Bisnis Kuliner yang Menjanjikan : Keripik Kentang “Tornado”

By on June 4, 2014
Bisnis Kuliner yang Menjanjikan : Keripik Kentang Tornado

Apa sih bisnis kuliner yang menjanjikan saat ini? Pertanyaan tersebut sederhana tetapi sebenarnya sulit untuk dijawab. Bisnis kuliner yang menjanjikan itu banyak. Ada warung gudeg bagi yang ingin investasi kuliner di Jogja, ada nasi rames yang cocok di kota-kota besar di Jawa atau warung makan Padang yang all around.

Intinya apa saja usaha kuliner Anda, kalau Anda tekuni serius, pasti akan menjadi bisnis kuliner yang menjanjikan. “Lha kalau gitu berhenti dong pembahasannya bos?” Ha..ha..ha.. tentu tidak mas bro. Saya akan bantu berikan kepada Anda satu wacana bisnis kuliner yang menjanjikan, yang mungkin bisa Anda tekuni.

Wacana bisnis usaha sampingan apa itu? Bisnis makanan ringan keripik kentang “Tornado”. Apa itu keripik kentang “Tornado”? Keripik kentang “Tornado” sebenarnya sama dengan keripik kentang-keripik kentang lainnya. Ia juga diproses dengan cara digoreng dengan bumbu barbeque bubuk yang sudah tersedia banyak di pasaran.

Yang membuat peluang usaha unik yang satu ini berbeda dengan yang lainnya adalah bentuk penyajian, yaitu berbentuk ulir, mirip dengan tornado atau twister. Bentuknya bisa Anda lihat seperti gambar di atas. Sudah jelas kan?

Nah, bisnis kuliner yang menjanjikan ini modalnya juga tidak besar. Anda hanya butuh “dana” di bawah 5 juta rupiah. Jika Anda ingin menambahinya dengan booth atau outlet Anda lebih bagus, maksimal modal yang harus Anda keluarkan adalah 7-8 juta rupiah.

Jadi Anda cukup membeli mesin ulir kentang yang harganya antara 200 ribu hingga 500 ribu rupiah, membeli peralatan standar seperti kompor gas dan yang semisalnya, membeli mesin deep fryer serta peniris minyak serta membuat booth atau outlet yang cantik.

Hasil yang bisa Anda dapatkan dari bisnis kuliner yang menjanjikan ini cukup menarik. Seorang pemilik usaha jajanan kentang “Tornado” di kota Bandung mengaku bisa mengeruk omset hingga 1 juta rupiah per hari. Sedang seorang penjaja lain di kota Takengon Aceh bisa menghasilkan untung 500 ribu rupiah per hari.

Bagaimana cara memulai bisnis kuliner modal kecil ini? Tidak terlalu rumit. Pertama-tama, lengkapi peralatan usaha Anda seperti mesin kentang spiral dan “teman-temannya” seperti yang sudah saya sebutkan di atas. Kemudian, cari bahan baku yang terbaik, utamanya kentang. 

Biasanya harga kentang 1 kilo sekitar 10 ribuan dengan isi sekitar 12 buah bisa Anda jual dengan harga mencapai 5 ribuan. Ada pula yang memilih ukuran besar sekitar 5 buah perkilo dan setelah menjadi keripik kentang “Tornado”, mereka menjualnya dengan harga 10 ribu rupiah.

“Kok bisa harga jualnya jadi tinggi ya?” Pertanyaan yang bagus. Anda bisa menjualnya dengan harga cukup tinggi karena kentang yang awalnya berukuran kecil tersebut akan tampak lebih panjang setelah Anda ulir. Setidaknya sekitar 3 kali lipat lebih panjang. Ukuran yang tampak besar inilah membuat konsumen bersedia membeli dengan harga lebih tinggi.

Balik ke masalah inti, biasanya hasil uliran ketang tersebut Anda kaitkan pada sebatang bilah bambu yang kemudian Anda goreng. Setelah garing, tiriskan dengan mesin peniris minyak dan taburkan dengan bubuk barbeque untuk perasa. Penambahan rasa ini juga akan menambahkan nilai jual yang lebih.


Untuk membuka usaha kuliner yang menjanjikan ini, Anda bisa membukanya di lokasi yang “padat” seperti kawasan pemukiman, pertokoan, pusat perbelanjaan, kawasan sekolah atau kampus. Kawasan-kawasan ini menjadi adalah lahan-lahan terbaik Anda untuk menjual keripik kentang “Tornado” Anda.

Biasanya, teknik pemasaran terjitu dari usaha ini adalah aroma. Aroma dari hasil gorengan hangat kentang pada minyak panas sangat sukses menggoda indera penciuman konsumen untuk mencicipi. Selain itu Anda bisa lebih menggoda lagi dengan memasang banner yang “mengundang” di depan booth Anda, seperti yang biasa dilakukan oleh pengusaha minuman bubble.

Nah, kalau Anda tertarik untuk menjajal usaha yang menguntungkan dengan modal kecil ini, berikut asumsi biaya dan permodalan yang perlu Anda siapkan.

Modal Awal

  • Mesin ulir kentang : Rp. 500.000,00
  • Kompor gas dan tabung gas kecil : Rp. 750.000,00
  • Deep fryer mini : Rp. 800.000,00
  • Peniris minyak kapasitas 1,5 kg : Rp. 1.500.000,00
  • Wadah-wadah : Rp. 50.000,00
  • Booth Baru : Rp. 1.500.000,00
  • Banner : Rp. 275.000,00
  • Sewa tempat per bulan (bukan kios atau ruko) : Rp. 2.000.000,00
  • Total Modal : Rp. 7.375.000,00

Biaya Produksi Per Hari :

  • Kentang 5 kilo : Rp. 50.000,00
  • Minyak goreng : Rp. 44.000,00
  • Bumbu Rp. 30.000,00
  • Tusuk sate besar : Rp. 5.000,00
  • Total Biaya Produksi Per Hari : Rp. 129.000,00

Omset Per Hari

  • 60 tusuk x Rp. 5.000,00  = Rp. 300.000,00
  • Laba perhari Rp. 171.000,00

Dari asumsi perhitungan sederhana di atas, kalau dalam satu hari Anda bisa menjual 5 kilogram kentang berbentuk keripik kentang “Tornado”, Anda bisa menghasilkan keuntungan sebesar 171 ribu rupiah. Dalam satu bulan Anda bisa menghasilkan 5 – 6 juta. Bisa Anda lihat bagaimana usaha yang menguntungkan dengan modal kecil ini akan memberi Anda hasil yang cukup lumayan?


So, bagi Anda yang berminat mencari usaha sampingan dengan menjalankan peluang bisnis kuliner yang menjanjikan ini monggo… Silahkan di coba. Tapi sebelumnya, cari informasi lain yang lebih detail upaya Anda lebih mantab menjalankan bisnis kuliner unik yang satu ini. Selamat siang…

(sumber gambar : www.noshfolio.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *