Materi Kepemimpinan : 5 Dosa Mematikan yang Harus Anda Hindari

By on May 16, 2014
Materi Kepemimpinan : 5 Dosa Mematikan yang Harus Anda Hindari

Sudah lama saya tidak bahas tentang kepemimpinan. Padahal semasa saya masih aktif di bisnis MLM, hampir setiap hari materi kepemimpinan saya dapatkan.

Dan Anda harus tahu bahwa bisnis identik dengan kepemimpinan, bukan pimpinan. Bisnis bisa besar berawal dari karakter kepemimpinan si pemiliknya.

Jika pemilik bisnis mempunyai karakter atau sifat kepemimpinan yang kuat, bisnis yang ia bangun biasanya berkembang dengan baik dan cepat. Tetapi jika bisnis dibangun oleh karakter kepemimpinan yang buruk, waktu kejatuhannya tinggal Anda tunggu.

Lalu seperti apa materi kepemimpinan yang efektif yang harus dipunyai oleh setiap pemilik bisnis? Banyak… banyak sekali. Salah satunya adalah dengan menghindari “5 dosa mematikan” yang kerap menjadi batu sandungan bagi pemilik bisnis.

Apa saja ke-5 dosa mematikan tersebut?


  1. Berusaha untuk disukai dan bukan dihormati.
    Karena Anda adalah pimpinan bisnis Anda, kecenderungan Anda adalah berusaha untuk disukai, bukan dihormati. Seseorang itu bisa dihormati karena integritasnya. Jika Anda berusaha untuk disukai oleh tim Anda, berarti integritas Anda patut dipertanyakan.
  2. Tidak meminta nasihat dan bantuan kepada anggota tim.
    Karena Anda adalah pimpinan bisnis Anda, perasaan selalu benar dan pintar akan selalu hinggap pada diri Anda. Efeknya adalah Anda tidak mau untuk meminta nasihat dan bantuan dari tim Anda. Bagi Anda, menanyakan sesuatu yang yang Anda tidak ketahui kepada tim atau bawahan Anda adalah sebuah aib.
  3. Tidak menjaga agar kritik tetap konstruktif.
    Karena Anda adalah pimpinan bisnis Anda, kebenaran selalu berasal dari Anda. Jika ada anggota tim Anda yang tidak sependapat dengan Anda, lontaran kritik yang akhirnya tidak konstruktif siap Anda ucapan bagi siapa saja yang “menyerang” Anda. Efek dominonya, Anda akhirnya tidak bisa untuk menjaga agar kritik yang dilontarkan antar anggota tim Anda tetap konstruktif.
  4. Tidak mengembangkan rasa tanggung jawab dalam diri anggota tim.
    Karena Anda adalah pimpinan bisnis Anda, Anda merasa bahwa tanggung jawab sepenuhnya selalu berada di Anda. Leadership Anda mengatakan bahwa “beban ini adalah tanggung jawab saya”. Akhirnya secara tidak sadar, Anda tidak mengembangkan rasa tanggung jawab kepada anggota tim Anda. Padahal setiap orang punya tanggung jawab masing-masing. Akhirnya tim Anda bekerja hanya sekedar “membebaskan kewajiban”, bukan karena tanggung jawab. Jelas dampak  dihasilkan akan berbeda. 
  5. Memperlakukan setiap orang dengan cara yang sama.
    Karena Anda adalah pimpinan bisnis Anda, kecenderungan Anda untuk memperlakukan setiap orang dengan cara yang sama sangat tinggi. Semua adalah bawahan Anda, itu moto utama Anda.

Well, manusia itu tempatnya berbuat salah. Jelas, Anda tidak akan bisa 100% lepas dari ke-5 dosa mematikan di atas. Tidak usah kuatir. Jalani saja bisnis Anda dan mulailah satu persatu “melepaskan diri” dari ke-5 dosa mematikan di atas. Semua orang dilahirkan untuk menjadi pemimpin.

Satu tips penting dari saya pada saat mempraktekkan konsep kepemimpinan di atas adalah banyak cara untuk menghindar dari kesalahan. Tetapi cara yang paling baik mengelak dari bencana yang lebih besar adalah memastikan bahwa Anda selalu bisa “dihubungi”. 


Jadi saat Anda membuat kesalahan di saat Anda sedang berproses untuk menghindari 5 dosa mematikan di atas, pastikan Anda selalu bisa “dihubungi” oleh anggota tim Anda. Terima masukan dari mereka, jangan menghindar, tahan emosi Anda dan gunakan selalu akal sehat Anda. Semoga artikel tentang materi kepemimpinan kali ini bermanfaat bagi Anda. Salam sukses…

(sumber gambar artikel kepemimpinan : www.chipscholz.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

4 Comments

  1. salim

    July 11, 2014 at 17:54

    mhn kirim beberapa hal mengenai informasi bisnis dan manajemen kepemimpinan,tanks

  2. Andrew

    September 25, 2014 at 10:25

    wah boleh juga Nih,artikel-artikel nya

  3. anep

    January 27, 2015 at 10:02

    wuih, keren banget tips nya. Banyak sekali pemimpin yang gak mau dikritik. Yang paling parah pengikutnya gau gak mau atsannya dikritik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *