Wirausaha Online Harus Baca Tips Bisnis Online yang Satu Ini

By on February 2, 2015
Wirausaha Online Harus Baca Tips Bisnis Online yang Satu Ini

Halo om dan tante pembaca setia Dokter Bisnis. Saya mau curhat nih. Begini curhatannya, saya baru asyik-asyiknya nulis konten nih.

Tiba-tiba saya dikejutkan oleh bunyi notifikasi di HP saya. Ternyata saya di tag oleh mas Wahyu Sumrabowo, seorang wirausaha online yang bergerak di bidang klinik otomotif.

Saya jadi pengen lihat apa sih statusnya. Kok pagi-pagi udah “berani-beraninya” nge-tag saya… Ternyata dia baru saja berdiskusi via online dengan para wirausaha online lainnya.

Kebetulan mas Wahyu ini murid dari Anne Ahira, mbahnya mentor online bisnis. Jadi mereka punya forum bisnis online bareng. Saya baca dengan seksama, oh nooo… !! It’s a wonderfull status !!

Ternyata status beliau tentang tips bisnis online yang terbaru. Dan tips bisnis online yang beliau share kan, wowww !! Sesuai dengan tips bisnis online milik om Andry Salim. Dahsyat emang mas Wahyu ini. Baru saja belajar bisnis online, sudah bisa “menangkap” inti menjadi wirausaha online yang sukses.

Kira-kira Anda penasaran tidak dengan statusnya? Nggak penasaran? Ah tenannya… Beneran nggak penasaran? Padahal statusnya om Wahyu isinya tips bisnis online yang “long life” lho. Daripada Anda nggak bisa tidur, saya sharekan sekarang aja yang tips bisnis online dari mas Wahyu. Cekidot…

Pagi ini baru saja ane selesai mengikuti diskusi Internet Marketing via online yang diadakan oleh Anne Ahira.. cukup menarik !! Salah satu materinya mengenai BACKLINK. Sebenarnya ini materi lama, tapi dalam diskusi tadi disampaikan kembali menggingat banyaknya para marketer yang belum juga memahami tentang poin penting ini.

Ane coba merangkum hasilnya.. dan kira2 seperti ini : Dalam berbagai pelajaran SEO banyak yang merekomendasikan untuk campaign BACKLINK dengan menggunakan Jasa Berbayar. Salah satunya adalah BMR (Build My Ranking), dan di luar sana masih ada banyak lagi yang sejenis, seperti Traffic Kaboom, dll.

Google beberapa hari ini nge-Bomb blog network termasuk BMR, dan tidak main-main mereka melakukan ‘de-index’ sekaligus pada banyak blog network yang seringkali menjadi tempat mencari backlink para SEO marketer.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa untuk mendapati ranking tinggi di Search Engine kuncinya adalah :

KATA KUNCI + KONTEN BERKUALITAS + BACKLINKS

Untuk kata kunci dan konten berkualitas ini bisa kita usahakan sendiri, tapi untuk LINKS ini kebanyakan orang tidak sabaran, dan suka menggunakan jasa berbayar agar mendapatkan ‘nilai’ bagus di mata search engine secepat mungkin dan dapat rankinglah situs kita.


Tapi Google tidak sependapat, mereka TETEP inginnya LINKS ini datangnya secara ‘natural’ tanpa dicari sendiri. Intinya yang google inginkan kita para webmaster membangun cukup sampai pada konten berkualitas saja, dan biarkan link datang dengan sendirinya. Kalau bagus, ntar juga orang ngelink sendiri.

Pertanyaannya, ya, harus berapa lama dong? Di sinilah akhirnya banyak marketer sering akal-akalan dengan Google. Semakin akal-akalan, semakin Google pinter juga. Hingga akhirnya mereka menurunkan bomb ke blog network yang biasa digunakan oleh marketer dan melakukan de-index massal.

Kejadian ini memang menyebalkan, tapi apa boleh kata, memang Google tidak menyukai ‘link berbayar’. Khusus untuk mereka yang ingin mendapatkan backlink dengan cepat, saat ini tidak disarankan menggunakan jasa backlink berbayar manapun, terlebih karena BMR juga ditutup. Lalu gimana dong caranya ?? TERUS MENULIS konten berkualitas !!

Kesimpulan : Semoga robot Google benar2 semakin pintar, agar TIDAK LAGI ranking tergantung pada backlink, tapi betul2 pada KUALITAS tulisan misalnya. Jadi adil khan? Selama ini berapa sering coba kita menemukan situs-situs junk yang isinya cuma link nongkrong di halaman utama google !! Sementara yang berkualitas nggak kelihatan.

DALAM ARENA POLITIK BACKLINK BERBAYAR SAMA DENGAN MONEY POLITIK

Selesai. Nb: Kalau ada yang mau protes jangan ke ane ya, karena ane cuma merangkum materi diskusi bersama Anne Ahira.. hehehehehe…

Bagaimana menurut Anda status tentang cara usaha online di atas? Mantabs kan status om Wahyu punya? Eh, bentar… Anda tidak tanya pendapat saya? Oh iya, sudah saya jawab di prolog atas tadi ya… Lha wong saya yang rekomendasikan tips bisnis online dari calon wirausaha online sukses, om Wahyu Sumprabowo. Jelas pendapat saya terhadap status beliau adalah “Te O Pe Be Ge Te” lah, ho..ho..ho..

Well, intinya saya sependapat dengan mas Wahyu Sumprabowo. Tips bisnis online beliau bak “oase bagi orang yang dahaga” akan cara bisnis online yang “long life” (*jiaaahhhh… lebay amaattt). Apapun bisnis Anda, CONTENT is THE KING. Jadi pesen saya, patuhilah cara bisnis online untuk pemula dari mas Wahyu di atas.

Apapun bisnis online Anda, selalu masukkan konten yang bermanfaat. Dengan konten yang bermanfaat, visitor atau pembeli Anda akan datang lagi ke website Anda karena ia menemukan hal-hal yang bermanfaat bagi dia. Dan bukannya tidak mungkin mereka akan berubah menjadi loyal customer, tidak hanya repeat customer.

Anda tidak mau di cap hanya sebagai penjual yang hanya ingin mengambil keuntungan semata kan? Kalau tidak, saatnya move on. Buat konten yang “membunuh”, konsistenlah dalam memberikannya kepada konsumen dan teruslah berkarya. Ada saatnya nanti Anda akan merasakan bahwa tips bisnis online dari sang wirausaha online di atas benar-benar bermanfaat bagi bisnis online Anda. Dan manfaat tersebut diluar dari bayangan Anda, insya Allah…


(*khusus buat om Wahyu jika membaca tulisan ini, jujur saya sependapat dengan Anda… kecuali tentang politiknya, wkwkwkwkwkwkwk…)

(sumber gambar artikel info bisnis online dan tips bisnis online dari wirausaha online : blog.bell.ca)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

4 Comments

  1. Heri

    February 3, 2015 at 15:55

    Mantabs Om Nip… ide tulisan bisa datang dari mana saja… joss…

    • Om Nip-Nip

      February 3, 2015 at 19:09

      @mas Heri : ha..ha..ha.. Lha bingung meh nulis opo.Kebo pas nulis status… cocok, 15 menit selesai sak posting, wkwkwkwkwkwkwk

  2. Balqis Aqiqah

    March 10, 2015 at 15:53

    mantaf brow,,, pas buat saya yg sedang mulai bisnis online…

  3. alkuatsar

    October 1, 2016 at 21:43

    Makasih sharingya, semoga semakin banyak yang mau terjun ke bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *