Jangan Lewatkan !! 5 Tips Bisnis Cuci Motor yang Patut Anda Tiru

By on July 2, 2014
Jangan Lewatkan !! 5 Tips Bisnis Cuci Motor yang Patut Anda Tiru

Kalau kemaren saya pernah membahas tentang peluang bisnis cuci motor dan modal usaha cuci motor sekaligus analisa usaha cuci motor, sekarang saya akan membagikan kepada Anda tips menjalankan peluang usaha cuci motor. Cekidot…

Dewasa ini di jalanan didominasi oleh jumlah sepeda motor yang meningkat. Semakin hari jumlah ini terus bertambah. Tentunya para pemilik motor menginginkan motor yang dimilikinya tetap terlihat bersih dan mengkilap. Namun karena alasan tertentu para pemilik motor ini enggan untuk mencuci motornya sendiri.

Melihat kenyataan ini, tentu akan mendatangkan peluang untuk membuka bisnis cuci motor yang tujuannya membantu para pemilik motor yang enggan untuk mencuci motornya sendiri. Memang bagi sebagian orang mungkin termasuk Anda menganggap bahwa mencuci motor adalah kegiatan yang kurang menyenangkan. Sehingga kehadiran tempat pencucian motor akan sangat membantu Anda dalam menghadapi masalah ini.

Belum jika cuaca yang tidak mendukung seperti musim penghujan akan membuat motor cepat kotor. Kondisi tersebut akan mendatangkan peluang menjanjikan bagi para pengusaha bisnis cuci motor. Tidak dipungkiri pula banyak orang yang membuka peluang usaha ini, namun permintaan akan jasa seperti ini pun juga tidak kalah hingga mengantri menunggu giliran untuk motornya dicuci.

Bisnis ini memang salah satu peluang usaha yang bagus dan tentunya mudah untuk dijalani. Anda tidak memerlukan modal usaha yang besar. Dan bisnis ini pun juga bisa dilakukan oleh siapapun serta minim resiko yang diakibatkan. Untuk memulainya Anda hanya perlu memanfaatkan lahan yang ada di rumah Anda.

Kemudian Anda hanya perlu membeli peralatan dan perlengkapan untuk mencuci motor. Dan yang paling penting, dalam menjalankan bisnis ini, keramahan dan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan, maka bisnis yang Anda jalankan akan tetap mendatangkan hasil.

Untuk strategi dalam menjalankan bisnis cuci motor ini agar mendatangkan pelanggan yang banyak ada beberapa syarat umum yang harus Anda penuhi. Secara umum, syarat-syarat paket usaha cuci motor tersebut adalah sebagai berikut :



  1. Pemilihan lokasi yang tepat.
    Salah satu faktor penting dalam menjalankan sebuah usaha adalah lokasi. Dengan pemilihan lokasi yang tepat, maka bisnis yang Anda jalankan akan lancar seperti pada usaha pencucian motor. Pemilihan lokasi tidak harus di tempat yang tidak ada saingannya, melainkan Anda harus memilih lokasi yang sudah menjalankan usaha cuci motor. Pemilihan lokasi yang baik tentunya berdampak pada pengurangan biaya untuk marketingnya. Anda harus membuat papan nama atau spandung yang besar untuk menarik perhatian para calon pelanggan Anda. Dan papan nama yang Anda pasang tersebut buatlah semenarik mungkin serta mudah dibaca dan diingat orang yang menjadi target pasar Anda.
  2. Melakukan promosi yang komunikatif dan menarik.
    Sebagian besar orang di tingkat ekonomi apapun sangat menyukai dengan program komunikasi yang disampaikan oleh penyedia jasa atau barang. Orang-orang memiliki kecenderungan untuk mencoba setiap jasa yang ditawarkan dalam hal ini usaha cuci motor, dengan catatan promosi yang dilakukan komunikatif dan menarik. Untuk melakukan promosi yang menarik tersebut, yang harus Anda lakukan adalah dengan memberikan komunikasi yang berbeda dengan pesaing Anda, sehingga orang-orang yang menjadi sasaran pasar Anda akan penasaran. Misalnya saja dengan memberikan sebuah undian atau hadiah kejutan.
  3. Menyediakan suasana ruang tunggu yang nyaman.
    Untuk mendatangkan pelanggan yang banyak, Anda juga harus menyiapkan dan menyediakan ruang tunggu bagi para pelanggan yang ingin mencucikan motornya di tempat usaha Anda. Untuk itu, Anda harus mengatur sedemikian rupa ruang tunggu yang nyaman untuk bisnis cuci motor milik Anda. Gunakan desain yang sesuai dengan target pasar yang Anda sasar. Misalnya sediakanlah makanan dan minuman ringan yang diperuntukkan bagi para pelanggan Anda, sehingga ketika waktu menunggu para pelanggan dapat menikmati makanan dan minuman ringan yang Anda sediakan tersebut. Namun, tentunya makanan dan minuman ringan itu tidak harus gratis. Anda bisa menjualnya pula, sehingga Anda akan mendapatkan keuntungan ganda. Satu lagi, Anda bisa menyediakan bacaan untuk mengisi waktu menunggu motornya yang sedang dicuci. Sehingga para pelanggan tidak merasa bosan.
  4. Kualitas cucian motor yang terjamin.
    Para pelanggan akan datang kembali ke tempat usaha Anda jika Anda memberikan kualitas pelayanan yang memuaskan. Maka, Anda harus memastikan bahwa hasil cuci di tempat usaha Anda sangat bersih dan baik, sehingga para pelanggan akan terkesan dan kembali lagi ke tempat cuci motor Anda.
  5. Pelayanan yang baik.
    Saat ini, para pelanggan sangat memperhatikan segala bentuk pelayanan jasa apapun. Oleh sebab itu, maka Anda harus benar-benar memberikan training kepada karyawan untuk memahami tentang teknik pelayanan yang baik untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan. Sebuah pelayanan bukan hanya sekedar memberikan senyuman kepada pelanggan, melainkan harus memberikan solusi kepada pelanggan. Untuk melakukan teknik pelayanan yang baik, Anda harus membuat standar keramahan pada bisnis cuci motor yang Anda jalankan dari mulai penyambutan pelanggan yang bersedia mendatangi usaha Anda. Setelah itu lakukan proses pelayanan yang cepat dan praktis. Setelah menyelesaikan pelayanan tersebut kepada pelanggan, hendaknya berikan ucapan terimakasih kepada pelanggan Anda.

Demikian beberapa strategi sukses yang dapat Anda lakukan dalam merintis bisnis cuci motor. Kiranya dengan strategi tersebut bisnis usaha yang Anda jalankan akan mendatangkan hasil yang maksimal bagi Anda. Dan bagi pelanggan Anda, mereka akan mendapatkan kepuasan sehingga akan kembali mengunjungi bisnis cuci motor Anda untuk mendapatkan pelayanan yang memuaskan dari Anda. Selamat menjalankan bisnis cuci motor…

(sumber gambar : rideapart.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *