Tips Jitu Mencari Mitra Usaha – Anda Aman, Partner Bisnis Senang (#1)

By on May 20, 2014
Tips Jitu Mencari Mitra Usaha - Usaha Aman, Partner Bisnis Senang

Selamat pagi mas bro dan mbak sist. Kali ini saya tulis artikel tentang tips mencari mitra usaha. Tapi sebelum saya membahas tips cari partner usaha, Anda harus jawab 2 pertanyaan berikut ini.

Pertanyaan pertama, pernahkah Anda mencari mitra usaha untuk Anda ajak gabung ke dalam bisnis Anda? Saya yakin kebanyakan dari Anda pernah mengalaminya.  

Lanjut ke pertanyaan kedua. Pernahkan Anda ditipu atau tidak cocok dengan partner bisnis Anda? Ho..ho..ho.. Berani jawab? Apa cuman bisa jawab di hati… “Sering om, berkali-kali !!” Wkwkwkwkwkwk…

Beruntunglah Anda yang pernah ditipu oleh partner usaha Anda. Pengalaman tersebut akan membuat Anda hati-hati, iya kan? Bagi yang belum pernah ditipu oleh mitra bisnis Anda, selamat… Anda lebih beruntung, bwahahahahahaha…

Wokeh, begini agan-agan dan bos-bos yang lagi mencari mitra bisnis… Memilih mitra usaha itu gampang-gampang susah. Apalagi kalau Anda berkeinginan mencari mitra bisnis keluarga dan teman dekat. Problemnya akan bertambah kompleks. 

Di awal, Anda akan merasa nyaman karena mitra usaha Anda tersebut teman dekat dan keluarga Anda. Bagaimana tidak nyaman? Anda nyambung ngomong dengan mereka, Anda nyaman dengan keberadaan mereka atau Anda merasa aman karena mereka tidak mungkin menusuk Anda dari belakang.

Tapi apakah semuanya akan berjalan semanis apa yang Anda bayangkan? Belum tentu kan? Maka dari itu, Anda harus tahu “rules of the game” nya cara mencari mitra usaha. Mau itu teman Anda, saudara Anda, kakak Anda lebih-lebih orang lain, semuanya sama. Bisnis dan investasi itu tidak pandang bulu. 

“Tapi bos, itu kan saudara saya… teman baik saya… partner in crime saya”… Benar itu teman, saudara atau soulmate Anda. Tapi mereka kan partner “fun” Anda, bukan partner bisnis Anda. Untuk Anda jadikan partner hepi-hepi, it’s okay… Nggak ada masalah. Kalau Anda jadikan partner usaha, eitsss… bentar dulu. Anda harus selektif…



Lalu apa “rules of the game” nya mencari mitra bisnis om? Ada lima :

  • Aturan main yang pertama : lihat karakter dan watak orangnya.
    Ini aturan yang pertama. Anda benar-benar lihat bagaimana karakter orang tersebut. Kalau mereka adalah orang-orang yang dekat dengan Anda, silahkan Anda flash back ke belakang. Lihat apakah mereka jujur, amanah, disiplin dan profesional. Kalau tidak, jangan Anda jadikan mitra bisnis Anda. Cari partner usaha yang lainnya. Okay? Lanjut ke poin selanjutnya.
  • Aturan main yang kedua : samakan misi dan visi.
    Aturan yang kedua cari partner bisnis adalah samakan misi dan visi Anda. Contohnya… Anda baru butuh cash keras. Jadi Anda berencana untuk mengejar proyek-proyek yang nominalnya besar. Kemudian Anda mencari partner usaha. Setelah Anda lihat karakter dan waktu orang tersebut cocok dengan kriteria Anda, segera samakan visi dan misi bisnis Anda. Terangkan kepada mereka dengan jelas bahwa proyek ini adalah proyek jangka pendek untuk mencari uang besar. Akan jadi masalah jika ternyata partner bisnis Anda beranggapan bahwa ini bisnis jangka panjang. Anda inginnya uang tersebut dibagi sebanyak-banyak, partner bisnis Anda inginnya uang hasil proyek tersebut dibagi seminim mungkin. Sisanya, digunakan untuk sewa kantor, beli meja kursi, beli ini dan itu. Ia pikir, Anda juga ingin membangun bisnis jangka panjang. Gawat kan?
  • Aturan main yang ketiga : lindungi perjanjian Anda dengan hukum.
    Setelah Anda lihat karakter, watak dan misi serta visi orang tersebut kemudian Anda putuskan cocok untuk menjadi partner usaha Anda, segera lindungi dengan hukum. Buat draft yang jelas tentang poin-poin perjanjian bisnis Anda, lakukan kesepakatannya dengannya di depan seorang notaris. Kalau Anda bingung seperti apa draft perjanjiannya, konsultasikan ke pengacara bisnis yang Anda kenal.
  • Aturan main yang keempat : laksanakan ilmu “faktor pengganggu”.
    Anda tahu apa itu “faktor pengganggu”? Tidak tahu? Waduh… gawat kalau Anda tidak tahu apa itu faktor pengganggu. Okay, jika Anda tidak tahu apa itu faktor penganggu, silahkan Anda teruskan membaca tips mencari mitra usaha ini di bagian yang kedua sesaat lagi. Saya mau break bentar ya, minum shake sambil leyeh-leyeh dulu, ho..ho..ho..

(sumber gambar artikel tips cari mitra bisnis : www.tradeandexportme.com

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *