Ini Dia Kiat Memulai Usaha Kecil yang Jarang Anda Tahu (Bagian 2)


By on February 8, 2015
Ini Dia Kiat Memulai Usaha Kecil yang Jarang Anda Tahu (Bagian 2)

Sekarang mari kita bahas apa saja keuntungan dari membeli… bukan menyewa. Dan bagi Anda yang ketinggalan dengan “cerita bagian pertama”, silahkan Anda baca terlebih dahulu ” Kiat Memulai Usaha Kecil Bagian 1 “.

Well, seperti yang telah saya jelaskan pada kiat memulai usaha kecil bagian pertama, menyewa banyak memberikan Anda keuntungan. Tetapi membeli-pun juga banyak memberikan Anda banyak keuntungan. Apa saja keuntungan dari membeli? Ini dia…

Keuntungan Membeli :

  1. Biaya total lebih murah.
    Sudah jadi rahasia umum jika biaya total dari berbagai barang yang Anda beli akan jauh lebih murah daripada Anda menyewanya. Jika misal Anda menyewa sebuah mobil pick up untuk mengangkut barang Anda dikenai harga 3 juta per bulan, maka biaya sewa pick up tersebut selama 3 tahun adalah 126 juta rupiah. Padahal harga pick up baru hanya berkisar 80- 90 juta rupiah.
  2. Pengeluaran tambahan yang lebih murah.
    Saat Anda membeli barang secara tunai, Anda tidak perlu pusing memikirkan pembayaran yang harus Anda keluarkan tiap bulannya. Apalagi saat pendapatan bisnis Anda sedang menurun. Anda tidak akan terbebani karena barang tersebut Anda beli… bukan Anda sewa.
  3. Fleksibilitas
    Sebagian besar perjanjian sewa berlaku pada waktu atau periode tertentu. Dan saat periode tertentu tersebut belums selesai, Anda tidak bisa “melepaskan diri” dari perjanjian ini. Jika usaha Anda bangkrut atau usaha Anda pindah atau perusahaan mengubah proses produksi, Anda tetap harus membayar barang yang Anda sewa sampai pada waktu yang telah ditentukan. Berbeda jika Anda membeli peralatan, kendaraan, furniture atau mesin-mesin. Anda bisa membawanya kemana saja, menjualnya atau bahkan menyumbangkannya.
  4. Anda memiliki Aset, bukan kewajiban.
    Setelah Anda membeli sesuatu, dalam pembukuan perusahaan, barang yang Anda beli tadi merupakan aset perusahaan yang otomatis akan menaikkan nilai perusahaan Anda. Berbeda dengan menyewa. Biaya sewa dilihat sebagai kewajiban dan kan mengurangi nilai perusahaan secara keseluruhan.
  5. Keuntungan pajak
    Dinas pajak bisa saja mengizinkan penghapusan nilai uang dari pembelian barang (termasuk furnitur dan peralatan tertentu) dalam pembayaran pajak tahunan. Jika tahun ini Anda membukukan keuntungan yang lumayan, membeli akan memberikan keuntungan yang lebih baik daripada menyewa. Anda bingung ya dengan penjelasan saya ini? Begini… misal Anda punya keuntungan bersih 300 juta rupiah setahun. Kemudian keuntungan tersebut mau Anda ambil. Anda akan dikenakan pajak misalnya sebesar 10%, sehingga Anda harus “setor” 30 juta rupiah kepada pemerintah. Jika keuntungan 300 juta rupiah tadi Anda belikan mobil pick up sebesar 100 juta rupiah serta tambahan persediaan atau stock barang sebesar 100 juta rupiah misalnya, keuntungan Anda “tinggal” 100 juta rupiah. Nah, karena keuntungan bersih Anda tinggal 100 juta rupiah, maka Anda hanya membayar pajak sebesar 10 juta rupiah. Paham kan?

 

[sociallocker]

Sekarang Anda sudah paham seperti apa keuntungan membeli dan seperti apa keuntungan menyewa. Pertanyaan selanjutnya adalah, lebih bagus mana, menyewa apa membeli? Well, inilah inti dari kiat memulai usaha kecil yang akan saya bahas. Ada 4 “aturan main” menurut Rhonda Abrams yang harus Anda penuhi. Seperti apa aturan main tips memulai usaha baru versi Rhonda Abrams tersebut? Silahkan Anda baca kiat memulai usaha kecil di bawah ini :

  1. Beli barang-barang yang murah, sewa barang-barang yang mahal.
    Contohnya, Anda beli mesin faks atau printer. Aneh kan bila Anda sewa mesin faks atau printer yang harganya tidak sampai 2 juta rupiah? Namun bila Anda membutuhkan peralatan yang mahal, jangan hambur-hamburkan uang. Contohya adalah misalkan Anda baru buka usaha bakso. Jelas mesin adonan bakso dengan ukuran yang besar yang nilainya hingga puluhan juta adalah hal yang belum perlu Anda beli. Anda bisa menyewanya ata membeli mesin tersebut yang kapasitasnya lebih kecil.
  2. Semakin tidak yakin dengan rencana yang Anda buat, semakin baik bila Anda menyewa.
    Prinsip dari “Sewa atau Beli” ini adalah semakin Anda tidak yakin dengan “planning” atau rencana bisnis Anda, maka semakin baik bila Anda menyewa peralatan tersebut. Jadi jika misalkan Anda punya usaha percetakan dan Anda ingin membuat lini produk baru seputar kaos printing digital tetapi Anda baru coba-coba, jangan beli mesin printing digital tersebut. Anda cari usaha yang menyediakan jasa printing tersebut.
  3. Periksa kondisi pajak.
    Biasanya, diskon pajak membuat biaya pajak untuk sewa lebih murah daripada membeli. Jadi Anda perlu mencari orang yang tahu tentang pajak dan tanyakan kepada mereka barang apa saja yang mahal nilai pajaknya apabila dibeli.
  4. Jangan menyewa atau membeli lebih dari yang Anda butuhkan.
    Ini kiat bagaimana memulai usaha kecil yang terpenting. Anda jangan menyewa atau membeli lebih dari yang Anda butuhkan. Contohnya seperti ini… Anda ingin memasang papan nama usaha Anda. Sedangkan usaha Anda hanya buka dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore. Jika Anda rasa cukup menggunakan papan nama usaha biasa sudah cukup, jangan pakai neon box. Paham kan? Apalagi di awal-awal usaha. Anda tidak usah memaksakan memakai stempel perusahaan yang “3 warna” harga 100 ribu lebih agar cap usaha Anda terlihat cantik. Cukup gunakan stempel kayu harga 25 ribu rupiah saja. “Lho bos, kan bedanya cuman 75 ribu rupiah doang.”… Eits… bukan begitu cara pikirnya. Ini masalah pengendalian diri. Kalau yang kecil saja Anda tidak bisa mengendalikan, apalagi yang besar. Anda boleh menggunakan barang-barang yang bagus jika keuntungan perusahaan Anda sudah memadai, itupun sesuai dengan kebutuhan. Bagaimanapun juga UANG yang ADA DI BANK LEBIH INDAH daripada MEJA KANTOR yang CANTIK… benar kan? 

Bagaimana sekarang? Sudah jelas kan kiat memulai usaha kecil yang saya tulis di atas? Saya rasa tidak sulit kok. Yang penting adalah kontrol diri. Well, saya sudahi saja pembahasan mengenai kiat memulai usaha kecil bagian 2 ini.

Jika ada yang perlu Anda tambahkan, silahkan tulis di kotak komentar. Jika ada yang salah mengenai kiat memulai usaha kecil ini, silahkan kritisi saya. Tetapi jika Anda setuju dengan kiat memulai usaha kecil ini, mohon Anda share kan ke social media supaya banyak orang yang butuh kiat memulai usaha kecil ini terbantu, okay? Terima kasih banyak sebelumnya…

(sumber gambar artikel langkah awal memulai usaha : easyscholarshipsnow.com)

[/sociallocker]

 

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

2 Comments

  1. rian

    June 28, 2015 at 19:29

    saya punya modal 40juta tapi masih bingung mw buka usaha apa antara ps/warnet/konter hp mohon petunjuknya

    • putra

      April 21, 2016 at 21:58

      Say a punya sedikit masukan ni , yang saya tahu mulailah bisnis yang anda memiliki pengalaman di bidang tersebut . Jangan sekali kali memulai bisnis tanpa ada pengalaman dan pengetahuan di bidang tsb ,semoga membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *