Mau Contoh Ide Usaha Kreatif dan Inovatif ? Baca yang Satu Ini…

By on June 9, 2014
Mau Contoh Ide Usaha Kreatif dan Inovatif ? Baca yang Satu Ini...

Anda sedang cari peluang usaha kreatif? Wokeh… saya berikan satu contoh usaha kreatif yang jarang orang pikirkan. Tapi sebelum saya memberikan contoh usaha unik dan kreatif tersebut, silahkan Anda klik link ide usaha kreatif ini.

Penting banget untuk Anda baca. Apalagi bagi Anda mahasiswa yang lagi cari usaha kreatif mahasiswa. Isinya tentang bagaimana cara mencari ide kreatif usaha. Sudah Anda baca? Baik, saya lanjutken… Anda pernah makan keju? Ada yang belum? Kebangetan deh kalau belum, ha..ha..ha..

Keju adalah makanan yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Dan selama ini masyarakat hanya mengenal keju dari merk atau brand besar yang beredar di supermarket yang iklannya sering muncul di televisi. Tapi tahukan Anda kalau produksi keju bisa Anda geluti? 

“Ah, yang benar dok…” Lho, iya… Perkembangan pasar saat ini membuat suplai keju yang ada di pasaran sudah tidak mampu lagi memenuhi seluruh kebutuhan. Ragam yang masih terbatas dengan permintaan yang “tak terbatas” membuat peluang usaha pembuatan keju di tanah air sangat besar.

Apalagi dengan masuknya trend usaha restoran kuliner barat yang mau tidak mau butuh beragam keju. Cocok kan? Dan sudah bukan rahasia lagi kalau pelaku usaha restoran butuh keju dengan spesifikasi khusus yang bersifat natural dan alami.

Permintaan yang terakhir inilah yang harus Anda sebagai sebuah peluang yang “cespleng”… Usaha keju homemade yang mengandalkan kealamian. Mantab kan? “Emangnya keju ada yang nggak alami ya?”… Lho, iya !! Beberapa keju komersial dari pabrik-pabrik besar cenderung menggunakan bahan tambahan seperti pewarna, tepung hingga pengawet.

Dan berita baiknya, untuk beberapa sajian khas dari negeri Eropa, keju dengan kualitas campuran macam ini kurang diminati karena para koki. Mereka  menganggap bahwa keju “model ini” akan merubah rasa secara keseluruhan.

“Pasar eksklusif” ini membutuhkan keju murni dengan kualitas terbaik, terutama mengandalkan faktor alam dalam mendukung hasil produksi. Dan satu lagi yang perlu Anda ketahui, mereka siap menerima keju tersebut dengan harga yang lebih tinggi, he..he..he..

“Sudah ada yang menjalankan ide usaha kreatif ini belum dok?”… Sudah !! Namanya Tri Haryanto. Beliau tinggal di daerah Boyolali, yang kebetulan merupakan daerah produsen susu sapi terbesar di Jawa Tengah.

Awal ceritanya seperti ini… setiap hari Boyolali menghasilkan susu sebanyak 110 ton sehari. Dan selama ini, susu yang pasti tertampung oleh pemasok besar hanya 60%. Berarti masih ada sisa lebih dari 40 ton susu tiap harinya yang belum bisa didistribusikan, benar kan?

Nah, pak Tri ini pernah mendapatkan cerita tentang sebuah restoran eksklusif di kota Yogya yang mengeluhkan betapa sulit mencari keju natural dengan kualitas baik. Usut-punya usut, udara Boyolali yang dingin ternyata sangat baik untuk membuat keju dengan kualitas unggul. Jadi semakin yakinlah pak Tri untuk menjalankan ide usaha kreatif ini di rumahnya.


Beliau memulainya dari skala kecil terlebih dahulu. Pembuatan keju pertamanya dari dapur rumahnya dan hanya “bersenjatakan” kompor, panci-panci besar dan ruang fermentasi di dalam salah satu ruangan yang ada di rumahnya.

Kala itu, beliau memulai dengan modal usaha hanya 1,5 juta yang beliau gunakan untuk membeli beberapa panci besar, pembuatan ruang fermentasi, bahan baku susu sapi dan bahan-bahan tambahan seperti ragi dan enzim. Kemudian beliau mempelajari tutorial pembuatan keju di Youtube agar beliau bisa menghasilkan keju yang baik dengan kualitas sesuai dengan standar sajian Eropa.

Pada saat produksi pertamanya, beliau hanya membuat keju jenis mozzarella, keju feta dan keju edam. Ketiga jenis keju ini memiliki permintaan yang cukup tinggi di pasar restoran. Semua prosesnya masih dilakukan secara manual dengan mengandalkan peralatan dapur biasa. Benar-benar mengingatkan pembuatan keju tradisional tempo dulu di pedesaan Eropa.

Untuk masalah pemasaran, pak Tri Haryanto mengandalkan strategi sampling, yakni membawa hasil keju buatannya ke berbagai restoran Eropa di kawasan Yogya dan Solo. Dengan strategi marketing ini, beliau berharap para chef yang mencicipi bisa menilai sendiri bagaimana kualitas keju buatannya.

Lebih dari itu… para chef ini ternyata juga mau memberikan kritik dan saran hingga keju buatan pak Tri haryanto benar-benar sempurna, sesuai dengan apa yang diinginkan oleh restoran-restoran eksklusif. Dengan ketekunan dan komitmen yang cukup kuat, dalam 2 bulan beliau berhasil mendapatkan setidaknya 3 restoran yang rutin menerima suplai keju darinya.

Tri Haryanto dan istri yang memulai bisnis rumahan dengan modal kecil ini pada tahun 2010, ternyata memang perlu terus menekankan ketekunan dan keseriusan dalam menggarap usaha kejunya. Karena kini semakin beragam saja permintaan jenis keju yang beliau terima dan itu artinya tidak ada kata berhenti untuk belajar membuat keju dengan kualitas baik dalam beragam jenis.

Saat ini beliau sudah membuat 8 jenis keju yang semuanya berasal dari susu sapi. Ide usaha kreatif miliknya kini sudah menjelma menjadi sebuah bisnis dengan omset 60 juta rupiah per bulan. Setiap hari beliau menggarap susu hingga 500 kwintal di dalam pabrik yang sudah lengkap dengan ruang fermentasi dan penyimpanan bawah tanah sesuai standar Eropa.

Beliau dibantu oleh 50 orang tenaga kerja yang selalu siap untuk memenuhi suplai permintaan dari 4 supermarket di Jogja dan Solo serta 28 restoran dan hotel yang selalu “langganan” membeli keju produksinya setiap bulan. Bisa Anda bayangkan seperti apa bisnis pembuatan keju miliknya kan?


Inti dari ide usaha kreatif ini tidak hanya terletak pada peluang usaha kreatif nya saja… Tetapi juga dipengaruhi dari ketekunan dan pantang mundur dari pelakunya. Suskes buat Anda…

(sumber gambar : www.vemale.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

5 Comments

  1. Tips Bisnis kreatif

    October 25, 2014 at 23:45

    Penyampaiannya sungguh menyenangkan, saya suka banget dengan artikenya. informasinya sangat membantu. trimakasih untuk informasiyang bermanfaat,
    BTW apakah anda juga mahasiswa?

    • Om Nip-Nip

      October 26, 2014 at 05:26

      @Tips Bisnis : bukan, hehehehe

  2. bisnism

    June 15, 2015 at 15:07

    Yang ini memang kreatif mas bro… Saya juga sempet liat ulasannya di TV. Tadinya berawal dari dapur sendiri dengan peralatan seadanya, tapi karena mampu memenuhi kepuasan konsumen akhirnya bisnis Pak Tri terus maju. Makasih mas sudah berbagi. Salam Sukses!

  3. Joko Warino

    December 27, 2015 at 14:17

    memang Perjuangan Yang luar biasa, patut untuk ditiru. bagi pemula mungkin yang harus ditiru adalah semangatnya.. dan sifat pantang menyerah.. semoga saya juga bisa seperti beliau.. amin

  4. Sekolah Chef Koki

    September 16, 2016 at 15:19

    thanks info tentang ide2 nya.. sangat menginspirasi sekali..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *