Mau Bisnis dengan Modal Kecil? Coba Aja Usaha Bakso “Nyus”


By on February 6, 2015
bisnis-dengan-modal-kecil-usaha-bakso-seafood

Kalau Anda “maniak” dengan usaha makanan, Anda harus “tengok” bisnis dengan modal kecil yang satu ini. Namanya “Bakso Nyus”, usaha bakso menggebrak bisnis kuliner Indonesia dengan menampilkan lebih dari 30 jenis menu bakso dalam satu tempat !!

Dahsyat kan? Ada bakso urat, bakso seafood sampai camilan gorengan khas Jepang ikatsyu ada di sini. Siapa pemiliknya? Dua orang… Setya Dwi Haryanto dan Suci Mardiko asal Malang. Duet dua orang ini merupakan orang dibalik suksesnya usaha bakso ini.

Motto nya juga luar biasa… “Berani menampilkan konsep beda, kreativitas produk baru nan unik dan menarik, serta menjaga kualitas”. Jadi usaha bakso “Nyus” memang di konsep berbeda dengan bisnis bakso yang ada di pasaran. Bagaimana awal mula ceritanya?

Usaha bakso ini di mulai pada tahun 2007 dengan konsep awal adalah gerobak. Respon pasar yang luar biasa membuat manajemen usaha bakso “Nyus” membuat gerai pertama indoor 5 bulan setelah itu. 

Mengapa respon pasar terhadap usaha bakso “Nyus” sangat hangat? Setya Dwi Haryanto mengungkapkan bahwa kekuatan Bakso Nyus terletak pada jumlah baksonya yang terdiri dari 25 jenis.

Ia dikemas dalam konsep melayani sendiri dengan harga jual per jenisnya relatif murah. Sekitar seribu hingga dua ribu lima ratus per butir. Selain itu, Setya mengungkapkan bahwa bisnis dengan modal kecil ini selalu kreatif dalam menampilkan menu-menu yang baru.

“Keunggulan dari franchise “Bakso Nyus” adalah unique (unik), healthy (sehat), delicious (lezat) dan profitable (menguntungkan),” papar Setya yang “hobi” memunculkan ide-ide produk baru setiap bulannya.

Dan akhirnya, sekitar November 2007, bisnis bakso “Nyus” berhasil mendapatkan dua penghargaan, yaitu GURI Award dari Gudang Rekor Indonesia untuk kategori “Franchise Bakso dengan Konsep Gerobak Pertama Indonesia”.

Sedangkan penghargaan kedua diperoleh “Bakso Nyus” untuk kategori “Bakso Seafood Terlengkap dengan 25 Item Produk di Indonesia”. Luar biasa kan? Keberhasilan mereka dalam mendapatkan prestasi ini tidak lepas dari kontrol produk yang dilakukan oleh “Bakso Nyus” tiap bulannya.

Mereka punya strategi jitu untuk selalu “menghidupkan” bisnis dengan modal kecil ini. Seperti apa siasatnya? Mereka selalu mengawasi mana produk yang lambat pergerakannya. Saat produk tersebut diketahui lambat pergerakannya, maka “Bakso Nyus” langsung mengganti produk tersebut dengan jenis bakso yang baru.

Dengan demikian, konsumen akan selalu tertarik untuk mencoba menu-menu baru yang dikeluarkan “Bakso Nyus”. Cukup cerdik kan langkah mereka? Dari tadi saya hanya membahas usaha bakso nya saja. Mana nih ulasan tentang jenis baksonya?

Well, aneka “Bakso Nyus” sangat bervariasi… ada bakso ikan, bakso kepiting, bakso udang, bakso cumi-cumi, bakso kerang, bakso sapi dan siomay disertai kuah bening dan kuah tomyam. Untuk menu gorengan bisnis dengan modal kecil ini berfokus kepada gorengan udang, kepiting, kerang, dan gorengan ayam.

Sedangkan produk andalan lainnya adalah bakso bakar dengan adonan bakso rasa ikan. Bakso bakar tersebut punya 5 rasa, yaitu asam manis, keju, barbeque, durian dan strawberry. “Bakso Nyus” juga menyediakan “bakso standar” seperti bakso halus, bakso kasar, tahu, mie, siomay dan sayuran segar.

Berbeda dengan konsep penyajian peluang usaha kecil bakso konvensional. “Bakso Nyus” mempersilahkan pelanggan untuk memilih sendiri menu bakso yang akan mereka santap. Hal ini untuk mengakomodir mana jenis bakso benar-benar sesuai selera pelanggan.

“Seafoodnya bener-bener kerasa. Aku dah tiga kali kesini dan belum semua menu kucoba. Gak bosen dech… mantab enak abis !!”, ujar Lydia, salah satu pelanggan setia “Bakso Nyus”.

Sebenarnya apa saja keunikan menu dari bisnis dengan modal kecil “Bakso Nyus”?

  1. Aneka Bakso Sapi beserta Gorengan.
  2. Aneka Bakso Seafood beserta Gorengan.
  3. Paket Steamboat Kuah TOM YAM ala Thailand.
  4. Paket Cwie Mie Malang.
  5. Ikatsyu (Camilan Jepang Pengganti Kentang).
  6. Bakso Ikan Bakar dengan 5 Macam aneka Rasa (asam manis, asam manis pedas, keju, barbecue, strawberry).

Banyak kan? Nah… berikut ini analisa usaha bakso (bisnis dengan modal kecil) ini :

Pemasukan :

  • Omset rata-rata per hari (60 paket) : Rp. 450.000,- 
  • Omset rata-rata per bulan : Rp. 13. 500.000,-

Pengeluaran :

  • Bahan baku (55%) : Rp. 7.425.000,-
  • Gaji Pegawai 2 orang (7,41%) : Rp. 1.000.000,-
  • Sewa Tempat + Listrik (11,1%) : Rp. 1.500.000,-
  • Penyusutan (2%) : Rp. 270.000,-
  • Royalty Fee (5%) : Rp. 2.630.000,-

Pendapatan Minuman :

  • 60 x @Rp. 2.500 per hari : Rp. 150.000,-
  • Omzet minuman per bulan : Rp. 4.500.000,-
  • Bahan baku (50%) : Rp. 2.250.000,-
  • Net profit (50%) : Rp. 2.250.000,-
  • Total nett profit per bulan : Rp. 4.880.000,-

Lumayan kan analisis usaha bakso di atas? Saat ini “Bakso Nyus” sudah memiliki lebih dari 10 outlet yang tersebar di pulau Jawa. Not bad… iya kan? Well, sebenarnya saya tidak berasumsi bahwa Anda hendak membeli usaha waralaba bakso ini. Saya lebih menyarankan kepada Anda untuk membuka sendiri usaha bakso tetapi dengan konsep yang berbeda.

Silahkan Anda contoh usaha kecil di atas tetapi lebih kepada kreatifitas mas Setya. Tujuannya agar Anda bisa berpikir “Out of The Box”. Tidak harus meniru konsep “Sea Food” milik beliau. Anda bisa mencari diferensiasi produk yang lain agar usaha bakso Anda berbeda dengan yang lainnya.

Selain itu dengan mencoba sendiri untuk menemukan kreatifitas, Anda bisa memulai bisnis dengan modal kecil ini step by step. Anda akan tahu bagaimana caranya memanjakan lidah pelanggan Anda, menemukan produk yang benar-benar berbeda hingga menemukan inovasi produk yang bisa mempertahankan pelanggan Anda.

Tetapi kalau Anda ingin membeli franchise ini atau bisnis kecil kecilan yang semisalnya, monggo… silahkan. Yang penting Anda harus tahu terlebih dahulu tips memilih franchise, okay? Selamat berjuang !!  

(sumber gambar artikel usaha kecil yang menguntungkan, bisnis dengan modal kecil, usaha bakso : www.fitrafood.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

2 Comments

  1. Balqis Aqiqah

    March 10, 2015 at 15:06

    Wah,,, sepetinya enak bngt tu kerena saya adalah penggemar bakso. di Jogja ada outletnya dmn ya gan?

  2. bali egg painting

    June 9, 2015 at 10:12

    Pengen tau gimana rasanya “Bakso Nyus”, di Bali ada ga outletnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *