereka jual, alamat serta websitenya :

contoh-iklan-diskon

Saya nggak ngerti dengan maksud penawaran di atas… barang apa yang di diskon ya? Kalau itu ditempelkan di atas rak kaos bola mungkin orang akan tahu. Lha kalau ditempel di kaca sebuah outlet terus ketemu orang yang cuman liat doang? Benar-benar contoh kalimat iklan yang membingungkan. (*lebay deh, wkwkwkwkwkwk)

“Bentar bos. Kan mereka perusahaan besar bos. Jadi mereka sudah tahu produk apa yang dijual. Alamat gerainya pasti juga tahu lah. Namanya aja perusahaan besar. Iklan poster milik mereka aja di mana-mana”

Begitu ya… Okay dah, Anda tahu KMART? KMART adalah perusahaan ritel raksasa Amerika yang bangkrut pada tahun 2002. KMART, pernah menawarkan perabot luar ruangan yang iklannya mereka pasang di koran hari Minggu. Iklannya mewah dengan kertas glossy.

Dan secara kebetulan, Rhonda Abrams, konsultan bisnis ternama di Amerika melihat iklan tersebut. Dan secara kebetulan juga, mereka butuh perabotan luar ruangan tersebut. Apa yang terjadi selanjutnya? Iklan koran tersebut tidak mencantumkan di mana cabang terdekat KMART berada sehingga Rhonda Abrams memutuskan untuk menelepon nomor hotline KMART.

Ternyata, KMART tidak menjawab panggilan telepon yang terjadi di hari Minggu. Padahal iklan mereka tayang di hari minggu. Bayangkan betapa kecewanya Rhonda Abrams… Akhirnya beliau memutuskan membeli perabotan luar tersebut di toko furniture yang lain.

Lihat kan? Perusahaan sebesar KMART saja “lupa” mencantumkan alamat cabang terdekat di penawaran iklan mereka. Lalu apa penyebab perusahaan sebesar KMART “lupa” memasukkan informasi alamat cabang terdekat di iklan mereka?

Salah satu alasan yang paling umum mengapa mereka tidak mencantumkan alamat bisnis mereka adalah orang yang menulis iklan tersebut menganggap bahwa semua orang sudah tahu dimana KMART berada. Tentu saja orang yang menulis tersebut tahu dengan detail dimana KMART berada dan berapa kode posnya. Masalahnya, orang lain belum tentu tahu !!

Orang sangat mudah melupakan hal-hal yang detail. Jadi saat Anda membuat iklan, mencetak brosur atau membuat web, pastikan Anda melengkapi semua data yang SEHARUSNYA ADA di media iklan tersebut. Intinya adalah DETAIL! DETAIL! DETAIL! Anda paham kan?

Wokeh… sekarang detail apa yang harus masuk di dalam sebuah materi iklan? Ada 8 hal mendasar yang harus masuk ke dalam iklan, brosur atau apapun itu. Apa saja? Silahkan Anda baca artikel tentang cara buat iklan yang efektif bagian 2. Maap ya bro… udah adzan dhuhur, ane mau siap-siap sembahyang dulu. Eh, sampeyan kalo belum sembahyang ya berangkat juga lho… Mbacanya diterusin ntar, he..he..he..

(sumber gambar : www.fastcocreate.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

One Comment

  1. gesoft

    December 11, 2015 at 08:36

    kami punya produk software kalau semacam itu cara iklan penawaranya gmana ya karna selama ini hanya penawaran langsung yg kami lakukan untuk penawaran online belum pernah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *