Wirausaha Modal Kecil, Bisnis Mukena Ibu dan Anak


By on February 2, 2015
Wirausaha Modal Kecil, Bisnis Mukena Ibu dan Anak

Hmmm… lama tidak menulis peluang usaha jadinya agak kaku juga. Mau nulis apa ya? Oh iya… gimana kalau kita bahas wirausaha modal kecil tentang bisnis mukena ibu dan anak. Aset utama Anda saat menjalankan wirausaha modal kecil ini hanya perangkat jahit dan kemampuan jahit-menjahit.

Kalau Anda tidak punya kemampuan menjahit, coba tanyakan ke istri atau saudara perempuan Anda. Jika masih belum menemukan juga, cobalah cari karyawan yang punya kemampuan menjahit. Bisa saudara Anda, tetangga Anda atau kenalan Anda.

Karena wirausaha modal kecil bisnis mukena ibu dan anak ini tidak membutuhkan dana yang cukup besar. Kira-kira Anda membutuhkan 5 hingga 10 juta rupiah, wirausaha modal kecil bisnis mukena ibu dan anak sudah bisa Anda jalankan.

Sebenarnya Anda ada banyak wirausaha modal kecil ini yang berkaitan dengan jahit menjajit. Anda bisa menjajal usaha pakaian muslim, usaha pakaian anak, usaha kerudung perabot, usaha gorden dan sprei hingga usaha mukena ibu dan anak ini.

Tetapi yang saya kupas kali ini adalah wirausaha modal kecil bisnis mukena ibu dan anak. Mengapa saya pilih bisnis mukena ibu dan anak? Ya karena ide bisnis yang muncul cuman itu. Ditambah data-data yang ada di saya saat ini lebih banyak mendukung untuk pembuatan artikel bisnis mukena ibu dan anak, he..he..he..

Tapi tenang, yang saya kupas insya Allah berbobot kok. Karena saya lihat usaha yang satu ini punya prospek untuk menjadi wirausaha modal kecil dengan untung yang besar. Ada tiga alasan yang menyebabkan mengapa wirausaha dengan modal kecil ini mampu mengeruk hasil besar…

  1. Pasar yang Mulai Jenuh dengan Mukena Konvensional
    Pasar mulai jenuh dengan produk mukena konvensional yang biasanya berwarna putih dengan bordir. Anda bisa mencuri minat pasar dengan menghadirkan mukena dengan warna dan gaya yang lebih segar. Misalkan dengan menggunakan bahan katun jepang yang full warna atau bahan spandeks yang lentur. Lakukan terobosan menarik dalam desain dengan tetap memperhaikan urusan syar’ie. Gaya ini bisa menadi pilihan alternatif memikat untuk mereka yang bosan untuk tampil segar dengan mukena mereka.
  2. Keuntungan yang Besar Karena Custom
    Usaha rumahan Anda ini mengarah pada pelayanan pembuatan mukena custom. Apapun yang custom, sifatnya personal. Itu tandanya mukena buatan Anda original. Dengan konsep ini, pasar akan memaklumi bila Anda memasang harga lebih tinggi. Padahal biaya bahan baku cukup murah dan proses produksi yang bisa dibilang cukup sederhana. Iya kan? Coba Anda bandingkan dengan pembuatan pakaian atau kebaya. Jelas lebih ringan. Apalagi kalau Anda membeli bahan kain secara gulungan. Anda akan cukup aman menjual produk Anda dengan margin 2 kali lipat, he..he..he..
  3. Cocok dipasarkan dengan Cara Online
    Biasanya dalam menjual produk mukena custom, para pembuat dan penjualnya hanya memasarkan produknya melalui toko online. Cara ini sangat efektif untuk mendatangkan pembeli dari segala penjuru. Selain itu, Anda bisa “menggaet” sebanyak mungkin reseller yang ada di banyak kota di seluruh Indonesia. Bahkan Anda juga bisa mendapatkan konsumen dari beberapa negara yang sangat menggemari gaya segar mukena Indonesia seperti Malaysia, Turki, Brunei hingga Thailand dan Mesir. Beberapa pelaku usaha mukena katun jepang pun mengakui mulai mendapat permintaan dari negara-negara ini secara berkala. Mengapa wirausaha modal kecil ini cocok dipasarkan dengan cara online? Karena desainya eksklusif. Anda saja yang punya. Jadi produk Anda tidak ada di kota-kota di Indonesia.

Sebentar… Anda masih meragukan bahwa wirausaha modal kecil ini bisa meraup untung yang lumayan? Baiklah, saya akan berikan beberapa contoh wirausaha yang sukses dari bisnis mukena ibu dan anak custom ini. Contoh wirausaha modal kecil yang pertama adalah ibu Rheina dari Bandung. Ia fokus di usaha mukena khusus anak.

Dengan berbekal pengalamannya sebagai buruh di pabrik boneka, beliau mempraktekan kemampuannya menjahitnya pada mukena. Kapan beliau merintis bisnis mukena anak tersebut? Ia memulainya sejak 2010.

Kini setiap harinya ibu Rhiena sudah mampu menjual 75 mukena, dan bisa meledak pada saat lebaran hingga 200 mukena. Sekarang wirausaha modal kecil beliau sudah bisa mempekerjakan 3 orang karyawan.

Berbeda dengan pengalaman ibu Sawitri yang berdomisili di Surabaya. Dengan bermodal peralatan jahit peninggalan ibunya, beliau mencoba membuat sendiri mukena seragam untuk dirinya dan kedua anak perempuannya di hari lebaran tahun 2011. Banyak kerabatnya jatuh cinta dengan mukena seragam keluarga yang cantik ini. Dan merekapun meminta untuk dibuatkan.

Melihat tingginya tanggapan yang muncul, Ibu Sawitri memberanikan diri untuk mencoba membuat usaha mukena custom dengan bahan katun beragam jenis dan mempromosikannya melalui facebook. Tampaknya ibu Sawitri ini cukup pandai dalam desain, sehingga mukenanya tidak sekedar tampil cantik dalam corak dan warna yang indah.

Tetapi dengan desain renda, twill dan kerutan-kerutan cantik membuat mukena buatannya tidak pasaran. Dengan kata lain, bisnis mukenanya punya diferensiasi yang kuat. Dan tidak butuh waktu lama, ibu Sawitri sudah bisa mendapat permintaan yang terbilang lumayan. Dalam 3 bulan saja beliau sudah bisa menjual 20 pc mukena di setiap bulannya.

Dan kini dalam satu bulan beliau bisa mendapatkan setidaknya omset sekitar 10 juta dan akan meledak hingga 30 – 40 juta saat menjelang lebaran. Hmmm benar kan kalau ide bisnis mukena ibu dan anak ini layak untuk Anda pertimbangkan? Dengan awal modal yang terbilang minim, Anda sudah bisa memulai wirausaha modal kecil.

Well, itu tadi salah satu ide segar untuk wirausaha yang menjanjikan dengan memulai bisnis mukena ibu dan anak. Mungkin lain waktu akan saya akan berikan lagi informasi wirausaha modal kecil lainnya yang mungkin berkenan untuk Anda jalani. Selamat siang, sampai bertemu di artikel bisnis saya selanjutnya. Bai-bai…

(sumber gambar artikel wirausaha modal kecil untung besar : mukenagallery.wordpress.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

One Comment

  1. Balqis Aqiqah

    March 10, 2015 at 15:50

    mantap sekali gan, usaha mukena anak sngt menginspirasi istri saya yg sdg menjalankan usaha busana muslim,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *