Mengenal Bisnis Internet Marketing Model Toko Online Afiliasi

By on July 4, 2014
Mengenal Bisnis Internet Marketing Model Toko Online Afiliasi

Sebelum saya membahas pengenalan bisnis internet marketing, saya akan memberikan sedikit pengantar tentang beda antara bisnis internet marketing dengan bisnis online.

“Bentar… Kelihatannya sama bos. Nggak ada bedanya”. Ya, benar !!Sepintas tidak ada bedanya, apa itu internet marketing dan apa itu bisnis online. Tapi bagi saya, bisnis internet marketing berbeda dengan bisnis online. Bisnis internet marketing saya asumsikan sebagai sebuah bisnis yang titik beratnya pada pemasaran di internet.

Jadi kalau Anda punya produk kemudian Anda jual melalui internet dan Anda urus semua tetek bengeknya, saya lebih suka menyebutnya sebagai bisnis online. “Lha terus kalau yang nggak punya produk gimana bos?”. Nah itu dia… Kalau kasusnya seperti itu, maka bisnis Anda tersebut lebih cocok untuk disebut bisnis internet marketing.

Bingung ya? Nggak usah bingung. Intinya sama saja. Mari kita bahas topik utama kali ini, yaitu mengenal apa itu toko online afiliasi. Toko online afiliasi adalah toko online yang hanya memberikan review, analisis dan rekomendasi mengenai sebuah produk kepada calon pembeli.

Produknya darimana? Produknya dari mitra afiliasi Anda, atau dalam istilah bisnis internet marketing dinamakan merchant. Contoh mitra afiliasinya adalah amazon.com untuk produk fisik seperti mainan anak, buku, mesin cuci dan sebagainya atau clickbank.com untuk produk digital seperti ebook, video tutorial, software, antivirus dan yang sejenisnya.

Kalau mitra afiliasi lokal adalah lazada.co.id. Lalu cara kerjanya bagaimana? Caranya cukup mudah. Anda membuat website yang berisi review atau penjelasan mengenai produk yang dijual oleh mitra afiliasi Anda. Setelah itu, Anda tinggal mendaftar ke mitra afiliasi tersebut. Nantinya Anda kan diberikan link khusus yang bisa dipasang di toko afiliasi Anda.

Biasanya tiap produk punya link afiliasi sendiri. Begitu calon pembeli berminat untuk membeli produk yang ditampilkan di toko online Anda, mereka akan meng-klik link tersebut dan kemudian membeli produk dari mitra afiliasi Anda.

Semua proses transaksi akan dilakukan oleh mitra afiliasi Anda. Mulai dari pengiriman produk hingga layanan retur barang, mereka yang akan urus semua itu. Jadi Anda tidak perlu punya stok barang atau mengurusi pembelian barang. Enak

kan? “Lalu keuntungannya darimana bos?”. Keuntungannya dari komisi yang diberikan oleh mitra afiliasi Anda tersebut. Contohnya amazon.com akan memberikan komisi setiap kali terjadi transaksi sebesar 4 – 10%.

Lain lagi dengan clickbank.com. Komisi yang diberikan bisa sampai 50%, bahkan lebih !! Dan berita baiknya, modal bisnis online model yang satu ini sangat kecil. Tentunya masing-masing punya kelebihan dan kelemahan. Nah, biar Anda yang baru belajar internet marketing gratis nggak bingung, saya kasih contoh website bisnis internet marketing tipe toko online afiliasi :

[sociallocker]

contoh-web-toko-online-afiliasi

Contoh web diatas adalah contoh bisnis internet marketing toko online afiliasi model minisite. Web di atas milik om Sukarto dan Hianoto, salah satu pakar affiliate marketing yang pernah saya jumpai. Web tersebut menjual produk GPS merk garmin yang dijual oleh amazon.com.

Perhatikan tanda lingkaran merah dan panah merah di atas. Jika ada konsumen yang tertarik dengan penjelasan web di atas kemudian memutuskan untuk membeli, mereka akan meng-klik yang saya tandai tersebut. Link tersebut akan menuju ke amazon.com. Dan apabila terjadi “deal” atau transaksi, Anda akan mendapatkan komisi dari amazon.

Saya kasih screen shot lagi apa yang akan terjadi jika calon konsumen meng-klik link tersebut :


contoh-web-toko-online-mitra-afiliasi

Seperti di atas web amazon.com yang akan dibuka oleh calon konsumen Anda yang asal link-nya dari web Anda. Paham kan sekarang? Intinya bisnis internet marketing toko online afiliasi itu mirip dengan makelar atau broker di dunia nyata, he..he..he.. Tugas Anda hanyalah “menggiring” sebanyak-banyaknya calon konsumen datang ke web Anda untuk membaca review produk dari Anda. Mudah kan?

Eh, tapi apa benar semudah itu? Well, tantangan terbesar Anda adalah bagaimana menciptakan ratusan bahkan ribuan traffic pengunjung “tertarget” ke website Anda dengan harapan, prosentase transaksi semakin tinggi. Dan itu bukannya perkara mudah.

Ingat, saingan terbesar Anda justru dari perusahaan afiliasi yang menaungi Anda sendiri. Dalam contoh kasus di atas adalah amazon.com, clickbank.com atau lazada.co.id. Apa sebab? Mereka adalah perusahaan yang sudah terkemuka. Jadi mereka sudah sangat terkenal oleh calon pembeli online.

Maka dari itu, kunci dari keberhasilan bisnis internet marketing jenis yang satu ini ada 3.

  1. Yang pertama pemilihan produk yang tepat.
  2. Yang kedua adalah konten yang berkualitas dari web toko online afiliasi Anda.
  3. Yang ketiga adalah jumlah traffic atau kunjungan yang sangat banyak dari visitor tertarget yang datang ke web toko online afiliasi Anda. 

Khusus untuk poin yang ketiga, visitor yang tertarget adalah harga mati. Mengapa? Karena percuma ada ribuan visitor yang datang ke web Anda kalau mereka bukan target market Anda. Itu sama saja Anda jualan mobil Eropa tetapi yang datang adalah pecinta mobil Jepang.

Sudah jelas sekarang? En ngomong-ngomong, berapa penghasilan yang bisa didapatkan dari bisnis internet marketing model toko online afiliasi ini. Anda mau tahu? Ada yang bisa mendapatkan hingga 30 juta rupiah per bulan. Bahkan ada yang sampai 120 juta rupiah !! Luar biasa kan?

“Yang benar dok?”. Iya… benar. Dan saya percaya akan hal itu. Bagaimana tidak percaya, wong saya juga pernah mengalaminya. Memang tidak sebesar mereka sih. Tapi kalau dihitung dalam 20 hari masa aktif web toko online afiliasi saya, kurang lebih sekitar 7 juta rupiah kami bisa mendapatkan penghasilan dari amazon.com.

Mau bukti? Sesuai dengan janji DokterBisnis [.] net yaitu “Pengalaman Bisnis Nyata yang Saya Bagikan Untuk Anda“, bukan cuman teori… nih SS cek yang saya dapat dari amazon.com :

cek-dari-amazon-com

Gimana? Lumayan kan? 7 juta rupiah dalam sekitar 20 harian masa tayang lho… Tapi jangan dilihat enaknya thok. Perlu proses yang panjang untuk bisa sukses di bisnis internet marketing model toko online afiliasi ini. Mulai dari mempelajari ilmunya, membangun web, membidik target yang tepat hingga mendatangkan visitor… panjang ceritanya !!

Dan berhubung sudah waktunya sholat Jum’at, saya akhiri dulu pembahasan tentang “Mengenal Bisnis Internet Marketing Model Toko Online Afiliasi” ini. Kalau ada pertanyaan, silahkan tulis di kotak komentar atau add pin BB saya di : 2B6F1605


(sumber gambar : www.ososimpletechnologies.com)

[/sociallocker]

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

5 Comments

  1. Hendra

    April 14, 2015 at 04:43

    Apakah ada standar minimal kriteria sebuah Website harus seperti apa, untuk bisa jadi mitra afiliasi ?

    • Om Nip-Nip

      April 21, 2015 at 08:11

      @Hendra : Ada… contohnya harus ada 5 halaman utama seperti : about, disclosure, disclaimer, contact dan privacy serta kelengkapan informasi produk affiliate yang Anda tampilkan di website Anda.

  2. Richard

    August 8, 2015 at 23:01

    Lengkap banget info nya Om.. jadi tertarik untuk mencoba.
    Terima kasih artikel nya.. sukses terus Om. 🙂

  3. desaingambarrumah.com

    February 10, 2016 at 23:18

    saya sependapat bahwa bisnis online dengan bisnis internet marketing adalah dua hal yang berbeda walaupun banyak kesamaannya

  4. Fank Seng

    August 12, 2016 at 11:28

    Wah..bisa yah….gimana cara mudahnya biar bisa juga……

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *