Jangan Remehkan Teori Keuangan Dasar Untuk UKM – Read It Mas Bro…


By on May 26, 2014
Jangan Remehkan Teori Keuangan Dasar Untuk UKM - Read It Mas Bro...

Jangan Remehkan Teori Keuangan Dasar Untuk UKM - Read It Mas Bro...Okay mas bro, masih berkutat ke masalah teori keuangan dasar… sekarang kita bahas 6 hal penting dalam teori keuangan dasar yang harus Anda ketahui.

Mulai dari masalah jenis dan pengertian harta, dilanjutkan ke pengertian utang, kemudian lanjut ke modal, pendapatan, beban dan terakhir prive.

“Wah, basic banget bos?”… Lho, yang basic tentang managemen keuangan aja banyak yang kagak ngerti, gimana yang advance? Lagian sesuai dengan tema kita yang lalu, Anda cukup tahu intinya saja. Sisanya, serahkan ke orang yang lebih mumpuni. Nggak lupa kan pelajaran kemaren?

Let’s get it down… mari kita mulai !!

Yang pertama… Harta
Harta bisa juga disebut aset atau aktiva. Harta adalah semua sumber daya atau kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan yang diharapkan mempunyai nilai ekonomis dari keuntungan yang didapat di masa yang akan datang. Contohnya bangunan kantor (kalau Anda nggak ngontrak ya…), mesin dan kendaraan. Harta ini jenisnya ada 4 :

  • Harta Lancar
    Adalah harta yang dalam periode tertentu dapat Anda cairkan menjadi uang kas atau menjadi bentuk harta lainnya. Misalnya kas, perlengkapan, beban dibayar di muka dan lain-lain. Kalau perusahaan Anda punya investasi emas, itu juga termasuk harta lancar. Kan liquid… bisa dicairkan kapan saja. Tinggal Anda bawa ke toko emas, jadi dah uangnya…
  • Harta Tetap
    Adalah harta yang mempunyai nilai ekonomis lebih dari satu tahun. Misalnya tanah, bangunan dan lain-lain. Ingat ya, yang punya nilai ekonomis satu tahun. Jadi kalau Anda beli bolpen bukan termasuk harta tetap ya, wkwkwkwkwkwkw
  • Harta Tidak Berwujud
    Adalah harta yang tidak dapat dilihat dalam sebuah wujud, namun keuntungannya dapat Anda rasakan. Contohnya hak paten dan hak cipta.
  • Investasi Panjang
    Adalah harta dalam bentuk surat berharga, misalnya saham.

Gampang kan? Jadi jangan phobia dulu dengan keuangan dan akuntansi. Wokeh, kita masuk ke pengertian utang…

Yang kedua… Utang
Utang adalah kewajiban yang harus Anda atau bisnis Anda bayarkan kepada pihak lain. Utang ini muncul setelah perusahaan Anda mendapatkan barang atau jasa dari pihak tersebut. Contohnya utang pembelian barang, utang gaji, utang sewa bangunan dan sebagainya. Nah, berdasarkan pembayarannya, utang ini terbagi menjadi 2 :

  • Utang Jangka Pendek
    Adalah utang yang jangka waktu pembayarannya kurang dari satu tahun. Misalnya utang gaji karyawan, utang pajak dan sebagainya.
  • Utang Jangka Panjang
    Utang yang jangka waktu pembayarannya lebih dari satu tahun.

Yang ketiga… Modal
Modal disebut juga equity. Modal adalah dana awal kekayaan Anda saat membentuk perusahaan Anda. Bisa dari investor Anda, bisa juga dari dana pribadi Anda. Biar lebih jelas, saya kasih sampel ya… Misalkan Anda mau buka usaha bengkel motor. Anda punya uang sebesar 20 juta, kemudian Anda gunakan untuk membeli peralatan perbengkelan. Lha, 20 juta tersebut adalah modal atau equity Anda.

Yang keempat… Pendapatan
Adalah perolehan aset atau harta atas upah atau imbalan dari proses transaksi penjualan barang atau jasa perusahaan Anda kepada pihak lain.

Yang kelima… Beban
Adalah sejumlah biaya yang Anda hitung dari jumlah yang Anda keluarkan untuk mencari laba atau keuntungan. Contohnya adalah beban gaji karyawan, beban iklan, beban sewa kantor dan beban-beban lainnya. Semuanya yang saya sebutkan tadi harus Anda keluarkan agar Anda dapat keuntungan kan? Mana ada Anda menggaji seorang karyawan kalau nggak berhubungan dengan keuntungan perusahaan, wkwkwkwkwkw…

Yang keenam… Prive
Adalah pengambilan demi kepentingan pribadi pada sejumlah aset atau harta. Prive ini termasuk beban yang akan menguranig nilai modal. Contohnya Anda butuh makan dan memutuskan untuk beli lotek di warung sebelah bisnis Anda. Makan kepentingan pribadi kan? Lha… biaya makan ini termasuk dalam prive.

“Terus penggunaannya gimana pak bos?”. Santai gan… pahami aja dulu. Kemudian kalau Anda masih bingung, nanti akan saya susulkan artikel-artikel yang lain tentang teori keuangan UKM. Saya cukupkan dulu artikel tentang dasar akuntansi keuangan ini.

(sumber gambar : wildernessba.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *