Mau Tahu Strategi Meningkatkan Penjualan? Baca yang Satu Ini

By on February 22, 2015
Mau Tahu Strategi Meningkatkan Penjualan? Baca yang Satu Ini

Saya sudah “malang melintang” dengan yang namanya buku strategi meningkatkan penjualan. Mulai dari buku “Wow Marketing-nya” Hermawan Kertajaya sampai “Marketing Revolution”-nya om Tung Desem Waringin saya beli.

Bahkan buku sahabat saya yang super, pak Laksita juga saya “sikat”. Judulnya “10 Greatest Advertising Secrets-nya”. Meskipun harganya gile bujubuneng… 1,4 juta rupiah om !! Cuman buku itu. Untungnya saya dikasih diskon lumayan… habis tak rayu habis-habisan, ho..ho..ho..

Tapi emang dahsyat isinya. Luar biasa emang pak Laksita. Buku segitu harganya laris manis kayak krupuk bubur ayam langganan saya, wkwkwkwkwkwk… Orang-orang TDA rata-rata beli semua. Buku yang harganya kayak handphone samsung Galaxy V terjual habis !! Gile… gile…

Tapi saya nggak akan membahas buku-buku cara meningkatkan penjualan sales dari orang-orang dahsyat di atas. Yang akan saya bahas adalah buku dari orang yang bentar lagi menjadi dahsyat seperti orang-orang di atas. Siapa dia? Om Dewa Eka Prayoga !!

Masih muda tapi dahsyat ilmu strategi meningkatkan penjualan miliknya. Contohnya bbm marketing. Ia mengupas strategi meningkatkan penjualan dengan menggunakan Blackberry benar-benar Out of the box !! Saya sama sekali nggak kepikiran.

Nah, satu teknik yang akan saya bagikan dari strategi meningkatkan penjualan beliau adalah dengan cara MENINGKATKAN CLOSING. Jika teknik closing Anda mampu membuat orang membeli produk atau jasa Anda, maka otomatis penjualan Anda akan meningkat. Iya kan?

Sederhana, tapi banyak orang yang lupa. Jadi jika selama ini prosentase penjualan Anda hanya 5%, dengan strategi meningkatkan penjualan ala om Dewa, closing Anda insya Allah bisa meningkat hingga 15%. Mantab kan?

Nah seperti apa cara closing penjualan beliau? Ada 17 cara, tapi pada kesempatan ini saya hanya bagikan cara closing yang pertama saja. Bagaimana caranya? Simpel… Anda cukup buat calon customer berkata “YA” sebanyak-banyaknya !!

Contohnya nih :

  • “Bu, sebelumnya ibu memang sering kesini ya?” | “Iya….”
    “Mudah kan bu menemukan alamat kami?” | “Iya…”
    “Produk ini cantik sekali bu ya?” | “Iya…”
    “Ibu mau ambil produk yang ini?” | “Iya…”
  • “Bapak sebelumnya mohon maaf, bapak rencana mau beli mobilnya untuk keperluan pribadi atau keluarga?” |”Keluarga…”
    “Oh begitu ya pak… Bapak lebih suka yang warna hitam atau putih?” | ”Hitam…”
    “Bapak pilih yang manual atau matic? | “Manual…”
    “Oh ya, ngomong-ngomong, rencana bapak mau bayar cash atau kredit? | “Kredit…”

Jadi kuncinya Anda harus buat calon konsumen berkata “YA” sebanyak-banyaknya.  


  • Jangan biarkan Calon Customer berkata: “NGGAK!”, “TIDAK!”, dan hal-hal yang serupa
    Contoh pertanyaan SALAH: “Ibu jadi beli apa nggak? | “NGGAK!!!”
    Pertanyaan tersebut secara tidak langsung mengarahkan pikiran si ibu untuk berkata: “NGGAK!
  • Arahkan pikiran mereka untuk menyetujui pernyataan Anda. Gunakan pertanyaan terbuka.
    Contohnya: “Ibu pilih yang ini atau yang ini?, “Suka yang ini atau yang ini?”, dll
  • Atau gunakan pertanyaan yang jawabannya “YA… YA… YA…” (seperti contoh sebelumnya)
    “YA” yang terulang akan membentuk sebuah Pola. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa diperlukan 3-8 jawaban “YA” agar pola ini benar-benar terbentuk. Yang harus Anda ingat, jangan terlalu banyak juga. Kenapa? Orang jadi BT!
  • Nah, jika sekiranya Anda sudah tahu kapan harus benar-benar CLOSING, pada akhir pertanyaan, arahkan pikiran calon customer untuk berkata “YA, Saya Mau Beli…”

Sederhana kan strategi meningkatkan penjualan ala om Dewa yang pertama? Cuman efektifitasnya… oo… jangan tanya. Makanya saya sharing-kan di sini. So, cobalah Anda praktekkan cara pemasaran produk dengan teknik closing ala om Dewa di atas.

Insya Allah lain kesempatan saya akan bahas strategi meningkatkan penjualan dengan menggunakan teknik closing yang ke 2 sampai yang ke 17. Dan saya harap, sebelum membaca artikel teknik closing lainnya, Anda sudah mempratekkan teknik closingnya om Dewa yang pertama ini.

Ingat, cara di atas akan berhasil jika Anda ulang-ulang dan Anda lakukan bertahap. Anda akan lebih jago dengan satu jurus yang Anda latih berulang-ulang daripada 10.000 jurus yang Anda latih hanya sekali… seperti kata Bruce Lee.

Jadi percuma saya langsung tulis 17 teknik closingnya om Dewa tapi hanya Anda pelototin saja… Mending saya tulis satu per satu cara meningkatkan penjualan produk tersebut tetapi dengan catatan, setiap Anda selesai membaca strategi meningkatkan penjualan ini, Anda terus mempraktekkannya berulang-ulang.


Selamat mencoba tips meningkatkan penjualan di atas…

(sumber gambar artikel strategi meningkatkan penjualan & teknik closing : myrtlebeachfallclassic.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

5 Comments

  1. Bakri

    July 20, 2015 at 17:01

    Good…

  2. Tsant

    September 20, 2015 at 20:29

    Terlalu banyak basi basa dan banyak pula yg harus di click jd bosan bacanya.
    Via smartphone bkin lemot.

    Maaf complain dan terimakasih.

    • Om Nip-Nip

      September 21, 2015 at 08:20

      @Tsant : ya… saya perbaiki kedepannya

  3. Rakaman

    January 27, 2016 at 14:53

    Keren gan, makasih ilmunya. Bagi tips yg laen dong gan

  4. Haris

    November 2, 2016 at 21:33

    Mantap…useful so much

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *