Jenis Usaha Rumahan Berbeda? Coba Bisnis Spa Kecantikan Mini

By on March 3, 2015
Jenis Usaha Rumahan Berbeda? Coba Bisnis Spa Kecantikan Mini

Selamat sore bung, om dan tante yang lagi cari jenis usaha rumahan… ane punya solusi contoh bisnis rumahan yang oke punya nih. Apa itu? Bisnis spa kecantikan rumahan. Beda kan dengan jenis usaha rumahan yang sudah-sudah? 

“Kenapa harus bisnis spa kecantikan om? Kok nggak bisnis yang mesti lakunya seperti usaha toko kelontong“… Karena salah satu kebutuhan wanita yang tidak ada satupun yang tidak menginginkannya adalah perawatan kecantikan dan kesehatan fisiknya.

Om dan tante tentunya sering lihat bahwa banyak wanita di luaran sana rela menyisihkan sebagian (besar) uangnya demi bisa merawat dirinya, khususnya di spa-spa mahal. Tetapi om dan tante juga tahu bahwa dengan meroketnya harga bahan bakar dan semakin tingginya nilai dollar, maka biaya yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan primer semakin tinggi.

Dan juga biaya “hidup” semakin tinggi, para wanita akan semakin kesulitan untuk menyisihkan uangnya demi perawatan. Padahal om dan tante sudah tahu bahwa perawatan tubuh dan kecantikan adalah harga mati bagi wanita… iya kan?

Nah, celah inilah yang bisa om dan tante jadikan sebagai peluang usaha rumahan modal kecil yang berprospek cerah sekaligus berbeda dari jenis bisnis rumahan lainnya. Apalagi jika rumah om dan tante terletak di tengah permukiman yang super padat atau kost-kostan yang super banyak. Calon konsumennya bejibun dehhh…

Tinggal sulap ruangan kamar yang tidak terpakai di rumah sebagai ruang usaha perawatan spa… buzzzz, jadih dah jenis usaha rumahan bisnis spa kecantikan mini. Nggak perlu beli franchise spa yang mahal. Lho… lha iya kan? Daripada ibu-ibu rumah tangga atau gadis-gadis tersebut menghabiskan uangnya untuk pergi ke spa-spa mahal dan letaknya jauh dari tempat tinggal mereka?

Mending mereka merawat diri mereka dengan “berkunjung” ke peluang usaha spa milik om dan tante. Sudah murah harganya, letaknya juga lebih dekat. Pas sudah !! “Okay om… saya tertarik nih menjalankan jenis rumahan yang satu ini. Terus cara spa dirumah bagaimana? Saya harus ngapain aja?” Oo, tenang… Ane bagikan beberapa langkah untuk menjadi wirausaha rumahan dengan membuka bisnis spa kecantikan mini ini…

  1. Survei Pasar
    Tujuan dari survei ini adalah untuk mengetahui dengan tepat pelayanan apa yang harus Anda sediakan dalam usaha spa kecantikan mini Anda ini. Temukan kebutuhan konsumen yang sedang “in” saat ini serta berapa harga layanannya. Anda harus bisa memasang harga di bawah harga pasaran, khususnya usaha spa – usaha spa kecantikan yang besar. Maka dari itu Anda harus mencari bahan-bahan perawatan kecantikan dengan kualitas yang “yahud” tetapi harganya terjangkau. Anda bisa lakukan hal tersebut dengan cara menjalin kerjasama dengan brand ternama atau membeli dalam jumlah besar. Cara ini terbukti ampuh untuk mendapatkan harga yang lebih murah serta fasilitas-fasilitas tambahan yang lain.
  2. Siapkan Modal Usaha
    Modal usaha yang akan Anda gunakan harus sudah Anda siapkan dengan cermat. Kalau Anda bingung, Anda bisa lihat gambaran modal usaha untuk jenis usaha rumahan bisnis spa kecantikan rumahan berikut ini…


    • Bed single 90 cm 2 buah : Rp 3.000.000,-
    • Bantal dan sprei : Rp. 500.000,-
    • Meja dan kursi (kayu klasik) untuk ruang tunggu : Rp 2.000.000,-
    • Etalase : Rp. 800.000,-
    • Meja kecil dan kaca besar : Rp. 2.700.000,-
    • Meja set administrasi : Rp. 1.000.000,-
    • Tirai batik : Rp. 200.000,-
    • handuk aneka ukuran : Rp. 800.000,-
    • TOTAL : Rp. 11.000.000,-
    • Modal kerja awal : Rp 1.000.000,-
  3. Merombak Ruangan Usaha
    Seperti yang sudah dibahas di atas, bisnis spa kecantikan rumahan adalah bisnis yang memanfaatkan ruangan atau kamar di dalam rumah Anda agar bisa menekan biaya. So, buat ruangan Anda menjadi ruang spa dengan mengadopsi gaya dan desain spa besar. Bagaimana caranya? Cat dinding ruangan Anda dengan warna yang menenangkan, beri sentuhan alami seperti wewangian bunga segar, pasang furniture kayu dengan desain klasik serta atur pencahayaan dengan sinar yang temaram.
  4. Cari Tenaga Profesional yang Murah
    Saat menjalankan jenis usaha rumahan ini, Anda tetap memerlukan tenaga kecantikan untuk menjalankannya. Dan dikarenakan bisnis spa kecantikan rumahan modalnya terbatas, maka carilah tenaga yang baru lulus sekolah karena Anda tidak perlu membayar gaji mereka terlalu tinggi di awal.
  5. Pemasaran
    Untuk memasarkan jenis usaha rumahan bisnis spa kecantikan ini, Anda bisa mengawalinya dengan berpromosi ke lingkungan sekitar Anda. Caranya sederhana. Pasang papan nama dengan headline yang menarik, sebarkan brosur di tempat-tempat strategis di sekitar tempat tinggal Anda, buat fans page di facebook dan twitter serta beri penawaran dengan harga gelap. Anda juga bisa memberikan promosi-promosi khusus di awal pembukaan mini spa rumahan Anda misal dengan buy one get two dan sebagainya.

Tertarik menjalankan jenis usaha rumahan yang satu ini? Jika ya, sebagai pelengkap informasi di penghujung artikel ini, ane akan sertakan biaya operasional plus asumsi rugi laba dari bisnis spa kecantikan rumahan ini. Ingat, hanya asumsi ya, kalau di lain waktu perhitungannya sudah berbeda, jangan salahkan ane… kan artikel ini bisa tahunan umur “beredar”nya, wkwkwkwkwkwk…

Biaya Produksi

  • Bahan-bahan perawatan Rp. 500.000,-
  • Tenaga kerja 2 orang Rp. 2.500.000,-
  • Listrik dan air Rp. 200.000,-
  • Perlengkapan lain Rp. 100.000,-
  • TOTAL Rp. 3.300.000,-

Biaya Pemasaran :

  • Brosur dan kartu nama : Rp. 500.000,-

Pendapatan :

  • Rata-Rata Omset : Rp 7.500.000,-

Keuntungan :

  • Pengeluaran : Rp. 2.300.00,00 + Rp. 500.000,00 = Rp. 3.800.000,-
  • Laba bersih : Rp. 7.500.000,00 – Rp. 3.800.000,00 = Rp. 3.700.000,-

Gambaran penghasilan dari contoh usaha rumahan modal kecil di atas diambil dari perkiraan rata-rata harga per layanan sebesar 50 ribu rupiah. Jadi bila om dan tante bisa mendapatkan 5 orang konsumen dalam 1 hari, maka dalam satu bulan omset om dan tante sebesar Rp. 7.500.000,-. Lumayan kan omset bisnis usaha rumahan yang satu ini?

So, dari “prespektif” di atas, meskipun om dan tante mengeluarkan modal sebesar kurang lebih 12 juta rupiah, om dan tante bisa balik modal nggak sampai 5 bulan, benar kan? Padahal dalam kenyataannya, om dan tante bisa saja mendapatkan pelanggan lebih dari 5 orang dalam satu hari. Tapi juga bisa kurang dari 5 orang, wkwkwkwkwk…

Sekarang bagaimana menurut om dan tante jenis usaha rumahan bisnis spa kecantikan mini ini? Om dan tante tertarik atau tidak? Kalau iya, om dan tante boleh coba, tapi jangan lupa, riset pemasaran dulu ya…


Ngomong-ngomong, ada yang sedikit berubah di artikel jenis usaha rumahan ini. Ane sering nyebut om dan tante ya? Ini gara-gara lihat videonya om Yusiri. Awalnya aneh di kuping. Eh, lama-lama enak juga nyebut om dan tante, wkwkwkwkwk… Ayo om dan tante, segera jalanin usaha rumahan yang sukses ini dan bikin bisnis spa kecantikan rumahan om dan tante menggurita !!

(sumber gambar artikel usaha bisnis rumahan, macam bisnis rumahan & usaha non waralaba spa : barcelonasalon-spa.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *