5 “Kacamata” Penting Dalam Memilih Usaha Waralaba Murah (Seri 2)

By on June 24, 2015
5 “Kacamata” Penting Dalam Memilih Usaha Waralaba Murah (Seri 2)

Langsung saja, melanjutkan artikel “5 Hal Penting Dalam Memilih Usaha Waralaba Murah Seri 1″, sekarang mari kita lihat aspek penting lainnya dari kacamata harga jual dan dari kacamata track record atau pengalaman.

Dan berhubung sudah lama nggak posting plus pas bulan puasa, mohon maaf kalau tulisannya masih acak adut, he..he..he..

Maklum, sibuk ngurus offline dan online jadi lupa posting lagi. Sudah berapa lama ya? Kayaknya hampir 3 bulan deh, huahahahaha… Maaf ya mas bro dan mbak sis… Wokeh, tips waralaba ke 4 dan ke 5 nya seperti ini :

Usaha Waralaba Murah di Lihat dari Kacamata Harga Jual

Anda harus dan kudu tahu bahwa salah satu “kelemahan” di usaha waralaba murah adalah keuntungan yang Anda dapatkan harus “dibagi 2″… Anda dan franchisor Anda. Efeknya, kebanyakan usaha waralaba murah menjual produk dengan harga yang terlalu tinggi.

Padahal Anda tahu kan, harga yang tinggi itu biasanya terkait dengan demografi dan psikografi seseorang? Ya iya lah… gaji yang tinggi serta kebiasaan seseorang sangat menentukan segmen pasar yang akan di bidik oleh usaha waralaba tersebut.

Misalnya nih… Anda beli usaha waralaba murah ayam crispy. Harga produknya paling murah 25 ribu rupiah. Dengan harga segitu, kalau Anda tinggal di kota besar, calon konsumen Anda pasti membandingkan produk Anda dengan produk waralaba lainnya yang sudah terkenal macam KFC.

Anda pasti sulit bersaing jika produk Anda tidak memberikan sesuatu yang benar-benar berbeda. Perilaku konsumen ayam crispy dengan harga tersebut biasanya lebih suka untuk membeli di restoran-restoran cepat saji yang lebih besar.

Selain gengsi dan pilihan yang lebih mudah untuk ketemuan atau makan, restoran cepat saji kelas atas juga menawarkan suasana dan pengalaman pembelian yang berbeda. Jadi psikografi target Anda juga sangat penting. Paham kan? Nah, tugas Anda adalah menemukan dan memilih waralaba murah yang harganya sesuai pasar Anda. 

Jadi Anda dituntut untuk pandai berhitung. Misalnya nih, apakah harga pokok yang dicantumkan untuk Anda sudah sesuai dengan perkiraan biaya yang harus Anda keluarkan dalam satu kemasan produk waralaba tersebut. 

Usaha Waralaba Murah di Lihat dari Kacamata Sistem

Sudah menjadi rahasia umum kalau kebanyakan usaha waralaba murah mempunyai sistem yang buruk. Dan di pelajaran terdahulu, sistem adalah salah satu dari 5 komponen penting dalam sebuah bisnis… apapun model bisnisnya.

Berita buruknya, Anda tidak bisa mengharapkan sistem bagus nan detil dari usaha waralaba modal kecil yang biaya pembilannya hanya jutaan. Dengan modal minim, kebanyakan pemilik waralaba hanya akan membuat sistem usaha pada kulit luarnya saja tanpa konsep yang menyeluruh dan profesional.

Itu sebabnya Anda harus memahami sistem usaha waralaba murah yang Anda beli dengan baik. Kemudian temukan setiap kelemahan yang ada dan lakukan beragam “tindakan” untuk menyempurnakan sistem tersebut.

Selama Anda tidak melanggar perjanjian yang sudah Anda tanda tangani, campur tangan Anda dalam sistem, manajemen hingga pengelolaan akan sangat membantu Anda untuk sukses menjalankan peluang usaha waralaba murah.


Okay, begitu saja dari saya, selamat pagi, selamat menemukan bisnis waralaba murah

(sumber gambar : www.franchiseharbor.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan.So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya.Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *