Satu Lagi Contoh Usaha Jasa yang Menguntungkan Untuk Anda

By on June 13, 2014
Satu Lagi Contoh Usaha Jasa yang Menguntungkan Untuk Anda

Kalau membahas contoh usaha jasa yang menguntungkan model yang satu ini, saya jadi ingat teman saya yang serius menekuni contoh usaha jasa ini. Berkat ketekunannya, beliau tetap eksis di usaha ini. Apa contoh usaha jasa yang menguntungkan tersebut? Usaha antar jemput anak sekolah… Pasti Anda sudah tidak asing lagi.

Ketika semakin banyaknya orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya, waktu untuk mengantarkan anak berangkat sekolah semakin sempit. Kondisi ini bisa Anda manfaatkan dengan membuka usaha jasa antar jemput sekolah, seperti teman saya tadi.

Apalagi bila Anda sudah memiliki kendaraan mobil ukuran besar di rumah Anda. Dari pada mobil Anda lebih banyak nganggur di dalam garasi, Anda bisa manfaatkannya menjadi sumber penghasilan tambahan, benar kan?

Anda bisa rekrut seorang supir yang bisa Anda percaya, punya pengalaman mengemudi yang baik dan sabar serta penyayang dengan anak kecil, Anda sudah bisa memulai usaha ini.

Menariknya, ternyata permintaan jenis usaha jasa jasa antar jemput sekolah ini semakin meningkat. Dan kabarnya, banyak orang tua yang kehabisan “jatah jemputan” sehingga peluang inspirasi usaha modal kecil yang satu ini masih besar. Terutama untuk Anda yang berlokasi di kota besar dengan tingkat kesibukan yang sangat padat.

Tapi sebelum Anda memulai contoh usaha jasa yang menguntungkan ini, ada berikut beberapa langkah kecil yang harus Anda lakukan :


  1. Survei Pasar
    Jangan pernah memasuki sebuah peluang usaha baru tanpa Anda mengawalinya dengan survei pasar. Survei pasar akan memberikan gambaran kepada Anda tentang layanan yang seperti apa yang dibutuhkan oleh konsumen Anda. Survei pasar juga bertujuan untuk mencari tahu sekolah-sekolah mana yang masih membutuhkan jasa jemputan tambahan, berapa harga rata-rata jasa antar jemput sekolah yang ada serta karakter anak yang akan Anda layani.
  2. Mencari Driver
    Sebagai seorang pebisnis, Anda tidak disarankan untuk menjalankan hal-hal yang kurang penting dan mempunyai skala prioritas rendah. Contohnya mengemudikan kendaraan. Maka dari itu, Anda harus merekrut seorang driver sehingga Anda bisa mengurusi hal-hal yang lebih penting seperti membangun brand jasa Anda misalnya. Pilihlah driver yang tidak hanya pandai berkendara, tetapi juga memahami masalah mesin kendaraan, cukup sabar dengan anak-anak dan tentu saja jujur. Anda tidak ingin dituntut oleh orang tua anak-anak karena ulah driver Anda kan? Dan Anda diharuskan untuk mencari driver dengan teliti. Lebih utama jika driver tersebut yang sudah Anda kenal dan Anda ketahui dimana tempat tinggalnya.
  3. Siapkan Kendaraan
    Sebenarnya contoh usaha jasa yang menguntungkan ini baru bisa dikatakan inspirasi usaha modal kecil jika Anda sudah memiliki kendaraan sendiri. Karena bila Anda belum punya, maka modal Anda cukup besar. Tetapi jika terpaksanya Anda belum memiliki kendaraan dan prospek usaha ini di tempat Anda benar-benar bagus, Anda bisa bekerjasama dengan teman atau kenalan Anda yang punya mobil tetapi jarang dipakai. Cari mobil yang cocok untuk “ditumpangi” anak-anak, seperti jok yang tahan air, kursi yang luas dan mesin yang sehat pastinya.
  4. Modal Operasional
    Untuk menjalankan contoh usaha jasa ini, modal operasional bulanan Anda tidak mahal. Anda hanya butuh modal kerja untuk 3 hal, yaitu bahan bakar, perawatan mesin selama 1 bulan dan biaya promosi. Total kebutuhan Anda kira-kira berkisar 2,5 juta rupiah. Hal ini harus Anda penuhi karena pada bulan pertama Anda belum memperoleh pendapatan, sehingga Anda harus menyediakan sendiri dana untuk operasional bulan pertama.
  5. Pemasaran
    Untuk memasarkan jasa Anda ini, Anda bisa menjalin kerjasama dengan pihak sekolah dengan sistem bagi hasil. Cara ini biasanya lebih efektif dan lebih diterima oleh pihak sekolah. Cara pemasaran yang lain adalah dengan menyebar brosur dan kartu nama ketika pembagian rapot atau saat rapat orang tua murid berada di sekolah.
  6. Strategi Khusus
    • Menjalin kerjasama dengan pihak sekolah tidak hanya sebagai media promosi, tetapi untuk bisa mendapatkan update informasi mengenai jadwal-jadwal di sekolah seperti hari libur khusus, jadwal pulang cepat atau aktivitas khusus lainnya. Kadang pihak sekolah juga bisa menjadi calon konsumen potensial Anda seperti jasa antar jemput guru pada saat mereka punya “tugas khusus”.
    • Lakukan survei awal untuk setiap pelanggan baru untuk mengetahui pasti lokasi rumah tiap pelanggan baru demi menghindari keterlambatan penjemputan dan pengantaran.
    • Tawarkan jasa lain seperti pengantaran kursus, kegiatan ekstra kulikuler atau les anak di waktu sore hari.
  7. Segera Mulai
    Setelah semua persiapan Anda sudah lengkap, Anda harus segera menjalankannya. Hilangkan kebiasaan menunda. Lawan perasaan takut gagal. Keberhasilan hanya bisa Anda rengkuh jika Anda berani untuk mencoba dan selalu bangkit dari kegagalan.

Ok, sekarang mari kita bahas simulasi sederhana contoh peluang usaha yang satu ini.

Modal Awal

  • Perombakan kendaraan : Rp. 3.000.000,-
  • Biaya promosi : Rp. 500.000,-
  • Modal kerja awal : Rp. 2.000.000,-
  • TOTAL : Rp. 5.500.000,-

Modal kerja

  • Bahan bakar Rp. 1.600.000,-
  • Driver : Rp 800.000,-
  • Perawatan kendaraan : Rp. 400.000,-
  • Lain-lain : Rp. 100.000,-
  • TOTAL : Rp. 2.900.000,-

Pendapatan 


  • (15 anak x Rp. 350.000,-) : Rp. 5.250.000,-
  • Laba : Rp 2.350.000,-

Lumayan kan hasilnya? Jadi, jika Anda punya mobil lebih banyak “parkir” di garasi Anda, segera manfaatkan. Jangan sia-siakan peluang ini. Siapa tahu contoh usaha jasa yang menguntungkan ini cocok dengan demand di tempat dimana Anda tinggal . Siapa tahu…

(sumber gambar : galleryhip.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

One Comment

  1. umam

    April 6, 2015 at 19:42

    bagus gan idex

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *