Bisnis Modal Kecil Untung Besar : Usaha Ikan Bibit Air Tawar


By on February 22, 2015
Bisnis Modal Kecil Untung Besar : Usaha Ikan Bibit Air Tawar

Bosen ah… dari kemaren ane ngulas bisnis modal kecil untung besar yang itu-itu saja. Apalagi pas ngulas kerja online dapat uang. Sampai 5 seri brooo !! Cape deh, wkwkwkwkwk…

So, sekarang saya akan buat ulasan yang sedikit berbeda dari yang biasanya. Bisnis modal kecil untung besar yang seperti apa yang akan saya ulas? Usaha ikan bibit air tawar, he..he..he..

Untuk usaha ikan air tawar kategori pembibitan ini, data yang saya berikan langsung dari KPI Mina Kepis. Jadi saya benar-benar mendapatkan data tentang usaha ikan langsung dari petaninya.

KPI Mina Kepis ini berdiri pada tahun 1983 dengan nama Taruna Tani Burikan. Sebenarnya, Taruna Tani Burikan tidak hanya bergerak di bidang bisnis ternak ikan saja. Mereka juga bergerak di bidang perkebunan dan pertanian.

Tetapi karena usaha ikan yang mereka jalankan mampu memberikan pemasukan yang cukup besar dibandingkan yang lain, akhirnya Taruna Tani Burikan memilih bisnis modal kecil untung besar usaha ikan bibit air tawar.

Usaha ikan bibit air tawar Taruna Tani Burikan tidak hanya berfokus usahanya pada usaha bibit ikan konsumsi saja. Mereka juga “memproduksi” bibit ikan hias.

Untuk ikan hias, dalam 1 siklus panen atau siklus yang dimulai dari pemijahan hingga siap jual, KPI Mina Kepis mampu memproduksi ikan koi 5000 ekor per musi dan ikan komed 3000 ekor per musim.

Untuk ikan konsumsi, setiap musim panen KPI Mina Kepis bisa memproduksi jenis graskap mencapai 5000 ekor, ikan bawal 5000 ekor, ikan nila 2000 ekor dan gurami 1500 ekor. Lumayan kan?

Nah, setelah melewati beberapa fase, barulah nama Taruna Tani Burikan berubah menjadi KPI Mina Kepis. Dan berita baiknya, teman saya berhasil menemui pak Marjono, salah seorang pengurus KPI Mina Kempis sekaligus pengusaha bisnis ikan air tawar.

Dari pak Marjono lah teman saya bisa mengetahui seperti apa seluk beluk usaha modal kecil bisnis ikan bibit air tawar yang selama ini jarang diekspos. Well, mari kita kupas tuntas peluang usaha modal kecil untung besar yang satu ini. Sudah siap? Ayooo !!

Tahap awal yang harus Anda lakukan untuk menjalankan bisnis modal kecil untung besar ini adalah seleksi induk ikan air tawar yang siap kawin. Induk hasil seleksi dipisahkan di tempat khusus yang telah diberi media untuk bertelur.

Setelah bertelur, induk diangkat, kemudian telur akan menetas dalam waktu kurang lebih 1 minggu. Setelah burayak (tetasan ikan kecil) berumur 20-30 hari, burayak tersebut Anda pindahkan ke kolam tanah yang harus sudah “terisi” dengan pakan alami.

Berapa ukuran kolamnya? Anda bisa menggunakan kolam dengan ukuran 5×10 meter untuk tiap kolamnya. Dengan ukuran kolam 5×10 meter, Anda akan membutuhkan 5 karung pakan ikan dengan harga 8-10 ribu per karung, tergantung dimana lokasi Anda berada.

Setelah bibit seukuran 1 kuku, Anda ganti pakan ikan tersebut dengan pelet sampai bibit ikan siap panen. Biasanya Anda membutuhkan 3-5 karung ukuran 30 kg dengan harga 200 ribu rupiah tiap karungnya.

Waktu yang Anda perlukan dari proses bertelur sampai siap jual dengan ukuran 2-3 jari kurang lebih 3 bulan. Jadi Anda bisa memanen usaha ikan bibit air tawar ini setiap 3 bulan sekali. 

Supaya Anda bisa bersaing dengan usaha ikan bibit air tawar yang lainnya, Anda harus punya keunggulan tersendiri. bisnis ikan Anda harus punya diferensiasi yang kuat dibandingkan dengan pesaing Anda.

Dan menurut pak Marjono, keunggulan usaha pembibitan ikan air tawar yang harus Anda perhatikan di antaranya adalah jenis ikan yang variatif, tempat yang strategis serta kualitas bibit ikan yang selalu terjaga.

Selain itu, “display” bibit ikan harus Anda buat semenarik mungkin. Intinya, konsumen bisa melihat bibit ikan Anda secara “utuh” sehingga mereka merasa puas. Anda juga harus menempatkan  karyawan cekatan yang bisa menangani penimbangan, packing dan pembayaran dengan cepat.

Oh iya… ada satu hal yang harus Anda perhatikan. Jika usaha ikan bibit air tawar Anda berkelompok dan jumlah bibit ikan Anda banyak, Anda membutuhkan 3-4 orang karyawan pada saat ramai.

Pada saat sepi, Anda cukup dibantu dengan 2-3 orang saja. Karyawan ini Anda bayar sesuai prosentase penjualan. Dari setiap penjualan, Anda sisihkan 7% dengan rincian 1% untuk pelayanan konsumen, 2% untuk proses packing (gas dan plastik) dan 4% untuk penimbangan.

Lalu bagaimana pemasaran bisnis modal kecil untung besar usaha budidaya ikan bibit air tawar ini? Well, pak Marjono memberikan sedikit tips bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara memasarkan bibit ikan Anda.

Siapkan terlebih dahulu daftar bibit ikan yang Anda jual lengkap dengan harga dan ukurannya. Siapkan juga denah lokasi usaha ikan Anda. Kemudian buat program penawaran khusus pembelian pertama dengan diskon tertentu misal potongan 5% atau tambahan toleransi kematian yang lebih.

Setelah itu, datangi usaha pemancingan, rumah makan, instansi yang butuh penelitian tentang ikan air tawar dan sebagainya. Anda juga bisa mendatangi toko-toko ikan hias untuk men-suplai kebutuhan bibit ikan hias mereka.

Setelah semua target yang ada di daerah sekitar Anda sudah “habis”, Anda pasarkan bibit ikan Anda melalui internet. Tidak perlu membuat web jika dana Anda terbatas. Cukup “datangi” forum ikan hias (untuk penjualan bibit ikan hias) dan situs markeplace gratisan semacam indonetwork.co.id dan olx untuk memasarkan bibit ikan hias dan ikan konsumsi Anda.

Anda bisa bibit ikan Anda dengan harga yang bervariasi tergantung dari jenis ikan Anda. Ikan bawal ukuran 2-3 jari bisa Anda jual dengan harga 18 ribu per kilo. Ikan nila bisa Anda jual dengan harga 13 ribu per kilo kilo.

Graskap ukuran 1 jempol bisa Anda jual 25 ribu per kilo dan bibit ikan tombro dengan ukuran 1 jari bisa Anda jual dengan harga 40 ribu per kilo. Sebagian gambaran, sebagian besar pembeli bibit ikan pak Marjono beserta kelompok taninya berasal dari Jogja dan beberapa dari Kalimantan dan Sulawesi.

Dengan daerah pemasaran yang belum terlalu banyak, omset yang bisa KPI Mina Kepis hasilkan pada saat ramai adalah 10 juta rupiah per hari. Sedangkan pada hari biasa, mereka bisa menghasilkan omset 5 juta rupiah per hari.

Mau tahu berapa omset KPI Mina Kepis pada tahun 2007? 1,1 M mas bro !! Dan tahun 2008 omset mereka naik hingga  1,4 M. Luar biasa kan?

Tapi walaupun bisnis modal kecil untung besar, tetap saja usaha ternak ikan ini ada kendalanya. Terbatasnya suplai air pada musim kemarau mengakibatkan kebutuhan oksigen bibit ikan harus dibantu dengan blower. Jadi Anda perlu tambahan biaya untuk mengatasi masalah itu.

Selain itu pada musim-musim tertentu,ada jenis-jenis ikan rentan terhadap penyakit. Ini yang paling ditakutkan oleh petani bibit ikan. Jika 1 bibit ikan sudah terserang penyakit, hampir bisa dipastikan penyakit tersebut akan menular ke bibit ikan yang lain dan bisa menyebabkan gagal panen.

Wokeh… sekarang saatnya saya membahas simulasi bisnis modal kecil untung besar dari usaha ikan bibit air tawar. Seperti apa simulasinya peluang usaha dengan modal kecil ini? Monggo, silahkan disimak analisa berikut ini: 

Simulasi keuntungan usaha dengan modal kecil bisnis ikan bibit air tawar di dasarkan
pada kolam berukuran 5 x 10 meter dengan satu jenis ikan

Pengeluaran :

  • Pakan bibit : 5 karung x Rp. 10.000,- = Rp. 50.000,-
  • Pakan pelet : 4 karung x Rp. 200.000,- = Rp. 800.000,00,-
  • Pupuk alami : 8 karung x Rp. 2.000,- = Rp. 16.000,-
  • Total pengeluaran : Rp. 866.000,-

Pendapatan :

  • Bawal : 70 kilo x Rp. 18.000,- = Rp. 1.260.000,-

Keuntungan :

  • Rp. 1.260.000,00 – Rp. 866.000,00 = Rp. 394.000,-
  • Asumsi Anda punya 10 kolam : Rp. 394.000 x 10 kolam = Rp. 3.940.000,-

Lumayan kan keuntungan dari bisnis modal kecil untung besar ini? Anda tertarik menjadi wirausaha modal kecil dengan menjalankan bisnis ikan di atas?

Kalau saya, jelas saya tertarik. Suatu saat nanti insya Allah, setelah usaha yang saya jalankan ini bisa dilepas, saya akan kembali ke usaha ikan ini . Dan pembibitan perikanan adalah salah satu yang saya “incar”. Anda juga kah?

(sumber gambar artikel bisnis modal kecil untung besar usaha ikan : www.koianswers.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *