Negosiasi Skill : 4 Hal yang Harus Anda Lakukan Saat Menunggu Klien


By on July 5, 2014
Negosiasi Skill : 4 Hal yang Harus Anda Lakukan Saat Menunggu Klien

Negosiasi skill – Pernah punya pengalaman menunggu di perusahaan klien Anda? Apa yang Anda rasakan? Salah tingkah? Nggak nyaman? He..he.. Sama dong !! Saya juga pernah mengalaminya. Yang namanya menunggu itu nggak enak sama sekali.

Apalagi yang Anda tunggu klien penting bagi bisnis Anda. Semakin nggak karuan perasaan Anda. Dan parahnya, karena saat pertama Anda datang sudah tidak comfort, acara Anda berantakan. Negosiasi skill Anda tidak berjalan karena Anda terlanjur bad mood.

Nah, saya punya 4 trik negosiasi skill yang masih terkait dengan negosiasi skill saat Anda menunggu di perusahaan klien penting Anda. Saya harap dengan mempraktekkan ke-4 tips terkait negosiasi skill ini bisa mengurangi rasa grogi Anda, bisa mengurangi rasa ketidaknyamanan Anda dan yang paling penting bisa menaikkan “posisi tawar” Anda di mata klien Anda.

Langsung saja, ini dia ke-4 tips negosiasi skill yang harus Anda lakukan saat menunggu klien penting Anda :

  1. Negosiasi Skill #1 : Jangan sekali-kali Anda duduk di dekat resepsionis.
    Saat Anda masuk ke ruang perusahaan klien Anda, biasanya Anda akan ditemui langsung oleh resepsionis perusahaan tersebut. Benar kan? Dan tebak… kira-kira apa yang akan resepsionis tawarkan kepada Anda. “Mari pak, silahkan duduk dulu”. Benar kira-kira seperti itu? Well, Anda jangan pernah mau duduk di dekat resepsionis. Mengapa? Karena Anda akan terlihat seperti “seonggok kain lusuh” di pojok ruangan saat orang yang akan Anda jajaki untuk bertemu melihat pertama kali kepada Anda. Katakan terima kasih dan Anda tetap berdiri hingga klien atau orang yang akan Anda temui datang. Anda akan terlihat lebih berwibawa, percayalah !!
  2. Negosiasi Skill #2 : Persiapkan kesan pertama dengan sempurna.
    Ingatlah selalu bahwa Anda tidak akan pernah punya kesempatan kedua untuk merubah kesan pertama Anda. Pastikan keempat hal ini ada pada kesan pertama Anda saat membangun hubungan dengan klien Anda… Positif, Hangat, Ramah-tamah dan antusias. Perlu Anda ingat, hal pertama yang pertama kali orang lihat adalah SIKAP. Maka dari itu perhatikan sikap Anda, okay?
  3. Negosiasi Skill #3 : Buka mata Anda lebar-lebar.
    Perhatikan dengan baik orang yang Anda temui dan lingkungan di sekitar Anda saat Anda melakukan negosiasi. Sesuaikan diri Anda dan buatlah suasana menjadi nyaman.
  4. Negosiasi skill #4 : Promosikan habis-habisan diri Anda.
    Anda adalah perwakilan dari produk dan perusahaan Anda. Kalau Anda tidak bisa mempromosikan diri Anda, mereka tidak akan percaya dengan apa yang Anda tawarkan. Lalu bagaimana cara mempromosikan diri sendiri? Sederhana saja. Anda senyum, kemudian jabat erat tangan klien Anda, selalu menjaga kontak mata dan sebutlah nama mereka dan nama Anda untuk menunjukkan bahwa Anda perhatian kepada klien Anda. Simpel kan?

Mudah kan teknik negosiasi skill di atas? Tapi semudah-mudahnya strategi negosiasi skill di atas, tanpa Anda praktekkan berulang-ulang, hasilnya tetap nol.

Maka dari itu, beranikan diri Anda untuk mencoba taktik negosiasi skill di atas dan insya Allah, Anda tidak lagi merasa kurang pe-de atau tidak nyaman. Ada yang mau ditanyakan tentang artikel negosiasi bisnis di atas?

(sumber gambar artikel lobby dan negosiasi : intisari-online.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

2 Comments

  1. SalamBisnis.com

    September 11, 2014 at 19:44

    pada intinya, kita akan jadi sales utk diri kita sendiri.. berapa kita mematok harga kita, bagaimana kita menjual diri kira..

  2. annas

    December 27, 2014 at 09:58

    Anda tetap berdiri hingga klien atau orang yang akan Anda temui datang. Anda akan terlihat lebih berwibawa, orang lihat adalah SIKAP, buatlah suasana menjadi nyaman, Anda senyum, kemudian jabat erat tangan klien Anda, selalu menjaga kontak mata dan sebutlah nama mereka dan nama Anda untuk menunjukkan bahwa Anda perhatian kepada klien Anda.

    inti dari pemasaran adalah “menjual diri” sebelum “menjual produk” karena orang hanya membeli dari orang yang mereka senangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *