Bisnis Home Industri : Cara Membuat Kecap Asin Berbahan Baku Ikan


By on July 3, 2014
Bisnis Home Industri : Cara Membuat Kecap Asin Berbahan Baku Ikan

Mau tahu bisnis home industri yang cukup berprospek? Cobalah produksi kecap. Anda cari tahu cara membuat kecap, siapkan peralatan produksinya, kemudian distribusikan kecap tersebut ke daerah di sekitar Anda.

“Kok pilihannya kecap sih?”. Lha iya… siapa yang nggak kenal kecap. Kecap adalah cairan jernih berwarna coklat yang mempunyai bau dan rasa yang khas serta banyak mengandung nitrogen terlarut dan garam. 

Fungsi utama kecap adalah memberikan cita rasa pada masakan tertentu. So, semua usaha makanan mulai dari warung bakso sampai restoran ayam bakar pasti sedia kecap. Benar kan? Maka dari itu, kecap sangat pas untuk dijadikan sebagai salah satu wacana bisnis home industri yang prospeknya cukup cerah.

Langsung saja ke inti pembahasan tentang cara membuat kecap ya… Begini, kecap yang beredar di masyarakat saat ini digolongkan menjadi 2, yaitu kecap asin dan kecap manis. Dan yang saya bahas untuk topik bisnis home industri kali ini adalah kecap asin.

Well, apa itu kecap asin? Kecap asin adalah kecap yang mempunyai konsistensi yang encer, berwarna jernih dan mempunyai cita rasa atau flavor seperti garam.

Cita rasa yang khas tersebut ditimbulkan terutama dari senyawa-senyawa hasil biodegradasi protein yang berkombinasi dengan unsur-unsur gizi yang lain seperti lemak dan karbohidrat yang terdapat dalam bahan makanan. Pusing ya, ha..ha..ha..

Santai saja… lewati penjelasan ilmiah di atas. Kita kembali ke pembahasan inti usaha home industri modal kecil kali ini, yaitu cara membuat kecap asin. Menurut wikipedia, kecap asin bisa dibuat dari kedelai dengan komposisi garam yang lebih banyak atau dibuat dari ikan laut. 

Dan khusus untuk kecap asin yang dibuat dari ikan itu bisa berbahan baku ikan-ikan ekonomis atau non ekonomis, seperti isi perut ikan atau dari berbagai macam jenis kerang-kerangan misalnya kupang.

Kalau cara membuat kecap asin dari kedelai dengan komposisi garam yang banyak, saya yakin sudah banyak yang membahasnya. Kalau cara membuat kecap asin dari ikan, nah… itu yang akan saya bahas kali ini.

Begini, cara pembuatan kecap ikan tidak selalu sama. Masing-masing mempunyai cara tersendiri dan bergantung dari selera, kebiasaan serta ketrampilan si pembuat kecap asin tersebut.

Oleh karena itu, kualitas produk yang dihasilkan juga berbeda-beda. Tapi pada umumnya, cara membuat kecap asin dari ikan kira-kira seperti ini :

Yang pertama, siapkan bahan baku seperti ikan, enzim papain dan bumbu-bumbu seperti gula merah, wijen, laos, pekak, sereh, ketumbar, bawang putih, kemiri dan daun salam.

Yang kedua, siapkan peralatan untuk membuat kecap ikan seperti kompor, pisau, panci, blender, termometer serta kain saring.

Yang ketiga, masuk ke proses pembuatan kecap. Silahkan coba cara dasarnya seperti yang dijelaskan berikut ini :

  1. Daging ikan yang sudah dihancurkan sebanyak 50 gr dimasukkan ke dalam wadah berisi 250 ml air.
  2. Enzim dicampurkan dengan konsentrasi 0,6%.
  3. Diinkubasi pada suhu 50° C selama 32 jam.
  4. Didiamkan selama 30 menit kemudian disaring dengan kain saring sehingga didapatkan hasil hidrolisa daging ikan yang siap dimasak.
  5. Mencampur hasil hidrolisa daging ikan dengan bumbu yang sudah disangrai terlebih dahulu, dan memasaknya selama 15 menit. Bumbu yang ditambahkan adalah gula merah, laos, sereh, bawang putih, daun salam, ketumbar, pekak, wijen, adas, dan kemiri.
  6. Setelah selesai pemasakan, kecap yang dihasilkan disaring agar ampas dan sisa-sisa produksinya terpisah.
  7. Kemas dalam botol cantik, pasarkan produk bisnis home industri Anda tersebut dengan cara memperkuat layanan untuk mengambil sebagian kecil pasar dari perusahaan besar.

“Lho, kok dikit banget pembahasan peluang usaha home industri pembahasan cara pembuatan kecap asin dari ikan bos?”. Tenang… saya kasih blog yang membahas detail tentang cara membuat kecap asin berbahan baku ikan. Mari kita serahkan ahlinya. Monggo di klik link cara membuat kecap, dijamin lengkap deh.

Wokeh, sekian saja pembahasan saya tentang contoh home industri makanan seputar cara membuat kecap asin berbahan baku ikan, selamat malam…

(sumber gambar artikel bisnis home industri : www.food-worlds.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *