Belajar Jualan Online dan Offline dengan Teknik “NOW or NEVER”


By on March 15, 2015
Belajar Jualan Online dan Offline dengan Teknik "NOW or NEVER"

Baru jenuh nulis artikel tentang peluang usaha. Nulis artikel tentang mesin usaha juga udah lumayan “bengep” juga, he..he..he.. Trus nulis apa ya? Hmmm… jadi bingung deh. Saya cari ide dulu…

Bingo !! Gimana kalau melanjutkan nulis artikel tentang belajar jualan online dan offline “spesial” teknik closing ala om Dewa lagi? Kayaknya kemaren baru sampai part 3 kan?

Iya… bener. Kemaren artikel belajar jualan online dan offline spesial teknik closing baru sampai bagian 3. Wokeh, kalau begitu saya lanjutkan artikel teknik closing ala om Dewa Eka Prayoga bagian keempat… “Now or Never”. Lama-lama saya tambah nge-fans neh sama om Dewa, wkwkwkwkwk…

“Sebentar om… ane nih mau belajar jualan online. Kok harus belajar teknik jualan offline juga? Apalagi teknik closing lagi. Buat apa?”. Begini… kalau Anda main affiliate marketing, okay… nggak belajar teknik closing nggak papa.

Tapi kalau Anda belajar jualan online selain affiliate marketing yang disitu Anda dituntut untuk melakukan “deal” sebanyak-banyaknya? Kan Anda butuh belajar teknik closing tho? Percuma yang telepon Anda banyak tapi nggak ada yang deal. Dan deal… itu identik dengan teknik closing yang sempurna dan dahsyat. Paham kan?

Okay… saya lanjutkan materi belajar jualan online dan offline ini. So, seperti apa materi belajar jualan online dan offline “Now or Never” ala om Dewa ini? Intinya sederhana… buat konsumen Anda mau membeli Anda secepat mungkin !! Mengapa harus dibuat secepat mungkin? Karena perilaku konsumen itu rata-rata seringnya menunda pembelian.

Nggak percaya? Coba Anda lihat diri Anda sendiri. Misalkan Anda lewat mall dan ada sepatu yang bagus. Kebetulan bentuk dan warnanya Anda suka. Dan kebetulan lagi, ada tulisan diskon 30%. Nah, sering-seringnya, Anda akan berkata dalam hati, “Ah… besok aja dah gua beli. Sekarang belum bawa duit cash.”

Benar kan? Atau anak Anda atau anak kakak Anda minta sebuah mainan yang kelihatannya langka. Walaupun langka, pasti sering-seringnya Anda bilang seperti ini, “Ya… nanti tak beliin wis… tapi besok ya. Sekarang beli buku tulis dulu.” Inilah perilaku konsumen yang perlu Anda ketahui… menunda melakukan pembelian. Saya beri contoh jawaban konsumen-konsumen yang sering mereka katakan :

  • “Nanti saja ya…”
  • “Besok aja deh…”
  • “Pikir-pikir dulu ya…”
  • “Aku harus tanya suami dulu nih….”, dll

Jadi sekali lagi, inti dari belajar jualan online dan offline teknik “NOW OR NEVER” ini akan memaksa calon customer untuk tidak menunda. Karena jika mereka menunda, akan ada kerugian besar . Entah masa promo nya (DISKON, HADIAH, BONUS, dll) yang habis, atau produknya yang tidak ada lagi. Atau bahkan harganya akan naik tinggi sekali.

Jadi kalau bisa, hari ini mereka lihat, hari ini juga mereka beli. Mirip dengan cara jualan online dan offline “Marketing Revolution”-nya milik om Tung Desem Waringin… Sama persis. Now… or Never !! Biar Anda lebih paham dengan teknik belajar online dan offline ala om Dewa ini (*dan juga om Tung ya…), saya berikan beberapa contohnya :

[sociallocker]

  • “Diskon ini hanya berlaku untuk hari ini…”
  • “Sekaranglah saat yang paling tepat untuk bertransaksi. Besok mungkin harganya akan naik”
  • “Stok kami untuk barang ini sangat terbatas. Jika tidak diambil sekarang, Anda akan kehabisan” “Sudah ada calon pembeli yang menawarnya. Saya khawatir barangnya habis. Lebih baik ambil sekarang”
  • “Ini adalah hari terakhir promo…” “Sekali seumur hidup. Tidak akan diadakan lagi…”
  • “Jika Anda mendaftar hari ini, aku akan berikan tambahan diskon 2%. Tetapi khusus hari ini saja”
  • “Silakan ambil atau tinggalkan. Ini adalah satu-satunya kesempatan”
  • “Hari ini harga hanya Rp 150.000. Besok harga naik 10x lipat”
  • “Voucher DISKON ini hanya berlaku sampai malam ini. Besok vouchernya hangus!”

Bisa Anda pahami contoh belajar jualan online dan offline teknik “Now or Never di atas kan? Mudah kok, nggak susah. Dan teknik belajar online dan offline cocok untuk Anda yang sedang mengadakan promo-promo kreatif. Atau memang Anda sedang berada pada “momen khusus” yang memiliki keterbatasan jumlah produk, jumlah waktu atau jumlah pembeli.

Tapi ingat ya… tips jualan online dan offline ini harus Anda lakukan dengan JUJUR. Jadi kalau pas produk Anda masih banyak ya jangan bilang stock-nya terbatas. Atau kalau Anda sedang memberikan program promosi “Khusus Harga Hari Ini, Besok Naik” ya Anda benar-benar harus naikkan harga keesokan harinya. Ini masalah integritas.

Jika Anda tidak jujur, bukan hanya urusan dunia saja yang akan Anda rasakan akibatnya. Tapi juga urusan akhirat. Di dunia, jika Anda berbohong, lama-kelamaan konsumen Anda akan tahu. Dengan berkembangnya dunia internet terutama social media, bukan hal yang mustahil “kebohongan” toko Anda akan menyebar cepat di dunia maya.

Efeknya, mereka tidak akan percaya lagi dengan teknik belajar jualan online dan offline “Now or Never” ini. Jadi begitu Anda memberikan program promo “Stock Terbatas, Barang Tinggal 3 Unit” misalnya, mereka tidak akan merespon program Anda tersebut. Dengan kata lain mereka “tidak akan merasa terburu-buru” untuk membeli produk Anda.

Lha gimana mau buru-buru… mereka tahu Anda berbohong. Yang ada di benak mereka adalah, “Ah… itu hanya bahasa marketing. Paling stocknya masih banyak.”… Atau jika Anda memberikan program promosi “Harga Naik 20% Mulai Besok !!”, mereka paling berpikir, “Halah.. paling harganya besok juga sama kayak harga sekarang.”. Itu baru urusan dunia. Urusan akhirat lebih berat lagi…

So, lakukan trik jualan online dengan teknik belajar jualan online dan offline ini dengan kejujuran, kesabaran dan pantang menyerah. Insya Allah hasil yang Anda dapatkan akan memuaskan. Sepertinya sampai di sini dulu perjumpaan kita melalui artikel “Belajar Jualan Online dan Offline dengan teknik marketing ‘NOW or NEVER’…” ini. Kurang lebihnya mohon maaf, sampai berjumpa di lain kesempatan. See you…

(sumber artikel belajar contoh pemasaran online, jualan online dan offline : www.slideshare.net)

[/sociallocker]

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *