Cara Bisnis Online Hanya Butuh 5 Langkah Ini – Don’t Miss It

By on January 7, 2015
Cara Bisnis Online Hanya Butuh 5 Langkah Ini - Don't Miss It

Semangat baru mas bro… pagi hari diawali dengan bismillah terus minum air putih biasanya bisa bikin semangat meningkat. Apalagi bagi yang lagi cari cara bisnis online tanpa modal, bener nggak? Yang nggak lagi cari cara bisnis online juga tetap bisa semangat kok, he..he..he..

Langsung aja ke topik utama, sebenarnya (*ini kata yang nggak boleh disebutin ama om Mario Teguh tapi saya susah sekali kalau nggak nulis kata “sebenarnya”, hadeehhhh…) cara bisnis online itu tidak bisa dijadikan satu jenis panduan. Ini menurut hemat saya lho…

Jadi cara bisnis online menguntungkan kalau dilihat dari sisi teknis itu bergantung dari jenis bisnis online yang Anda pilih. Walaupun dasarnya ada beberapa yang sama, tapi tetep aja tidak bisa dijadikan satu panduan. Anda paham kan maksud saya? Jadi susah kalau ada orang yang cari cara bisnis online dengan detail tetapi belum tahu bisnis online yang seperti apa yang ia akan jalankan.

“Lha kalau gitu percuma dong saya baca artikel ini dok?” Ho..ho..ho.. tidak dong !! Walaupun susah, saya akan coba ringkaskan bagaimana langkah-langkah yang harus Anda lakukan saat memulai bisnis online. Langkahnya ya, bukan cara detailnya… Nanti ada saatnya saya bahas cara detailnya.

  1. Pelajari dan pilih jenis bisnis online mana yang Anda sukai.
    Ya… langkah pertama Anda adalah mempelajari tipe-tipe bisnis online kemudian pelajari bagaimana cara kerjanya. “Waduh dok… ane nggak ngerti tipe-tipenya. Blank neh !!” Santai aja bos… Silahkan klik link cara usaha online ini. Ada 5 jenis, monggo silahkan Anda pilih…
  2. Pilih topik atau niche yang menguntungkan.
    Tidak semua niche di internet menguntungkan. Eh… bentar, Anda tahu niche kan? Niche adalah ceruk pasar. Mungkin bisa diartikan pasar khusus. Misal pasar khusus pengguna pakaian bayi branded. Nah, berarti niche Anda khusus membahas pakaian bayi branded, nggak yang lainnya. Paham kan? Balik lagi ke topik, bagaimana cara memilih niche yang bagus? Tenang, baca artikel saya di sini. Lengkap dah… ada 3 seri. Mantabs kan?
  3. Pelajari dan pilih CMS mana yang akan Anda gunakan kemudian buat web menggunakan CMS tersebut.
    Anda tahu CMS? CMS adalah singkatan dari Content Management System. Bahasa gampangnya adalah alat bantu buat ngelola konten online (*semrawut ya pengertiannya, ha..ha..ha..). Ada 2 yang terkenal, blogspot dan wordpress (walaupun banyak orang tidak setuju kalau 2 “alat bantu” ini masuk dalam kategori CMS). Anda tidak usah bingung. Blogspot banyak tutorial gratisnya di internet. Begitu juga wordpress. Tapi saya punya saran, pelajarilah wordpress yang “installed”… yang domain sama hostingnya Anda sediakan sendiri. Ia lebih powerfull, terutama kalau Anda mau buat toko online. Setelah Anda paham bagaimana mengelola CMS, buat web dengan CMS tersebut, okay?
  4. Pelajari cara membuat konten yang “dahsyat”.
    Sebuah web selalu bergantung dengan seberapa bagus kontennya. Apapun bisnis online Anda, konten tetap rajanya. Mau artikel, mau penawaran, mau review, Anda harus tahu bagaimana cara membuat konten yang “dahsyat”. Mau tahu bagaimana cara membuat konten yang bagus? Okay, saya berikan kisi-kisnya, tapi yang model penawaran ya. Yang lainnya menyusul. Silahkan baca artikel saya tentang cara membuat penawaran. Sebagai tambahan informasi, konten tidak hanya berupa tulisan ya. Tapi bisa gambar bisa juga video. Tergantung mana yang mau Anda tampilkan. 
  5. Datangkan visitor tertarget sebanyak-banyaknya.
    Well, langkah terakhir cara bisnis online ini adalah mendatangkan visitor tertarget sebanyak-banyaknya. Ada 2 model… pertama, “organic results” alias visitor yang datang dari mesin pencari. Di sini Anda harus menguasai SEO (search engine optimatization), baik on page maupun off page. Tutorialnya? Buanyaaakkk !! Tinggal Anda ketik di mbah google kata “cara SEO” dan yang semisalnya, muncul dah semua tutorialnya. Lha,cara yang kedua adalah menggunakan “paid results” alias berbayar. Anda pelajari 2 hal saja, beriklan di google adwords serta beriklan di facebook ads. Dah, cukup… Nggak usah banyak-banyak. Anda lihat sendiri ntar efeknya…

Sebagai penutup, dari beberapa jenis bisnis online yang sudah Anda baca pada cara bisnis online 1, ada tipe bisnis online yang jenisnya “Toko Online”… lha, di sini Anda dituntut untuk tahu bagaimana cara menjalankan bisnis offline.


Mengapa? Ya karena semuanya harus Anda kerjakan di offline selain pemasarannya. Paham kan? Masak iya toko online nggak bisa manajemen, nggak tahu cara “stocking” barang, nggak bisa baca neraca, nggak ahli “closing”, lha repot ntar.

“Ada tutorialnya nggak bos?”, sekali, buanyaaaakkkk !! “Dimana bos?”, Ya di blog Dokter Bisnis [.] net ini lah… Silahkan Anda “bongkar” website ini, Anda akan menemukan banyak tutorial dan tips bisnis secara keseluruhan.

Hmmm… saya rasa sudah dulu pembahasan tentang cara bisnis online sukses kali ini. Pastinya banyak pertanyaan di otak Anda sekarang kan?


Nah, agar Anda tidak bingung bagaimana sih sebenarnya detail cara bisnis online itu, silahkan add pin bb saya di 52237559 atau whatsapp saya di 0817461641 kemudian request cd bisnis online free, saya akan berikan ebook tentang cara bisnis online gratis karya Sukarto dan Hianoto sebanyak 300 halaman lebih. Anda cukup ganti ongkos kirim dan ongkos burning CD sebesar 75 ribu saja, okay? See you…

(sumber gambar : www.telegraph.co.uk)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

2 Comments

  1. syahrudin

    January 20, 2015 at 15:48

    Sukses selalu buat ‘Dokterbisnis.net

    Agan Dokter yang ok…
    Mohon pencerahannya donk, cara meningkatkan Traffic di Blog saya??

    makasih..

    • Om Nip-Nip

      January 25, 2015 at 06:44

      @syahrudin : sebenarnya banyak cara mendatangkan traffic mas. Tapi yang permanen dan long life adalah : riset keyword yang tepat kemudian perbanyak kontent yang berkualitas dengan keyword yang tepat tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *