Ini Dia Penyebab Banyak Orang Gagal Masuk ke Investasi Online Terbaik (#3)


By on July 15, 2014
Ini Dia Penyebab Banyak Orang Gagal Masuk ke Investasi Online Terbaik (#3)

Melanjutkan posting dunia investasi online terbaik seri 1 dan dunia investasi seri 2, mari kita bahas dunia investasi offline dan online terbaik seri 3. Di artikel dunia investasi online terbaik bagian 2, saya berjanji akan menceritakan kepada Anda tentang bagaimana cara melompati kuadran yang masih bisa Anda lakukan.

Karena sekali lagi saya ingatkan, proses perpindahan kuadran dari seorang “E” (self employee) menjadi seorang “S” (self employee) kemudian menjadi seorang “B” (business owner) dan akhirnya Anda menjadi seorang “I” (investor) harus Anda lewati semuanya.

Sekali Anda melompat dari seorang “E” atau seorang “S” langsung menjadi seorang “I”, baik Anda sedang bermain di investasi online terbaik maupun dunia investasi offline, bisa dipastikan Anda akan gagal. Makanya di artikel investasi online terbaik bagian 2, saya bercerita bahwa banyak artis dan dokter hingga pengacara banyak yang gagal saat menjadi seorang investor.

“Kalau begitu, bagaimana cara melompati kuadran yang bisa saya lakukan dok? Saya pengen cepat jadi seorang pemain investasi online terbaik yang sukses. Terlalu lama jika saya harus mengikuti proses dari seorang “E” menjadi seorang “S” lalu menjadi seorang “B” baru akhirnya saya bisa menjadi seorang “I” !!”

Wokeh, caranya adalah seperti bagan cashflow di bawah ini :

Investasi Online Terbaik Based Cashflow Quadrant

Lihat panah merah di atas kan? Nah, satu-satunya cara Anda menyingkat waktu adalah dengan cara berpindah dari seorang “E” langsung menjadi seorang “B” tanpa perlu menjadi seorang “S” atau berproses sebagai seorang pemilik pekerjaan atau pemilik bisnis kecil. Ada 2 hal yang bisa lakukan :

  1. Anda masuk ke bisnis MLM.
    Yang pertama, Anda ikut dalam sebuah bisnis MLM. Mengapa bisnis MLM masuk di dalam kuadran “B”? Karena sesuai dengan “kodrat” kuadran “B” yaitu sebuah bisnis bersistem yang bisa membuat Anda mendapatkan pasif income, bisnis MLM memenuhi syarat tersebut. Mengapa? Karena pada posisi tertentu Anda tidak perlu bekerja, jaringan Anda bisa menghasilkan income yang luar biasa besar bagi Anda. Hanya saja saya pribadi tidak menganjurkan Anda untuk masuk di bisnis ini meskipun saya pernah lama “bergelut” di bisnis MLM. Penjelasan detailnya bisa Anda baca di sini
  2. Anda membeli sebuah franchise atau waralaba.
    Yang kedua adalah dengan membeli sebuah franchise atau waralaba. Franchise atau waralaba adalah sebuah bisnis bersistem yang sudah terbukti berjalan. Semua “komponen bisnis” dalam sebuah waralaba sudah teruji. Proses produksinya, pemasarannya, keuangannya hingga hukum dan proses perekrutan karyawannya “sudah jadi”. Anda cukup membeli sebuah waralaba dan “wuzzz”… semuanya sudah bisa berjalan dengan sempurna. Cuma masalahnya adalah, franchise atau waralaba yang “benar-benar teruji” jumlahnya tidak banyak. Dan jikalau ada, harganya pasti sangat mahal !! Saya ambil contoh restoran cepat saji seperti McDonalds dan KFC misalnya. Anda harus mengeluarkan modal milyaran buat bisa membeli franchise tersebut. Dan kabar buruknya, banyak terjadi persengketaan yang berakhiran di meja pengadilan antara si “pemilik sekaligus penjual waralaba” (franchisor) dengan si “pembeli waralaba” (franchisee) karena hasil yang di dapatkan oleh si franchisee tidak sesuai dengan apa yang “dijanjikan” oleh si franchisor. Ditambah lagi dengan banyaknya orang yang tidak paham bagaimana memilih waralaba dengan benar.

“Baiklah dok… saya paham. Hanya saja saya punya 2 pertanyaan terkait pembahasan artikel investasi untuk pemula ini. Yang pertama, bagaimana kalau saya adalah seorang “S” seperti dokter, pengacara atau pemilik toko kelontong? Bisakah saya lompat langsung ke kuadran “I”? Yang kedua adalah apa hubungan semua ini dengan bisnis investasi online terbaik?”.

Well, untuk pertanyaan yang pertama, jawabannya adalah Anda tidak bisa langsung loncat ke kuadran “I”. Alasannya sudah jelas… setelah kuadran “S”, yang harus Anda lakukan adalah masuk ke kuadran “B” untuk mempelajari bagaimana sebuah bisnis bersistem bisa berjalan. Agar Anda tidak lupa, sekali lagi, silahkan lihat gambar cashflow quadrant di bawah ini :

[sociallocker]

Apa Itu Investasi Based Cashflow Quadrant

Sudah jelas kan? Untuk pertanyaan kedua, jawabannya ada 2 :

  1. Anda punya uang yang cukup untuk masuk ke kuadran “I”.
    Salah satu alasan mengapa banyak orang gagal bermain di investasi online terbaik adalah dia tidak punya cukup uang untuk bisa berinvestasi di investasi online terbaik “dengan layak”. Parahnya, yang mereka pakai untuk berinvestasi adalah uang tabungan hidup mereka. Begitu mereka gagal bermain di investasi online terbaik (dan juga investasi offline), habislah uang mereka (dan juga hidup mereka !!), walaupun mereka dibantu oleh seorang manajer investasi terbaik. Tetapi jika Anda sudah mempunyai sebuah bisnis yang bisa berjalan tanpa perlu melibatkan Anda, Anda masih bisa berinvestasi lagi di bisnis atau investasi lainnya. Contohnya nih, Anda beli waralaba McDonalds misalnya. Saat Anda ternyata gagal bermain investasi emas, Anda masih bisa “hidup” dan mulai berinvestasi lagi karena Anda masih punya sumber pemasukan yang besar. Dari mana sumbernya? Dari income pasif yang Anda dapatkan dari restoran McDonalds Anda. Paham kan maksud saya? Hanya sebagai seorang muslim, saya mengingatkan kepada Anda untuk membeli waralaba yang sesuai syar’ie, okay? 
  2. Anda mempunyai keahlian yang tidak dimiliki oleh seorang “E” dan “S”.
    Dengan Anda mempunyai waralaba atau jaringan distributor, Anda bisa memahami dengan benar bagaimana sebuah bisnis bisa berjalan. Makanya pada artikel investasi online terbaik seri 2 sudah saya jelaskan dengan gamblang, tidaklah mungkin seorang “E” atau seorang “S” bisa sukses di kuadran “I”. Karena mereka tidak mempunyai keahlian yang dimiliki oleh seorang “B”. Mau bukti? Okay, saya beri bukti, bukan janji, he..he..he.. Begini, jika Anda membeli sebuah waralaba, Anda akan tahu bagaimana waralaba tersebut bekerja. Iya kan? Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, Anda akan tahu bagaimana waralaba tersebut membuat laporan keuangan. Anda bisa tahu bagaimana strategi marketingnya. Anda juga bisa tahu bagaimana manajemen waralaba tersebut berjalan… dan sebagainya. Nah, saat Anda ditawari seseorang untuk berinvestasi di dunia bisnis bagi hasil yang menawarkan investasi profit harian misalnya, Anda jadi tahu di mana “lobang” atau kesalahan dari business plan dari bisnis yang di tawarkan kepada Anda tersebut. Tinggal Anda bandingkan saja dengan waralaba milik Anda yang sudah teruji. Bukan membandingkan besarnya bisnis lho ya, tapi pengelolaan “komponen-kompnen bisnis” yang ada dalam usaha tersebut. 

Dari penjelasan di atas, saya rasa sekarang Anda sudah tahu bahwa satu-satunya “lompatan” kuadran yang bisa Anda lakukan adalah lompat dari kuadran “E” menjadi “kuadran “B”. Selain itu, NO !! Kemungkinan Anda akan gagal besar !! Meskipun Anda menemukan dunia investasi offline yang “terlihat” sangat menguntungkan atau menemukan sebuah investasi online terbaik yang pernah ada.

Nah, khusus untuk lompat ke kuadran “B” dengan cara membeli sebuah waralaba atau mengikuti bisnis MLM, saya punya satu catatan khusus buat Anda. Walaupun om Robert Kiyosaki terkesan “membolehkannya”, saya tetap berpendapat bahwa membangun bisnis Anda sendiri dan mengikuti “proses” perpindahan dari “E” menjadi “S” kemudian menjadi “B” sebelum menjadi seorang investor adalah proses yang lebih saya sarankan. Dan ini juga “di-amin-i” oleh om Robert Kiyosaki sendiri.

Anda ingin tahu apa alasannya? Simak artikel investasi online terbaik seri 4 !! Insya Allah artikel investasi untuk pemula seri 4 nanti adalah artikel terakhir tentang seputar apa itu investasi, berita investasi, contoh investasi, definisi investasi, fungsi investasi, pengertian investasi, nasehat investasi dan segala sesuatu yang berhubungan dengan investasi. See you…

(sumber gambar artikel investasi online terbaik : www.scholtzandco.com)

[/sociallocker]

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *