Peluang Usaha DiRumah : Buka Usaha Service Komputer


By on July 7, 2014
Peluang Usaha DiRumah : Buka Usaha Service Komputer

Dulu waktu awal-awal ane lulus kuliah, ane pernah bercita-cita untuk mengambil peluang usaha dirumah dengan membuka usaha bidang komputer, khususnya usaha service komputer dan website development.

Maklum, ane jebolan informatika, jadi dulu bau-bau idealisnya masih kuat. Berhubung zaman semakin berkembang pesat, idealisme ane berubah… buka toko mesin dan jualan aneka mesin UKM.

Jauh banget ya dari disiplin ilmu ane, wkwkwkwkwkw… Tapi masih ada lho bau-bau komputernya lho… Pemasaran ane sekarang 95% full gunakan internet marketing. Masih ada hubungannya kan? Walaupun nggak pernah diajarin di kampus, ha..ha..ha.. Malah nglantur dah.

Begini, perangkat komputer kan sudah bukan lagi barang yang mewah. Pelajar, mahasiswa, atau karyawan kebanyakan memiliki komputer di rumah. Benar kan? Beda dengan jaman ane kuliah dulu. Barang mahal coy !! Apalagi sekarang jamannya mobile. Minimal laptop ada di tangan, iya kan?

Tapi ada satu kebiasaan yang dari dulu sampai sekarang tetap sama. Apa itu? Kalau beli komputer, pasti seringnya komputer rakitan. Apa penyebabnya? Sederhana… membeli komputer rakitan lebih murah, bisa memilih hardware sesuai dengan keinginan dan masih ada kemngkinan untuk diupgrade ke spesifikasi yang lebih tinggi.

Cuman masalahnya, komputer rakitan sering mengalami trouble. Mungkin karena kurang stabil kali… Dan kabar gembiranya, hanya sedikit pemakai komputer yang tahu bagaimana teknis perbaikan komputer pada saat terjadi kerusakan. Walaupun hanya menginstal software !!

Apalagi ibu-ibu dan bapak-bapak yang pekerjaannya padat. Saya saja yang lulusan informatika kalau komputernya rusak bawaannya pengen cepet-cepet serahkan ke orang yang buka service komputer, ho..ho..ho.. 

Kebutuhan inilah yang harusnya Anda ambil sebagai peluang usaha dirumah Anda, benar kan? Ane kasih contoh nyata yang menjalankan ide usaha rumahan ini ya… mas Sambudi.

Laki-laki yang berdomisili di kota kecil Gombong ini berani mengambil peluang usaha dirumah dengan membuka usaha service komputer. Ia memulai usaha service komputer pada tahun 2000, 4 tahun yang lalu.

Saat itu, mas Sambudi melihat bahwa di daerahnya belum banyak orang yang mengerti tentang komputer. Dan kalau sudah menyangkut kerusakan komputer, sekecil apapun kerusakannya, masyarakat di sana lebih memilih untuk menyerahkan perbaikan komputernya ke service komputer.

Berbekal kebutuhan tersebut, setelah tamat STM, mas Sambudi memutuskan untuk mengikuti pelatihan service komputer selama 1 tahun dan memulai membuka usaha service komputer. Jadilah dirinya menjadi pengusaha service komputer ternama di kotanya, hag..hag..hag..

Eniwei, kerusakan yang ditangani oleh pria lulusan mesin ini mencakup software dan hardware. Untuk kerusakan software, kebanyakan penyebabnya adalah virus. Biasanya penanganan awal yang dia lakukan hanyalah men-“scan” komputer tersebut dengan anti virus update terbaru.

Apabila yang bermasalah adalah bagian hardware, paling banyak berkutat pada komponen atau sparepart dari CPU komputer tersebut. Jadi langkah yang om Sambudi lakukan adalah mengecek setiap komponen komputer tersebut dengan teliti. Setelah ditemukan ada yang rusak, barulah diganti dengan sparepart yang telah ia siapkan.

“Terus berapa biaya yang dikenakan?”. Biaya dari masing-masing jasa service komputernya berkisar antara 30 – 50 ribu rupiah, belum termasuk ongkos sparepart. Pasokan sparepart biasa ia ambil dari Jogja dan Jakarta. Itu jaman dulu lho… dan tarif tersebut adalah tarif usaha service komputer di kota kecil. Beda dengan di kota besar. Bisa sampai 100 ribu rupiah, bahkan lebih…

Eh, ngomong-ngomong… om Sambudi memberikan beberapa tips buka usaha servis komputer lho… Lumayan buat tambahan referensi kan? Monggo dibaca :

  1. Lakukan promosi dan iklan segencar mungkin karena ini sangat penting untuk mempromosikan usaha Anda. Silahkan lakukan dengan berbagai macam cara seperti pasang iklan di koran, radio atau membuat brosur untuk disebarkan. Prinsipnya, semakin gencar anda mempromosikan, akan semakin bagus untuk usaha anda.
  2. Jangan mematok tarif yang memberatkan konsumen. Untuk permulaan, Anda bisa memberikan potongan harga atau diskon sebagai taktik promosi.
  3. Berusahalah jujur kepada konsumen Anda. Jangan menjual barang-barang palsu. Reputasi usaha service komputer Anda taruhannya.
  4. Bila barang yang Anda service Anda rasa tidak mampu untuk memperbaikinya, maka berikanlah pada rekan Anda yang lebih mampu. 
  5. Jangan memberi janji kepada konsumen yang tidak pasti.
  6. Jangan menunda-nunda pekerjaan Anda. Kalau sudah tidak bisa diperbaiki oleh Anda ataupun oleh rekan Anda, segera kembalikan dengan memberikan kabar terlebih dahulu sebelumnya.
  7. Hati-hati kalau konsumen memperbaiki hardisk. Tanyakan dan cek apakah didalamnya ada data atau tidak. Jangan sampai data konsumen Anda terhapus. Efeknya sangat buruk bagi Anda dan konsumen Anda.

Sudah baca tips usaha service komputer di atas kan? Cukup? Kalau kurang, silahkan baca artikel tentang “10 Pembunuh Usaha Service Komputer“. Sekarang, mari kita bahas simulasi untuk estimasi 1 bulan peluang usaha dirumah, bisnis service komputer :

Pemasukan

  • Rata-rata komputer yang masuk 4 unit per hari : Rp 200.000,00 x 25 hari = Rp 5.000.000,00.

Pengeluaran

  • Biaya operasional : Rp 100.000,00
  • Listrik : Rp 300.000,00
  • Telepon : Rp 300.000,00
  • Promosi : Rp. 1.000.000,00
  • Gaji 2 orang Pegawai (Teknisi & Customer Service) : Rp. 1.500.000,00
  • Total pengeluaran : Rp 3.200.000,00

Keuntungan

  • Laba bersih : Rp 5.000.000,00 – Rp 3.200.000,00 = Rp 1.800.000,00

Keuntungan di atas bisa Anda dapatkan jika Anda mematok harga per service adalah Rp. 50.000,00. Anda bisa naikkan atau kurangkan harga service komputer Anda, tergantung di lokasi mana Anda buka bisnis servis komputer tersebut. Begitu saja dari saya, semoga bermanfaat. Tetap semangat dan sukses selalu untuk Anda…

(sumber gambar artikel peluang usaha dirumah dan usaha service komputer : elcentrocomputerservices.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

6 Comments

  1. John Goldim

    March 1, 2016 at 10:53

    Makasih Artikelnya bagus. Sangat bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *