Ini Dia Cara Memulai Usaha Kecil yang Jarang Anda Tahu (Bagian 1)

By on February 8, 2015
Ini Dia Kiat Cara Memulai Usaha Kecil yang Jarang Anda Tahu (Bagian 1)

Sebuah kepastian yang “sudah pasti” bahwa saat Anda memulai usaha, Anda pasti akan mengeluarkan banyak uang. Benar kan? “Bullshit” kalau ada yang bilang bahwa ada cara memulai usaha kecil tanpa modal. Meskipun Anda terjun di bisnis online, Anda tetap butuh modal…

Anda harus mengeluarkan uang, berapapun jumlahnya. Entah buat sewa hosting, beli domain, sewa ruko, beli perkakas hingga membeli meja dan kursi. Jadi maaf jika kata-kata saya di atas agak kasar. Tetapi memang begitulah adanya.

Dan salah satu alasan mengapa saya membangun “DokterBisnis.net” ini adalah untuk berbicara realita tentang bisnis… bahwa bisnis itu butuh perjuangan… bahwa bisnis itu butuh konsistensi… bahwa bisnis itu butuh kucuran darah dan air mata (*wadaaawwww !!) dan bahwa bisnis itu butuh uang dan modal…

Tidak seperti yang dikatakan di “ebook-ebook picisan” dan “seminar-seminar” murahan yang mengatakan bahwa memulai usaha tanpa modal itu bisa Anda lakukan. NO !! Se-nggak pake modal-modalnya (walaupun tidak mungkin), tetap aja Anda harus mengeluarkan tenaga yang butuh diisi lagi dengan “sarapan dan makan siang”.

So, kali ini saya akan membagikan kepada Anda kiat cara memulai usaha kecil yang jarang Anda ketahui. Apa itu? Cara agar Anda tidak mengeluarkan terlalu banyak uang saat Anda memulai bisnis. Pas kan? Jadi saya tidak akan mengajari Anda cara memulai usaha kecil tanpa modal, tapi saya akan memberikan cara memulai bisnis kecil yang “irit”.

Seperti apa cara memulai bisnis kecil yang “irit” tadi? Begini… Saat semua orang memulai membangun bisnis mereka, pasti mereka akan dihadapkan pada masalah yang sama : “Apakah sebaiknya membeli atau cukup menyewa”… benar kan?

Misalnya nih, Anda buka usaha mebel. Pasti Anda akan berpikir demikian, “Mending beli mobil pick up apa sewa ya?”… Atau Anda buka usaha manufaktur mesin usaha dan Anda membutuhkan mesin bor. Kira-kira bagus mana… sewa, atau beli?

Dewasa ini, hampir semua barang dapat di sewa. Furnitur, peralaran, kendaraan, software sistem informasi dan sebagainya. Ide menyewa tersebut rasanya cukup menarik. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang, iya kan? Apalagi usaha Anda adalah usaha baru yang berkembang.

Jelas meminimalkan pengeluaran seringkali menjadi pertimbangan utama. Tetapi dalam jangka panjang, menyewa akan membuat Anda “lebih banyak mengeluarkan uang”. Dalam jangka panjang, menyewa kadang kala lebih mahal. “Lha terus saya harus bagaimana om?”…

Saya punya kiat memulai usaha dan tipsnya. Tips cara memulai usaha kecil ini saya dapat dari Rhonda Abrams, penulis buku-buku best seller tentang bisnis di Amerika sekaligus konsultan bisnis. Tapi sebelum saya bagikan tips bisnis beliau tentang cara memulai usaha kecil, Anda harus tahu terlebih dahulu apa saja untung ruginya menyewa dan membeli. Well, Saya mulai dari keuntungan menyewa dulu…

 

[sociallocker]


Keuntungan Menyewa :

  1. Anda tetap punya uang.
    Uang adalah salah satu aset paling beharga yang dimiliki oleh perusahaan. Uang membuat Anda bisa menjalankan bisnis Anda. Uang juga bisa membuat bisnis Anda lebih berkembang dan bertahan dalam jangka waktu yang lama. Jika membeli, sudah pasti uang yang harus Anda keluarkan lebih banyak kan?
  2. Fleksibilitas.
    Kalau Anda membeli barang, Anda akan tetap memiliki barang tersebut walaupun teknologi sudah berubah. Contohnya Anda punya usaha kitchen set dan Anda membeli mesin kayu. Saat ada mesin kayu modern yang lebih canggih dan lebih Anda butuhkan, Anda tidak bisa “menggunakannya” kecuali dengan membelinya. Dengan menyewa, Anda bebas memilih peralatan mana yang Anda butuhkan kapan pun juga. Tentunya saat kontrak sewa Anda selesai atau dalam perjanjian sewa menyewa tersebut, Anda bisa meminta pihak yang menyewakan barang untuk mengganti dengan yang lebih baru atau membatalkan sewa Anda dan berganti dengan sewa yang lainnya.
  3. Biaya awal lebih rendah.
    Menyewa memungkinkan Anda untuk memiliki barang dalam jumlah yang lebih banyak dengan mengeluarkan uang lebih sedikit. Menyewa tanah untuk usaha pembibitan ikan 1 hektar pasti lebih murah daripada membeli tanah setengah hektar, iya kan? Ha..ha..ha..
  4. Pemeliharaan dan layanan.
    Saat Anda menyewa sebuah peralatan atau teknologi yang canggih, keuntungan terbesar yang akan Anda peroleh adalah layanan teknis. Misalkan usaha Anda butuh peralatan super canggih yang jika Anda membelinya, dalam jangka panjang nilai uang yang harus Anda keluarkan lebih murah. Tetapi apakah Anda tidak menghitung siapa staf yang harus menangani saat peralatan tersebut rusak? Tetapi jika Anda menyewanya, Anda pasti akan mendapatkan pemeliharaan dan layanan gratis yang sudah di-include-kan ke dalam biaya sewa Anda. Begitu alat tersebut rusak atau “berhenti bekerja”, Anda cukup menelpon pihak yang menyewakan alat tersebut, dan “sim salabim” staf ahli permesinan tersebut datang membetulkan mesin Anda yang lagi “mogok”. Anda paham kan maksud saya?
  5. Keuntungan pajak.
    Saat usaha Anda sudah mulai berurusan dengan pajak (*dan sekarang ini dinas pajak lagi giat-giatnya “mengintai” UKM), mereka mungkin akan mewajibkan Anda untuk memasukkan pajak dari pembelian barang dalam satu tahun. Dengan menyewa, berartipajak untuk barang-barang tersebut dibebankan per bulan dalam jumlah yang kecil. Namun jika Anda yang membeli, Anda langsung membayar seluruh jumlah pajak pembelian, sementara pajak sewa ditambahkan pada pajak yang dibayarkan tiap tahun.

Itu tadi keuntungan jika Anda menyewa. Lalu apa keuntungan jika Anda membeli? Silahkan Anda ikuti postingan saya tentang “Ini Dia Cara Memulai Usaha Kecil yang Jarang Anda Tahu Bagian 2”, okay? Jangan sampai ketinggalan tips memulai usaha sendiri tersebut ya…

(sumber gambar artikel cara memulai usaha dengan modal kecil : startups.co.uk)

[/sociallocker]

 


Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

4 Comments

  1. Balqis Aqiqah

    March 10, 2015 at 14:54

    tips yang cerdas, makasih gan inspirasit bangt artikelnya, saya jadi lebih berani utk memulai bisnis..

  2. iwan

    March 14, 2015 at 21:13

    Memulai bisnis tanpa modal hanya kata2 yang membuat tertarik.Modal dalam bisnis itu pasti ada.

  3. balck

    May 26, 2015 at 08:54

    Unsefull information

  4. Peluang usaha mobil pick up

    April 19, 2016 at 11:14

    Wah Sip gan postingannya. Jadi terbuka pikiran. Kalau sudah tau begini tentu modal yang besar bukan hal utama untuk membangun usaha. Jika modal cukup untuk membeli dan biaya operasional lainnya, tentu rencana membuka usaha tidak ada halangan lagi. Tapi bagi yang masih kurang, menyewa bisa dijadikan solusi. Thanks Gan…
    Semoga Tambah sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *