Tips Efektif dan Efisien Untuk Buka Bisnis Bengkel Motor


By on July 2, 2014
Tips Efektif dan Efisien Untuk Buka Bisnis Bengkel Motor

Pertumbuhan kendaraan roda begitu pesat di Indonesia. Dan salah satu peluang yang menjanjikan untuk mendapatkan penghasilan dari pertumbuhan ini adalah membuka bisnis bengkel motor dengan dilengkapi toko sparepart dan aksesoris motor.

Pilihan tersebut dapat Anda jadikan salah satu pilihan dalam mendapatkan investasi jangka panjang. Untuk memulainya memang diperlukan suatu perencanaan yang matang. Ada beberapa tahap yang harus Anda perhatikan ketika Anda ingin membuka bisnis bengkel motor.

Pertama adalah mengenai lokasi di mana bengkel yang akan Anda buka, kemudian adalah mengenai siapa yang akan menjadi segmen pasarnya, dan yang juga harus Anda perhatikan adalah membuka bengkel untuk satu jenis produk otomotif.

Dalam menentukan lokasi yang akan Anda pilih untuk bisnis bengkel motor Anda merupakan hal yang sangat penting. Karena dengan pemilihan lokasi yang tepat, maka akan terjangkau bagi para konsumen.

Misalnya saja area jangkauan konsumen di mana radius per 1 km akan banyak ditemukan usaha bengkel motor, seperti di pemukiman penduduk, perumahan, area perkantoran, pabrik, atau pusat-pusat keramaian. Dengan jarak tersebut maka akan banyak konsumen akan meningkat karena jumlah bengkel motor yang sangat banyak saat ini.

Setelah Anda menentukan lokasi yang pas untuk membuka bisnis bengkel motor, maka langkah selanjutnya adalah dengan memilih calon pelanggan yang akan kita bidik. Ada tiga kategori untuk bisnis bengkel motor. Ketiga kategori tersebut adalah bengkel resmi, bengkel umum, dan bengkel tune up.

Jika Anda ingin membuka sebuah bengkel resmi, yang harus Anda lakukan adalah dengan menghubungi kantor service center dari produk otomotif yang Anda inginkan. Ketika Anda mengajukan keinginan tersebut, kemudian Anda akan diminta beberapa syarat tertentu yang sudah ditetapkan oleh produsen produk otomotif tersebut.

Dalam membuat bengkel resmi yang menjadi sasaran konsumennya adalah para pengguna motor pada umumnya yang hanya memerlukan service standar sesuai dengan prosedur perawatan yang berlaku. Misalnya penggantian sparepart serta perbaikan-perbaikan kecil.

Selanjutnya, bila Anda berkeinginan untuk membuka bisnis bengkel motor tune up, maka segmen pasar yang harus Anda sasar berbeda dengan kategori sebelumnya. Karena untuk bengkel kategori ini membutuhkan skill spesialis dalam merubah motor standar menjadi tidak standar sesuai dengan permintaan pelanggan.

Misalnya ada pelanggan yang meminta untuk merubah kecepatan dan akselerasi motor. Dalam membuka kategori bengkel ini, memang sasaran konsumennya lebih sempit. 

Pasaran untuk kategori ini tidak ditentukan secara lokasi. Karena para pelanggan mendapatkan informasi mengenai keberadaan bengkel motor ini biasanya dari promosi dari mulut ke mulut dan juga media-media lainnya seperti halnya media online.

Dari segi keuntungan yang didapat dari membuka bengkel motor tune up ini yaitu nilai jasa yang dihargai lebih tinggi dibandingkan bengkel pada umumnya.

Dalam membuka bisnis bengkel motor, selain hal-hal yang telah disebutkan di atas, ada juga yang harus dipertimbangkan adalah dari segi kompetitor. Misalnya adanya bengkel motor yang sudah ada di sekitar lokasi tempat Anda membuka bisnis tersebut.

Untuk menyiasatinya, maka Anda harus memiliki visi dan misi yang jelas dalam bisnis menarik jumlah konsumen untuk beralih ke bengkel yang Anda buka. Sehingga ke depannya akan mendapatkan banyak pelanggan. Kemudian yang harus Anda persiapkan lagi adalah teknisi serta manajemen yang akan Anda gunakan dalam bisnis Anda.

Semestinya hal tersebut harus Anda persiapkan dengan matang, ibaratnya sebuah restoran, maka teknisi Anda adalah koki yang memasak menu Anda sehingga kualitas dari teknisi yang Anda pakai akan menentukan kelangsungan bisnis Anda.

Tips selanjutnya saat Anda hendak buka bengkel motor adalah menentukan manajemen yang akan Anda gunakan dalam membuka bisnis bengkel motor, dalam hal ini mengandung pengertian yang cakupannya luas. Dalam menentukan pelanggan serta kenyamanannya, tentunya penataan pada bengkel Anda haruslah rapi, kemudian administrasi bengkel yang Anda miliki pun juga rapi. Sehingga segala sesuatunya yang telah direncanakan dengan matang maka Anda pun akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Kemudian hal yang paling penting dalam membuka bengkel, maka yang benar-benar harus Anda siapkan adalah permodalan dari bisnis bengkel motor tersebut. Untuk membuka sebuah bengkel motor yang cukup besar maka modal bisnis awal yang harus Anda siapkan kurang lebihnya sekitar Rp 13 juta. Adapun perinciannya adalah :

  1. Untuk stok onderdil, rak, etalase, peralatan usaha bengkel sepeda motor sambungan telepon dan fax, serta papan nama modal yang Anda butuhkan kurang lebih Rp 10.000.000,-.
  2. Kemudian modal operasional yang harus Anda siapkan beriku perinciannya;
    • Sewa tempat Rp. 1.000.000,-/ bulan.
    • Biaya listrik dan telepon Rp 300.000,-/ bulan.
    • Gaji dua orang karyawan beserta uang makan @Rp 900.000,- jadi untuk dua orang sebesar Rp 1.800.000,-/ bulan.
    • Biaya keamanan, kebersihan, alat tulis, dan lainnya Rp 150.000,-.

Sehingga bila ditotal semuanya, maka keseluruhan modal usaha bengkel motor yang harus Anda keluarkan dalam sekitar Rp 13.000.000,- dan bisnis yang Anda dirikan tersebut merupakan bisnis kecil menengah.

Semoga ulasan peluang usaha bengkel motor ini dapat Anda jadikan wawasan bila Anda berniat ingin membuka usaha dengan membuka bisnis bengkel motor atau membeli franchise bengkel motor. Sukses untuk Anda !!

(sumber gambar : www.transitmotorcycles.co.uk)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

9 Comments

  1. uut tami

    May 29, 2016 at 13:38

    buka usaha kecil2 dulu tar juga besar,peluang bengkel motor bagus,mengingat banyaknya motor sekarang ini yg penting kerjaan,servis bagus

  2. berlin

    June 4, 2016 at 02:04

    Trimakasih banyak Atas informasinya. Salam Sukses Selalu.

  3. rajamurahmotor

    November 30, 2016 at 16:34

    Kalau mau usaha bengkel motor atau toko sparepart motor sebaiknya ada yg membimbing supaya tidak salah arah. Silahkan hubungi kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *