Ini Dia Tips Jualan Online dan Offline yang Dahsyat


By on February 25, 2015
Ini Dia Tips Jualan Online dan Offline yang Dahsyat

Sudah habis bahas mesin bakso, sekarang berhenti dulu ngulas mesin usaha nya. Sekarang nulis tentang tips jualan online dan offline dulu. Mengapa yang saya bahas tidak hanya tips jualan online atau tips jualan offline saja?

Karena dua-duanya punya “problem di ending yang sama”… closing !! Mau cara jualan online di facebook, di web, di kaskus, sama.

Sebanyak apapun visitor datang ke situs jualan online Anda, semuanya percuma jika Anda tidak bisa membuat mereka membeli produk Anda.

Begitu juga dengan yang satunya. Sebanyak apapun pengunjung datang ke toko Anda, jika Anda tidak bisa meng-“closing” mereka… buat apa? Nah, tips jualan online dan offline yang saya akan saya share kali ini masih dari ebook belajar jualan online dan offline karya om Dewa Eka Prayoga.

Anda masih ingat kan? Beliau masih muda tapi jagoan dalam hal selling. Tetapi sebelum saya bagikan, ada baiknya Anda membaca dulu teknik closing om Dewa yang pertama. Dimana Anda bisa membacanya? Di artikel saya yang berjudul “Cara Meningkatkan Penjualan”. Anda bisa baca di link tips jualan online ini, okay?

Sekarang saatnya saya membagikan tips jualan online dan offline yang kedua dari om Dewa Eka Prayoga, yaitu “yang Nanya yang Menang”. Agak aneh yang tips jualan online dan offline ini? Saya terangkan biar nggak aneh… Poin penting dari tips jualan online dan offline ini adalah

“Jangan Menghentikan Percakapan Berakhir di Anda. Tanya balik…”

Contohnya seperti ini :

[sociallocker]

  • “Wah Harganya MAHAL!” | “Iya bu, dari sananya emang mahal” (GAGAL CLOSING!), Pasrah….
  • “Wah Harganya MAHAL!”
    RESPONNYA BEGINI….
    “Oh iya bu memang Mahal… Tapi sebelumnya mohon maaf, ibu membandingkannya dengan apa ya?”
    “Memang mahal bu.. Tapi sebentar, bukankah ibu menginginkan produk yang sangat berkualitas?”
    “Oh gitu… Menurut ibu nih, berapa harga yang pantas untuk produk ini?”
  • “Saya Nggak Butuh!” | “Oh gitu. Yaudah deh pak…” (GAGAL CLOSING!), Pasrah….
  • “Saya Nggak Butuh!”
    RESPONNYA BEGINI….
    “Oh begitu… Sekarang mungkin bapak tidak butuh. Tapi apakah bapak nanti tidak membutuhkannya?”
    “Sebentar pak, apakah bapak sudah tahu khasiat dari produk ini?”
    “Oh gitu.. Kira-kira nih menurut bapak, siapa teman / saudara bapak yang membutuhkan produk ini?”

Nggak bingung kan dengan penjelasan trik jualan online dan offline di atas? Jadi rahasianya adalah “Jangan Menghentikan Percakapan Berakhir di Anda. Tanya balik…”. Biar lebih paham, Anda bisa baca kunci sukses-nya di bawah ini

  • Coba Anda perhatikan contoh tadi, setiap kali calon customer mengungkapkan keberatannya, ketika Anda jawab, selalu Anda akhiri dengan pertanyaan… Disinilah maksudnya…
  • Jangan pernah menghentikan percakapan berakhir di Anda. Langsung tanya balik…
    Contoh percakapan yang berakhir di Anda:
    P : “Wah Harganya MAHAL!”
    A : “Iya bu, dari sananya emang mahal” <– Pasrah… Selesai… Nggak CLOSING.. Harusnya TANYA BALIK!
  • Penjual yang hebat itu bukan yang banyak nyerocos, tapi yang banyak nanya. Tapi… Nanyanya dengan cara yang elegan. Jangan ngawur!
  • Setiap kali calon customer Anda mengungkapkan keberatannya, apapun itu, Anda siapkan Sales Script berupa pertanyaan untuk ditanyakan balik menggunakan teknik “YANG NANYA YANG MENANG” ini…
  • Pokoknya, yang paling banyak nanya dengan pertanyaan-pertanyaan berkualitas, dialah yang akan memenangkan percakapan. CLOSING….

Pasti sekarang Anda sudah paham apa yang dimaksud tips usaha jualan online dan offline dari om Dewa di atas. Kalau sudah, kunci selanjutnya adalah Anda mempraktekkan berulang-ulang tips jualan online dan offline di atas.

Ingat, seperti yang saya katakan yang sudah-sudah, Anda jago berjualan itu dari MEMBACA TEORI nya kemudian Anda PRAKTEKKAN BERULANG-ULANG. Jangan hanya Anda baca thok kemudian Anda tinggal tidur… Atau nggak ngerti teori terus asal “tubruk”… walaupun yang terakhir ini masih mending, he..he..he..

So, silahkan Anda praktekkan tips bisnis di atas dan ucapkan terima kasih kepada om Dewa Eka Prayoga. Anda bisa lakukan dengan komen di sini atau datang langsung ke facebook beliau. See you…

(sumber gambar artikel tips jualan online offline & cara jualan online : tweakyourbiz.com)

[/sociallocker]

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

3 Comments

  1. toko hp online

    April 16, 2015 at 16:40

    makasih gan informasinya… bermanfaat banget…

    • paket wisata karimunjawa

      June 7, 2016 at 11:04

      wah jos banget tipsnya, saya juga jualan online, semoga membantu saya untuk berjualan, terimakasih informasinya, sukse selalu

  2. karimun jawa

    June 23, 2015 at 02:55

    wah mantap nih tipsnya
    jangan berhenti di anda tanya balik 😀 inspirasi banget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *