Trik Cepat Bagaimana Anda Bisa Segera Membuka Usaha Sendiri (#2)

By on May 19, 2014
Trik Cepat Bagaimana Anda Bisa Segera Membuka Usaha Sendiri (#2)

Yang belum baca artikel trik cepat membuka usaha sendiri bagian 1, silahkan anda baca dulu. Sampai dimana pembahasan kita kemarin. Oh iya, sampai mengumpulkan uang hingga $4000.

Mari kita lanjutkan. Saat uang Anda terkumpul $4000, itulah titik dimana Anda mulai merealisasikan rencana bisnis Anda. Semua yang Anda pelajari tentang segitiga B-I dan tertuang di dalam rencana bisnis Anda harus sesegera mungkin Anda laksanakan.

“Idenya bagus sih. Cuman ngumpulin 1-2 juta sebulan itu susah bos. Lha wong gaji saya mepet”. Anda tidak perlu kuatirkan hal itu. Ada step-stepnya, ada langkah-langkahnya. Apa saja? Ini dia…


  • Hitung semua pengeluaran Anda dan lakukan pengiritan segera.
    Hilangkan kebiasaan jajan, hilangkan kebiasan merokok (*ini memang harus dihilangkan karena manfaatnya nggak ada sama sekali), jangan beli barang-barang yang tidak begitu penting dan atur dengan cermat uang Anda. Sudah banyak web yang mengulas tentang masalah keuangan keluarga. Anda bisa pakai sistem amplop, sistem bayar diri Anda dulu, terserah… Yang penting atur dan iritkan pengeluaran Anda.
  • Tabung uang Anda.
    Setelah Anda bisa mengatur uang Anda, tabung uang tersebut dan jangan gunakan untuk membeli liabilitas. Teknik menabung sangat banyak. Contohnya “The Power of Rp. 20.000,-“. Apa itu “The Power of Rp. 20.000,-“? Adalah teknik menabung pecahan uang 20 ribu rupiah. Teknisnya adalah begitu Anda menemukan uang pecahan 20 ribu rupiah, tabung segera. Taruh di kotak kaca agar Anda selalu bersemangat untuk menabung karena melihat pecahan uang 20 ribuan menumpuk. Walaupun teknik ini ada plus minusnya, minimal Anda bisa lebih menghargai uang. Silahkan googling untuk mengetahui detailnya.
  • Cari pendapatan lainnya secepat mungkin.
    Cobalah Anda untuk mencari pekerjaan atau penghasilan tambahan yang tidak menyita waktu Anda. Contohnya jasa menulis jika Anda suka menulis. Cukup menyisihkan waktu 2-3 jam sehari, Anda sudah bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Tapi ingat, semuanya hasilnya harus Anda simpan agar Anda bisa secepat mungkin mencapai $4000. Tips-nya, cari pekerjaan yang tidak mengganggu kerjaan utama Anda. Dan untuk masalah tersebut, Anda sendiri yang bisa mengukurnya.
  • Jual semua barang yang sudah tidak terpakai.
    Seperti iklan be*ni*g*, jual semua barang yang tidak berharga. Setelah uangnya terkumpul, simpan baik-baik. Ingat, jangan Anda gunakan untuk jajan ya. “Bosan diingatkan terus gan !!”. Eh, jangan salah… Menyimpan uang itu sama dengan diet, apalagi jika Anda pakai buat bisnis. Godaannya kuat !!
  • Cari tambahan modal.
    Jika ternyata rencana bisnis Anda sudah jadi tetapi uang $4000 belum juga terkumpul, ada bisa cari tambahan modal bisnis. Bagaimana caranya? Baca artikel 11 cara mendapatkan modal usaha tanpa jaminan berikut ini. Tapi ingat, setelah rencana bisnis Anda SELESAI. Apa artinya? Artinya Anda sudah tahu banyak seluk-beluk bisnis dan investasi. Anda sudah paham apa itu segitiga B-I. Kalau belum, jangan coba-coba !! Sabar dan selesaikan Pe-Er Anda.
  • Mulai dari yang kecil.
    Di atas saya singgung bahwa Anda harus mengumupulkan $100 – $200 sebulan. Jika Anda belum bisa, lakukan semampu Anda. Sebuah tujuan selalu diawali dengan sebuah langkah. Dan sebuah langkah itu selalu diawali dengan langkah yang kecil. Bayi tidak bisa langsung berlari, benar kan? Sisihkan semampu Anda. Bisa 700 ribu, 500 ribu, bahkan 100 ribu pun okay. Idealnya memang Anda harus menyisihkan $100 – $200. Jika tidak bisa, jangan Anda paksa. Tapi juga jangan bermudah-mudahan. Atur sedemikian rupa keuangan Anda sehingga lama-lama Anda bisa menuju ke angka yang ideal.
  • Jurus terakhir, hajar saja.
    Jika ke-6 langkah di atas sudah Anda lakukan dan masih juga belum terkumpul $4000 dan maaf, Anda keburu “tua”, Anda bisa memulai bisnis Anda dengan uang seadanya. Hanya saja, Anda harus buat laporan keuangan yang tertib. Buatlah bisnis Anda berjalan sedemikian rupa sehingga di dalam usaha Anda terjadi arus kas. Setelah berjalan selama 1-2 tahun, segera hubungi konsultan keuangan, buat proposal bisnis dan ajukan ke “angel investor“. Anda tahu apa itu angel investor? Angel investor adalah investor yang mau memberikan modal kepada Anda dan bersedia menanggung kerugian. Mereka biasanya meminta saham kepemilikan di usaha Anda. Angel investor ini banyak. Bisa teman Anda, saudara Anda, temannya teman Anda, kakak Anda dan sebagainya. Tetapi sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan angel investor, Anda baca dulu artikel yang satu ini. Eniwei, mengapa sebelum “menemui” angel investor Anda diharuskan punya bisnis yang sudah berjalan? Karena Anda akan lebih mudah untuk meyakinkan investor tersebut. Mereka akan merasa “aman” kalau bisnis Anda sudah berjalan. Anda juga lebih Pe-De kan, buat menawarkan bisnis Anda kepada mereka kalau bisnis Anda sudah berjalan?

Terakhir, mengapa sih Kiyosaki mengharuskan angka $4000 terpenuhi? Karena $4000 adalah jumlah minimal modal yang bisa menjalankan roda bisnis Anda tanpa harus kekurangan modal. Dengan $4000, Anda sudah bisa menjalankan bisnis Anda dengan nyaman. Anda bisa membayar iklan, bisa menggaji admin serta bisa menyewa ruko kecil-kecilan.

Sudah paham sekarang? Jelas kan langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk membuka usaha sendiri? Yang pasti, semuanya bisa terlaksana kalau ada niat dan sikap yang benar. Tanpa niat yang kuat disertai dengan sikap yang benar, mustahil Anda bisa melaksanakan semua trik membuka usaha sendiri di atas… tentunya dengan ijin Allah. Selamat siang…

(sumber gambar : www.expertbusinessadvice.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

One Comment

  1. iwan

    March 14, 2015 at 21:01

    Artikelnya sangat bagus ,semoga bermanfaat bagi para calon entrepleneur.Anda mencari produk furniture dengan kualitas yang bagus,silahkan berkunjung diwebsite kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *