Bisnis Kue Basah? Usaha Kue Rumahan? Masuk Kesini Aja…


By on June 9, 2014
Bisnis Kue Basah? Usaha Kue Rumahan? Masuk Kesini Aja...

Beberapa waktu yang lalu pengusaha yang bergelut di bisnis kue basah sempat dihebohkan dengan datangnya “newcomer” di dunia usaha toko kue… roti rainbow cake. Sekarang muncul lagi usaha kue rumahan yang bisa menjadi alternatif bagi pemilik usaha kue basah, “kue 3 dimensi”.

Sebenarnya Kue 3 dimensi bukan barang baru di dunia usaha kue basah. Konsep ini sudah ada puluhan tahun yang lampau sejak para “pakar cake dekorasi” memanfaatkan kelenturan gula icing sebagai bahan penghias kue yang lebih menggoda.

Hanya saja, bila sebelumnya konsep kue 3 dimensi adalah sajian roti untuk kelas atas, kini Anda bisa mencoba membuka bisnis kue basah untuk kelas usaha kue rumahan. Yang Anda perlukan hanyalah kemampuan dalam memasak kue dan ketekunan dalam menghias. Jadi poin utamanya adalah kreatifitas Anda.

Dan menurut sumber yang bisa dipercaya, kue 3 dimensi yang palin diminati untuk kelas bisnis kue rumahan adalah kue 3 dimensi “custom dan spesial”. Jadi Anda sangat disarankan untuk melayani konsumen “premium” dengan “produk yang terbatas”. Tentu saja harga kue Anda lebih tinggi dari kebanyakan kue tart biasa. 

Sebelum membahas lebih jauh mengenai bisnis dari kue 3 dimensi, apa sih sebenarnya kue 3 dimensi? Kue 3 dimensi adalah kue atau roti hasil pengembangan dari kue tart dengan bentuk yang sengaja mendekati atau bahkan sepenuhnya mirip dengan sebuah objek, seperti tas, pesawat atau benda unik lainnya seperti monumen.

Biasanya, bagian dalam kue 3 dimensi terbuat dari jenis cake standar seperti lapis surabaya, brownies atau cake marmer biasa. Perbedaannya adalah ia dibentuk sedemikian rupa dengan cake yang disusun dan berlapiskan gula icing, cokelat, fondant, edible print dan sebagainya.

Kerumitan pembuatan kue 3 dimensi sangat tinggi, terlebih dengan tingkat spesifikasi bentuk yang terkadang membikin pembuatnya harus menggunakan bahan-bahan khusus yang harganya relatif mahal.

Itulah sebabnya sepotong cupcake 3 dimensi saja bisa Anda hargai minimal 25 ribu ribu. Sedangkan kue tart 1 susunnya bisa Anda jual hingga 700 ribu rupiah. Bahkan ada  beberapa pelaku bisnis kue basah 3 dimensi ini bisa menjual harga di atas 2 juta rupiah !! Fantastis… Mahal dan terbatas… demikian memang kesan yang muncul dari produk kue 3 dimensi.

Sebagai bahan inspirasi bisnis bagi Anda, Ibu Sofia, pelaku usaha roti rumahan dari Jogja bisa menerima pesanan 30 paket cupcakes. Untuk kue tartnya, ia sanggup membuat dan menjual 3 buah per bulannya. Sedang ibu Peni, pelaku bisnis roti basah dari Jakarta sanggup menerima 6-7 kue tart perbulan.

Perlu Anda ketahui, kue 1 buah 3 dimensi ini butuh waktu setidaknya 3-4 hari untuk menyiapkannya. Makanya mereka untuk sementara ini belum bisa membuat dalam jumlah yang sangat banyak, meski permintaannya sangat tinggi.

Meski terbatas, keuntungan bersih peluang bisnis kue 3 dimensi bisa mencapai 70%. Itu menurut pengakuan ibu Hana yang juga membuka bisnis toko kue 3 dimensi di rumahnya. Pembuatan yang rumit dan lama, bahan baku yang cukup mahal, tampilan roti yang menggoda serta cara bisnis kue yang tergolong masih baru menjadi alasan utama mengapa harga kue 3 dimensi menjadi demikian mahal. 

Meskipun bahan bakunya mahal, secara umum modal awal yang harus Anda keluarkan tidak besar. Menurut ibu Hana, semua kue buatannya adalah hasil pesanan. Jadi pada umumnya beliau menerima uang muka setidaknya 40% dari total harga kue. Dengan dana 40%, Anda sudah bisa membeli seluruh bahan baku, benar kan?

Yang harus Anda utamakan adalah modal ilmu… ilmu membuat usaha kue rumahan sekaligus ilmu membuat roti 3 dimensi. Hal tersebut juga diamini oleh ibu Sofia dan ibu Peni. 

Tetapi dengan keuntungan yang mereka dapatkan dari usaha roti rumahan ini, mereka bisa menyisihkan sedikit dari keuntungannya untuk membeli peralatan pembentuk kue. Padahal kalau Anda tahu, harga peralatan pembentuk kue terbilang mahal. Ibu Peni sendiri mengaku sudah menghabiskan setidaknya 3,5 juta rupiah untuk membeli seluruh peralatan kue 3 dimensi miliknya. 

Eniwei, bila Anda tertarik untuk mengikuti kursus kue 3 dimensi ini, ibu Sofia membuka kursus kue 3 dimensi ini dengan harga 500 ribu per paket (tempat tinggal ibu Sofia di Jogja). Jika Anda bertempat tinggal di Jakarta, ibu Hana juga membuka kursus serupa di kediamannya di Ciracas dengan harga 800 ribu rupiah.

Oh iya… ketiga ibu muda di atas menggunakan jalur media sosial dan blogging untuk memasarkan produknya. Caranya adalah dengan menerima pesanan kue dari koleganya kemudian mereka muat foto kue 3 dimensi buatan mereka tersebut ke blog milik mereka. 

Dari foto-foto yang mereka update inilah kemudian menjadi jalan bagi mereka untuk meyakinkan konsumen bagaimana piawainya mereka dalam membuat kue 3 dimensi. Testimoni dari pelanggan dan tentu saja ragam kue 3 dimensi dari yang mereka buat menjadi nilai pemikat di mata konsumen.

So, kalau Anda memiliki hobi membuat cake di rumah, mengapa tidak Anda kembangkan saja hobi Anda tersebut menjadi sebuah usaha kue rumahan 3 dimensi? Mumpung kue 3 dimensi ini masih baru. Siapa tahu Anda adalah orang yang pertama membuat bisnis kue online atau offline di kota Anda. Pionner biasanya lebih mudah diingat oleh konsumen daripada follower, benar kan?

(sumber gambar bisnis kue basah : siliconemoulds.blogspot.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

One Comment

  1. Ferri

    October 17, 2014 at 10:37

    tolong informasi bagaimana untuk memulai bisni kue rumahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *