Investasi Jabon : Serius Jalani Bisnis Jabon, Hasil Bisa Ratusan Juta


By on June 24, 2014
Investasi Jabon : Serius Jalani Bisnis Jabon, Hasil Bisa Ratusan Juta

Kalau bicara tentang investasi jati atau investasi sengon, Anda pasti sudah tidak asing. Tetapi kalau bicara tentang investasi jabon, Anda yang awam dengan bisnis kayu keras kemungkinan besar tidak tahu. Padahal bisnis jabon termasuk salah satu investasi kayu keras yang terbaik.

Sedikit menjelaskan, pohon jabon adalah tanaman jenis kayu keras yang memiliki banyak keunggulan. Salah satunya adalah laju pertumbuhannya yang sangat cepat. Di tiap tahunnya, pohon jabon dapat tumbuh sebanyak 10 cm. Jadi jika sekarang Anda mulai menanam bibit jabon, pada tahun 2018 Anda sudah bisa panen. Hanya butuh waktu 4 tahun !! Luar biasa kan? 

Selain pertumbuhannya yang cepat, keunggulan yang lainnya adalah daya tahannya yang cukup tinggi terhadap hama dan penyakit. Selain itu, pohon jabon sangat mudah Anda rawat. Tanaman jabon tidak memerlukan perawatan ekstra yang memberatkan.

Namun yang perlu Anda ingat, walaupun bibit jabon mudah untuk Anda tanam, bukan berarti Anda bisa membiarkannya begitu saja. Hal ini kerap dilakukan oleh petani tradisional. Mereka menanam bibit pohon jabon secara rapat, kemudian mereka biarkan. Tentunya panen yang dihasilkan akan jauh dari kata memuaskan.

Berbicara tentang perawatan, menanam jabon secara umum hanya membutuhkan perawatan yang standar. Contohnya fase pemupukan. Anda cukup menggunakan NPK dan Kompos tiap 3 bulan, melakukan penyiraman 1 kali sehari, melakukan insektisida dan fungisida bagi bibit kayu jabon usia dibawah 1 tahun, serta penyiangan lahan. Bandingkan dengan perawatan kayu keras seperti budidaya pohon jati lainnya !!

Dan berita baiknya, investasi tanaman jabon tidak memerlukan pemangkasan sama sekali. Apa sebab? Karena dahan tuanya akan rontok dengan sendirinya sehingga jabon dewasa akan membentuk tajuk menyerupai payung dengan batang utama lurus tanpa buku.

Dan lagi, mata kayu pohon jabon bisa mencapai 60% dari keseluruhan tajuk. Bentuk tajuk inilah yang juga menjadikan banyak pelaku industri lebih tertarik menggunakan kayu jabon karena mereka mudah saat melakukan pengolahan.

Sekarang, mari kita tengok dari sisi pengolahan. Investasi jabon boleh dibilang sebagai sebuah bisnis yang relatif cukup aman. Hal ini disebabkan karena jabon termasuk kayu yang mudah dalam pengolahan. Jabon memiliki karakter kayu berwarna terang dengan serat yang samar. Kayu jabon juga memiliki titik susut rendah serta tidak mudah robek pada saat penipisan.

Dari sisi prospek bisnis pohon jabon kedepannya, seperti budidaya gaharu, banyak pihak meyakini bahwa potensi investasi kebun jabon akan lebih baik pada tahun-tahun mendatang. Semua kelebihan jabon kayu ini mampu mengantar jabon menjadi salah satu komoditas kayu yang paling banyak dicari.

Sudah banyak industri yang beralih menjadikan kayu jabon sebagai bahan baku industri mereka. Baik industri kayu lapis, industri kertas, industri furnitur, industri korek api hingga konstruksi. Bahkan dalam 5 tahun ke depan, mereka meyakini harga jual dan permintaan kayu jabon akan semakin meningkat. Sangat menarik kan?

Lalu bagaimana cara memulai investasi kayu jabon? Pertanyaan yang bagus !! Untuk sebuah lahan berukuran 1 Ha, Anda dapat menanam jabon sebanyak 800 pohon dengan jarak tanam sekitar 4 m. Dari jumlah bibit sebanyak 800 pohon, Anda dapat memperkirakan panen pada tahun ke-enam dengan tingkat keberhasilan 80% saja.

Biaya yang perlu Anda keluarkan mulai dari pembelian bibit, penanaman hingga perawatan selama 3 tahun awal bisa Anda lihat pada contoh berikut ini :

  • Bibit 800 pohon : Rp. 800.000,-
  • Pra tanam : Rp. 2.500.000,-
  • Penanaman : Rp. 3.000.000,-
  • Perawatan (pemupukan) : Rp. 9.000.000,-
  • Perawatan (penyiraman) : Rp. 7.000.000,-
  • Perawatan (penyaingan) : Rp 6.000.000,-
  • Keamanan : Rp. 12.000.000,-
  • Total Biaya : Rp. 33.300.000,-

Sebagai informasi, harga komoditas kayu jabon saat artikel ini ditulis senilai 700 ribu rupiah per meteruntuk kayu usia 4 tahun. Sedang harga kayu jabon untuk usia 5 tahun berkisar 800 ribu rupiah per meter3. Namun ada juga yang memprediksi bahwa 5 tahun mendatang, harga kayu jabon akan naik hingga 1,2 juta rupiah per meter3.

Nah, jika kita asumsikan harga kayu jabon yang Anda jual pada nilai terendahnya, yakni sekitar 700 ribu rupiah, maka asumsi hasil investasi jabon Anda pada tahun ke 5 penanaman adalah :

  • (800 x 80%) x 1,5 m3 x Rp 700.000,- = Rp. 672.000.000,-

Namun jika kita hitung dengan angka prediksinya, kemungkinan hasil yang akan Anda dapatkan adalah :

  • (800 x 80%) x 1,5 m3 x Rp 1.200.000,- = Rp. 1.152.000.000,-

Maka dalam 5 tahunan, masa investasi jabon dengan modal tak lebih dari 50 juta rupiah berpotensi meraup keuntungan ratusan juta hingga milyaran rupiah per hektarnya. Hasil yang sangat luar biasa !! 

Tapi ingat, tidak ada bisnis yang mudah, termasuk bisnis jabon. Anda pasti akan mengalami banyak kendala dan tantangan. Hama dan penyakit siap mengancam, pencurian sebelum panen siap menghadang, kegagalan panen karena perubahan cuaca yang sangat drastis pun siap memporak-porandakan bisnis pohon jabon Anda. Sanggup melewatinya?

(sumber gambar artikel investasi jabon dan bisnis jabon : jabon.blog.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

One Comment

  1. Dias Alan Anggriawan

    April 1, 2016 at 17:57

    Asalamu’alaikum..
    artikel yang sangat bermanfaat..
    Bicara mengenai bisnis investasi jabon memang memiliki potensi yang sangat bagus, beberapa waktu lalu teman saya panen pohon jabon dan pertumbuhan aset yang di investasikan ke bisnis jabon tumbuh mencapai 300% dalam 5 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *