Tips Membesarkan Usaha Home Industri : Luaskan Jaringan Bisnis !!

By on July 4, 2014
Tips Membesarkan Usaha Home Industri : Luaskan Jaringan Bisnis !!

Kalau Anda mempunyai usaha home industri, salah satu strategi bisnis terpenting yang membuat usaha home industri Anda besar adalah “meluaskan jaringan bisnis” Anda.

Dan problemnya, banyak pelaku usaha home industri yang tidak sadar akan peran luar biasa besar dari apa yang dinamakan pembangunan jaringan.

Apa itu jaringan bisnis? Jaringan bisnis adalah sebuah hubungan relasi yang memiliki unsur  demi keuntungan bisnis. Bukan sekedar hubungan antara Anda sebagai pelaku usaha home industri dengan konsumen atau supplier Anda.

Tetapi juga dengan pemerintah, investor, pebisnis besar hingga pelaku wirausaha dengan usaha home industri yang sama. Bahkan di dalam membangun jaringan bisnis, Anda dilarang melupakan jaringan pertemanan Anda pribadi !!

Mengapa demikian? Karena jaringan bisnis Anda tersebut bisa menjadi sebuah aset yang berharga bagi usaha home industri Anda yang nantinya akan menjadi jembatan Anda menuju kesuksesan.

Tidak percaya? Okay, saya akan share kepada Anda 5 alasan mengapa jaringan yang luas bisa menjadi aset yang berharga bagi usaha home industri Anda :



  1. Jaringan bisnis membuat Anda tidak berjuang sendirian.
    Menjalankan bisnis bukan perkara mudah, terlebih bila Anda mengingat bahwa betapa banyaknya halangan dan rintangan yang terus Anda hadapi setiap saat. Di saat itulah Anda butuh seorang yang betul-betul tahu akan seluk beluk industri yang Anda geluti. Dan coba tebak, siapa orang yang bisa Anda harapkan? Tentu saja sesama pelaku bisnis di industri yang sama bukan. Walaupun mereka adalah saingan Anda, jika Anda bangung hubungan yang baik, bukan suatu yang mustahil mereka akan membantu Anda.
  2. Jaringan bisnis bisa menjadi sumber daya Anda.
    Anda seorang pemula di usaha home industri. Jelas, sebagai seorang pemula, Anda memiliki sumber daya yang terbatas. Langkah atau strategi bisnis yang paling tepat untuk menutupi kelemahan tersebut adalah dengan membangun jaringan bisnis yang kuat dari beragam kalangan. Mulai dari pemerintah, pengusaha lain dari beragam kelas, investor hingga konsumen. Mereka nantinya akan berkolaborasi dengan bisnis Anda untuk membangun iklim yang lebih nyaman bagi bisnis Anda. Anda akan mendapatkan banyak manfaat seperti kemudahan birokrasi, bantuan permodalan, jalur-jalur baru, konsumen baru hingga informasi-informasi terbaik yang didapat langsung dari pasar.
  3. Jaringan bisnis bisa menjadi guru bisnis Anda.
    Salah satu bentuk membangun jaringan bisnis adalah dengan bergabung ke dalam komunitas pengusaha. Berita baiknya, dengan bergabungnya Anda di komunitas mereka, mereka yang sudah lebih dulu masuk dalam usaha home industri yang sama dengan Anda akan dengan sukarela membagi ilmu dan pengalaman mereka. Bahkan yang luar biasa, mereka akan menunjukan kepada Anda bagaimana cara memulai usaha home industri tersebut, siapa supplier terbaik mereka, mana konsumen yang perlu mendapat perhatian khusus dan kemana mencari investor bagi bisnis Anda dengan mudah.
  4. Jaringan Anda bisa menjadi pelanggan setia pertama Anda.
    Ketika peluang usaha home industri Anda di-launching, Anda bisa melakukan soft opening dengan memberikan secara cuma-cuma produk atau jasa Anda kepada jaringan bisnis Anda. Why? Karena mereka adalah orang yang bisa Anda andalkan untuk menjadi kritikus pertama yang akan menyampaikan pendapat mereka sebagai konsumen dengan jujur. Selain itu, kepuasan mereka akan produk atau jasa Anda akan membuat Anda lebih mudah untuk menggaet calon konsumen Anda yang baru. Apa sebab? Sederhana saja… jika produk atau jasa Anda cocok dengan kebutuhan mereka, mereka akan dengan sukarela mengajak relasi-relasi mereka untuk datang dan membeli produk atau jasa Anda.
  5. Jaringan bisnis bisa menjadi jalan kolaborasi usaha Anda.
    Ketika Anda bermaksud untuk membuat toko online bagi bisnis home industri Anda misalnya, seorang rekan lama Anda sewaktu kuliah yang kebetulan handal dalam men-develop web tentu saja bisa Anda mintai pertolongan. Inilah manfaat jaringan bisnis dalam membentuk sebuah kolaborasi. Bekerja sama membutuhkan kepercayaan, benar kan? Dan salah satu cara termudah untuk menerima kepercayaan adalah dengan menemukan kembali seseorang dari pertemanan Anda yang mendapatkan solusi atau advise yang terbaik bagi Anda.

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan alasan mengapa jaringan bisnis bisa menjadi sebuah aset yang berharga bagi usaha home industri Anda? Jadi ingat… jangan malas untuk berteman dan membangun relasi dua arah. Siapa yang menabur benih, maka dia yang akan memanen hasilnya. Selamat malam.

(sumber gambar artikel usaha home industri adalah – jaringan bisnis : www.thepartneringgroup.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

One Comment

  1. Alyun Hippy

    April 22, 2015 at 11:04

    Tips yg sungguh memberi inspirasi bagi saya selaku pemula bisnis home industry. Trima kasih ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *