Bisnis Indonesia Online Brokerage, Cuman Butuh Web Doang…

By on July 6, 2014
Bisnis Indonesia Online Brokerage, Cuman Butuh Web Doang...

Pernah dengan bisnis Indonesia online model “Brokerage”? Belum ya? Saya jelaskan bertahap ya… Begini, “brokerage” adalah salah satu bisnis Indonesia online yang akhir-akhir ini marak digandrungi orang. Model bisnis Indonesia online ini belumlah setenar jenis bisnis online seperti toko online afiliasi atau contextual advertising.

Tetapi karena sama-sama tida terlibat dengan stok dan pengiriman barang, model bisnis Indonesia online “brokerage” mulai dilirik oleh para pelaku bisnis online. “Brokerage” berasal dari kata broker yang artinya “pembuat pasar”. Mereka mempertemukan antara pembeli dengan penjual dan memfasilitasi terjadinya transaksi melalui media online.

Contoh yang paling umum adalah jual beli rumah dan mobil. Kenapa pembeli dan penjual membutuhkan web “Brokerage”? Karena di dunia maya, mereka butuh sesuatu yang mereka percaya. Oleh sebab itu, website broker biasanya memiliki kredibilitas yang sangat baik bagi kedua belah pihak tersebut.

Di samping itu, “brokerage” juga berperan dalam mengumpulkan para penjual dan pembeli di satu tempat, sehingga memudahkan terjadinya transaksi jual beli. Lalu darimana penghasilan dari model bisnis Indonesia online “brokerage”? Pertanyaan yang bagus !!

Biasanya, mindset bisnis online model “brokerage” ini akan mengenakan fee bagi orang yang berpartisipasi di websitenya (biasanya bagi penjual produk). Mereka juga mendapatkan fee dari setiap transaksi jual beli yang terjadi. Dari situlah mereka mendapatkan keuntungan.

Nah, contoh bisnis Indonesia online model “brokerage” ini adalah Rumah123.com. Anda bisa lihat website daftar bisnis online model “brokerage” pada screen shot di bawah ini :

Bisnis Indonesia Online Brokerage, Cuman Butuh Web Doang...

Selain contoh di atas, ada satu lagi web bisnis Indonesia online model “brokerage” yang mas-mas dan mbak-mbak di sini pasti sudah tahu… Berniaga.com :


website-brokerage-2

Kalau yang luar negeri, contohnya adalah amazon.com dan ebay.com. Dua website ini adalah contoh website “brokerage” yang sukses mereguk keuntungan trilyunan. Mereka berhasil mempertemukan pembeli dan penjual hingga puluhan ribu dari berbagai negara.

Bisnis Indonesia Online Brokerage, Cuman Butuh Web Doang...

Bisnis Indonesia Online Brokerage, Cuman Butuh Web Doang...

Itulah tadi penjelasan mengenai bisnis Indonesia online model “brokerage” disertai dengan contoh-contohnya. So, jika Anda tertarik untuk memulai membangun bisnis Indonesia online model “brokerage”, saran saya pelajari dulu dengan detail bagaimana cara kerjanya.


Karena yang paling susah dalam membangun bisnis Indonesia online model “brokerage” ini bukan pada web development-nya. Tetapi kepada membangun kepercayaannya. Wokeh, begitu saja dari saya… semoga penjelasan saya tentang bisnis Indonesia online “brokerage” ini bisa membantu Anda. Sukses selalu !!

(sumber gambar artikel bisnis online : www.life123.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *