Usaha Kecil Kecilan Hasil Jutaan? Bisnis Tahu Bakso Solusinya

By on February 16, 2015
Bisnis Kecil Kecilan Hasil Jutaan? Usaha Tahu Bakso Solusinya

Kalau Anda ingin belajar usaha kecil kecilan untung jutaan, ada baiknya Anda meniru langkah mbak Nunik, membuka bisnis tahu bakso. Ia adalah satu dari sekian pengusaha yang jeli melihat sebuah “celah” dan peluang.

Awalnya mbak Nunik hanya melihat begitu banyak usaha pembuatan tahu yang didekat wilayahnya. Ia tinggal di lokasi dimana disana terdapat sentra usaha tahu yang populer. Disitulah awal cerita mbak Nunik belajar bisnis kecil kecilan… usaha tahu bakso.

Ia memilih untuk menjalankan peluang bisnis tahu bakso, bukannya mengikuti jejak para tetangganya yang membuat tahu biasa. “Celah” yang ia lihat serta keberanian dia mengambil peluang usaha kecil kecilan ini ternyata tepat.

Walaupun awalnya hanya coba-coba saja, namun setelah mengikuti pameran di gedung Purna Budaya Jogja, tahu baksonya laris manis. Dari situlah muncul beberapa pelanggan yang sampai sekarang setia menikmati tahu bakso buatannya.

Oh iya… Anda pasti tidak menyangka kalau ia lulusan S-1 kan? Ya… mbak Nunik adalah sarjana ekonomi jurusan manajemen di salah satu perguruan tinggi swasta terkenal di Jogjakarta. Ia lebih memilih untuk membuka bisnis tahu bakso daripada bekerja, walaupun hanya sebuah usaha kecil kecilan.

Dan tahukah Anda berapa modal usaha awal yang ia keluarkan? Hanya 100 ribu rupiah. Just It… Luar biasa kan? Sekarang usaha kecil kecilan usaha tahu baksonya sudah merambah ke wilayah sekitar candi Borobudur, Magelang dan Jogjakarta.

Untuk memenuhi pesanan dari kota Jogja saja, ia harus memproduksi sekitar 250 buah tahu bakso perhari. Belum kota-kota yang lain. Tentunya ini adalah sebuah prestasi yang tidak bisa dipandang sebelah mata, walaupun hanya usaha kecil kecilan.

Lalu apa yang membuat bisnis tahu bakso miliknya laris manis? Keunggulan dari tahu bakso mbak Nunik ada 3. Yang pertama adalah cita rasa dari tahunya itu sendiri. Tahu yang mbak Nunik pilih teksturnya padat, tidak lembek seperti tahu yang lain dan juga tidak beraroma kecut.

Yang kedua adalah mbak Nunik mengukus adonan tahu baksonya. Jadi ia tidak menyediakan tahu bakso dalam bentuk yang sudah digoreng. Tujuannya agar memudahkan konsumennya untuk menikmati sesuai selera mereka. “Kalo ada yang suka goreng, tinggal digoreng saja”, kata perempuan usia 33 tahun lebih ini.

Yang ketiga, kelebihan usaha kecil kecilan bisnis tahu bakso miliknya adalah adonan bakso buatannya juga tidak keras dan sangat enak. Disinilah kunci dari gurihnya tahu baksonya buatan mbak Nunik.

Ia menggunakan adonan tepung tahu bakso buatan sendiri, bukan dari adonan tepung kanji. Dan dengan 3 kelebihan tersebut, harga yang mbak Nunik tawarkan untuk 1 buah tahu baksonya tidak mahal.

Dengan harga 900 rupiah per buah, konsumen sudah bisa menikmati lezatnya tahu bakso buatan mbak Nunik. Cukup murah kan? Anda bisa bandingkan dengan tahu bakso yang ada di pasaran. Harganya berkisar antara 1.000 hingga 1.500 rupiah.

Eniwei, dalam proses pembuatan tahu bakso, nampaknya mbak Nunik tidak begitu banyak mendapat kesulitan. Dengan kekuatan tahu yang memang sudah sangat enak, dia hanya membuat adonan bakso untuk isi tahu baksonya dengan cita rasa yang sangat menggugah selera lidah.

Bahan bakunya adalah 40 buah tahu pong berukuran 5 x 5 cm, dibelah diagonal menjadi 2 bagian. Jika Anda tidak mendapatkan tahu pong, Anda dapat gani tahu pong tersebut dengan tahu goreng yang sudah Anda belah segitiga, kemudian Anda “kerok” bagian diagonalnya hingga berlubang.

Untuk isian tahu bakso, Anda bisa gunakan daging sapi dan daging ayam yang Anda campur menjadi satu dengan perbandingan 1:1. Kemudian tambahkan tepung tahu bakso, banyak bawang putih dan garam juga bawang merah goreng, giling semuabahan tersebut hingga halus.

Setelah adonan bakso tersebut sudah jadi, Anda bisa masukkan kedalam tahu yang sudah Anda belah Anda keluarkan isinya tadi. Setelah itu barulah tahu yang berisi adonan bakso ini Anda kukus selama kurang lebih 45 menit. Selesai !! Tahu bakso tersebut bisa Anda pasarkan sekarang…

Well, karena bisnis tahu bakso merupakan usaha kecil kecilan kategori produk olahan, maka ada kiat-kiat untuk sukses yang harus Anda ikuti.


  1. Konsistenlah terhadap mutu tahu bakso Anda. 
    Sebagai produsen yang melayani banyak pelanggan, Anda harus bisa mempertahankan resep dalam proses pembuatan tahu bakso agar rasanya tetap sama. Cara penyimpanan yang benar untuk menjaga keawetan tahu bakso juga harus Anda perhatikan. Selain itu, di Indonesia, sertifikasi halal dan tanpa pengawet penting untuk kehalalan dan keamanan pangan. Jadi Anda harus memenuhi semua perijinan usaha tersebut.
  2. Kontinuitas pasokan bahan baku adalah hal yang mutlak.
    Kontinuitas pasokan bahan baku penting untuk Anda cermati. Mengapa? Karena hal ini akan berdampak pada kontinuitas produksi Anda sehingga Anda selalu dapat “melayani” konsumen Anda. Karena sekali saja tahu bakso Anda tidak ada di pasaran, di saat itulah pesaing Anda “mengambil” konsumen Anda.
  3. Kuasai “medan” distribusi bisnis tahu bakso Anda.
    Satu hal yang perlu Anda perhatikan dalam usaha kecil kecilan ini. Distribusi bisnis tahu bakso Anda harus benar-benar Anda kuasai. Waktu pengiriman yang terlalu panjang atau sarana pengiriman yang tidak memenuhi standar akan membuat mutu tahu bakso Anda menurun. Anda tidak ingin kan tahu bakso Anda rusak atau berbau “kecut” karena lama di pengiriman? Maka dari itu, cari cara agar pengiriman Anda cepat dan aman. 
  4. Selalu pertimbangkan harga tahu bakso Anda.
    Umumnya usaha tahu bakso tidak dengan mudah menaikan harga tahu baksonya, meskipun harga bahan baku dan sarana distribusi naik. Anda bisa menaikkan harga tertentu saat ada momen khusus tertentu seperti saat Lebaran atau saat BBM naik.
  5. Jangan lupakan merek usaha Anda.
    Meskipun bisnis tahu bakso Anda masih termasuk usaha kecil kecilan, Anda tetap harus membangun merek. Anda tidak ingin kan konsumen membeli tahu bakso orang lain? So, bangunlah merek sedini mungkin. Konsumen dan reseller Anda akan “yakin dan mantab” membeli tahu bakso Anda yang terkenal punya mutu yang terjamin dan rasa yang lezat saat mereka melihat merek Anda terpampang di kemasan tahu bakso Anda.

Okay… sekarang saatnya saya memberikan simulasi keuntungan contoh bisnis kecil kecilan usaha tahu bakso di atas :

Bahan Baku :

  • Tahu (per hari) : Rp. 100.000,-
  • Bahan isi : Rp. 50.000,-
    Total Pengeluaran : Rp.150.000,- x 26 hari produksi = Rp.3.900.000,-

Operasional :

  • Distribusi : Rp.25.000,00 x 26 hari = Rp. 650.000,00
  • Total Pengeluran   : Rp. 3.900.000,00 + Rp. 650.000,00 = Rp. 4.550.000,00

Pendapatan :

  • Penjualan 250 x Rp.900,00 x 26 hari : Rp. 5.850.000,00

Keuntungan :

  • Rp.5.850.000,00 – Rp. 4.500.000,00 : Rp.1.300.000,00

Saya rasa keuntungan 1,3 juta rupiah untuk 250 tahu bakso lumayan kan untuk sebuah usaha kecil kecilan? Bagaimana jika Anda mampu menjual 1.000 tahu bakso di setiap harinya? Pasti keuntungan bisnis tahu bakso Anda bertambah.

Nah, kalau Anda tertarik untuk menjalankan cara bisnis kecil kecilan bisnis tahu bakso ini, ikuti langkah dan keberanian mbak Nunik. Tangkap contoh bisnis kecil kecilan di atas, segera jalankan buat usaha tahu bakso Anda besar. Sukses buat Anda…


(sumber gambar usaha kecil kecilan bisnis tahu bakso : bismacenter.ning.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

One Comment

  1. arifah

    October 7, 2016 at 16:54

    maaf mau nanya tahu ada info atau kontak tahu bakso mbak nunik itu dimana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *