Bingung Mau Bisnis Apa Ya? Pakai Trik yang Satu Ini !!


By on June 23, 2014
Bingung Mau Usaha Apa Ya? Pakai Trik yang Satu Ini !!

Lagi pada bingung mau bisnis apa? Tenang… saya punya trik spesial yang “mujarab” untuk Anda praktekkan. Dengan cara ini, sekarang insya Allah mas bro dan mbak sis nggak perlu bingung-bingung lagi dengan pertanyaan “usaha apa ya“.

Ada 9 langkah mencari usaha apa yang menjanjikan. Semuanya harus mas bro dan mbak sis lakukan. Langsung saja, ini dia 9 langkah mencari buka usaha apa ya :   

Langkah pertama : tulis ide bisnis di kertas.
Langkah pertama saat Anda bingung mau bisnis apa ya adalah Anda siapkan kertas dan pena, kemudian tulis jenis bisnis apa saja yang mau Anda jalankan. Biar mudah, saya ambil contoh usaha laundry, usaha warung makan dan usaha bengkel motor.

Langkah kedua : masuk ke google trend.
Silahkan Anda buka internet, kemudian buka browser kesenangan Anda misal google chrome, lalu ketik www.google.co.id/trends/.

Langkah ketiga : masukkan jenis usaha Anda.
Setelah Anda buka google trends, masukkan salah satu dari ketiga jenis usaha Anda tadi ke kotak pencarian google trends. Misalnya saya masukkan usaha “warung makan”. Lebih jelasnya, lihat gambar di bawah ini :

google-trends

Langkah keempat : masukkan jenis usaha Anda yang lainnya, setting lokasi dan waktu.
Langkah “bingung mau usaha apa ya” selanjutnya terbagi menjadi 3 bagian. Pertama, masukkan jenis usaha lainnya (maksimal 5 jenis) dengan cara klik “Tambahkan Istilah” dan ketik jenis usaha Anda yang lainnya, kemudian tekan enter. Kedua, ganti lokasi menjadi “Indonesia”. Ketiga, ganti waktunya menjadi “12 bulan terakhir”. Tujuannya adalah untuk mengetahui trend kata kunci yang dicari selama 12 bulan terakhir di negara Indonesia. Silahkan lihat gambar di bawah ini:

google-trends-2

Langkah kelima : bandingkan jenis usaha Anda.
Pada langkah yang kelima ini, Anda dituntut untuk bisa membandingkan tipe-tipe bisnis yang akan Anda incar tersebut. Kalau grafiknya datar, bagus… apalagi kalau tren-nya naik. Kalau turun, berarti usaha tersebut mengalami penurunan. Dari ketiga contoh di atas, tren pencarian tertinggi dengan grafik “stabil” ada di jenis usaha laundry (grafiknya yang berwarna biru), diikuti oleh bengkel motor disusul warung makan.

google-trends-3

[sociallocker]

Langkah keenam : cek jenis usaha dan kota.
Setelah Anda lihat grafik pencarian tertinggi, Anda harus cek kota dan jenis usahanya. Ada 2 langkah yang harus Anda lakukan, Pertama, klik link “kota” seperti pada langkah nomer 1. Setelah itu, Anda klik link “jenis usaha” seperti pada nomer 2. Hasilnya bisa Anda lihat pada nomer 3. Ingat, Anda harus cek masing-masing kota. Dari contoh di atas, usaha laundry paling banyak di cari di kota Denpasar, setelah itu baru di kota Jogja dan Malang. Untuk usaha warung makan dan bengkel motor, silahkan Anda cek sendiri.

google-trends-4

Langkah ketujuh : cari kata kunci yang sesuai dengan jenis usaha Anda.
Khusus untuk langkah yang satu ini, Anda harus lebih cermat mengamatinya. Cari kata kunci “utama” dari jenis usaha yang Anda incar. Contohnya, seperti gambar di bawah ini. Yang Anda cermati adalah kata kunci “laundry kiloan”. Mengapa? Karena kemungkinan yang mencari jasa laundry adalah orang yang mengetik kata kunci “laundry kiloan”. Jika yang mereka ketik adalah “usaha laundry”, berarti mereka adalah orang yang sama seperti Anda… sedang MENCARI USAHA LAUNDRY, bukan MENCARI JASA LAUNDRY. Paham? Nah, jika kata kunci yang Anda cari paling tinggi pencarinya, berarti itu adalah kabar baik bagi Anda. Dan dari gambar di bawah, kata kunci “laundry kiloan” menempati posisi yang pertama. Setelah itu, lakukan hal yang sama untuk jenis usaha warung makan dan bengkel motor.

google-trends-5

Langkah kedelapan : simpulkan hasil riset online Anda.
Setelah Anda lakukan riset jenis usaha di atas, saatnya Anda menyimpulkan hasil riset Anda. Untuk kasus di atas, jika Anda tinggal di kota Denpasar, Jogja dan Malang, usaha laundry kiloan masih bisa Anda jadikan sebagai wacana bisnis. Hal ini merujuk pada 3 kota besar yang ditampilkan pada langkah yang keenam tadi. Selain itu, kata laundry kiloan pada langkah yang ketujuh juga menunjukkan bahwa ada kemungkinan konsumen yang mencari laundry kiloan di kota-kota tersebut. Terlebih lagi dari ketiga jenis usaha tersebut, kata-kunci “laundry” lah yang paling banyak pencarinya dibandingkan yang lainnya. Masih ingat prinsip ada gula ada semut kan? Untuk kota-kota selain posisi “3 besar”, kemungkinan usaha laundry untuk dijalankan masih bisa. Tetapi jika tidak ada kota yang muncul, ada baiknya Anda mencoba mencari perbandingan lagi untuk jenis usaha yang lainnya.

Langkah kesembilan : amati di dunia nyata.
Well, data yang ditampilkan oleh google tersebut jangan Anda ambil mentah-mentah. Data tersebut adalah data sekunder dari usaha apa yang menguntungkan. Anda harus ambil data primernya. Apa data primer? Data primer adalah data yang Anda ambil langsung dari lapangan. Biasanya dengan mewawancarai orang. Bagaimana caranya? Lakukan riset nyata di dunia offline. Apa yang yang harus di riset? Pasarnya, persaingannya, kebutuhan modalnya dan masih banyak lagi. Anda bisa cari bagaimana cara melakukan riset bisnis. Setelah Anda yakin bahwa produk atau jasa dari usaha yang Anda incar layak untuk Anda jalankan, segera bikin business plan, okay.

Itu tadi 9 langkah mencari ide bisnis bagi Anda yang masih “bingung mau usaha apa ya”. Komplit kan? Sebagai penutup, langkah di awal tadi adalah kuncinya. Anda salah memasukkan kata kunci di kolom google trend, hasil yang ditampilkan akan berbeda dengan apa yang Anda inginkan.

“Kok bisa bos?”. Begini, Anda harus BEDAKAN “bingung mau bisnis apa” dengan “bingung mau makan apa”. karena Anda mau usaha warung makan, kata kunci “warung makan” seharusnyalah yang Anda pilih. Bukan kata kunci “usaha warung makan”. Mengapa? Karena tujuan Anda adalah “orang yang mencari warung makan”. Bukan orang yang mencari “usaha warung makan”.

Kalau Anda mau jualan peralatan warung makan atau waralaba warung makan, barulah kata kunci “usaha warung makan” adalah pilihan yang tepat. Paham kan? Okay, begitu saja penjelasan tentang artikel “Bingung Mau Bisnis Apa Ya? Ada yang ditanyakan barangkali? Kalau ada, tulis aja di kotak komentar. Ane tunggu mas bro dan mbak sis…

(sumber gambar artikel bingung mau usaha apa yah & usaha apa dengan modal kecil : www.zazzle.com)

[/sociallocker]

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

6 Comments

  1. Fibo Group

    March 21, 2016 at 21:35

    Terima kasih triknya mas, ini sangat membantu bagi yang mau berbisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *