Ini Dia Referensi Franchise Minuman Murah Untuk Anda

By on August 3, 2015
franchise-minuman-murah

Saat ingin membeli sebuah waralaba minuman misalnya, Anda pasti seringnya mendapati franchise usaha minuman yang akan Anda beli harga produknya hanya cocok dijual untuk kelas menengah dan atas.

Kira-kira harganya sekitar 5 sampai 8 ribuan. Kalau dipikir-pikir, harganya cukup tinggi, ya kan? Pasti pikiran Anda selanjutnya adalah, “Ada nggak sih franchise minuman murah yang harga jual produk minumannya lebih terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah?”.

Ternyata ada om… Setelah teman saya “bongkar-bongkar” mbah google, beliau nemu juga franchise minuman murah yang harga jual produk minumannya cuman 1.000 rupiah. Murah banget kan? Cocok banget dah anak sekolahan yang biasanya hanya diberi uang saku yang ngepas.

Dan kabar baiknya, teman saya tersebut mau membagikan informasi franchise minuman Indonesia yang beliau temukan. Apa nama waralaba minuman murah tersebut? Namanya ” Franchise Aloha Rainbow Drink”… Wow, hepi banget namanya ya, wkwkwkwkwk…

Produk utamanya “Rainbow Drink”, minuman penuh warna yang cocok untuk semua kalangan. Minuman “Rainbow Drink” ini berukuran cup plastik kecil yang berisi es serut dari air matang yang di semprot dengan beragam sirup buah aneka warna. Sangat cantik dan menggoda, pas banget kalau diminum di siang hari… segerrrr !!

Selain “rainbow drink”, untuk “mendampingi” minuman segar murah meriah ini, franchise minuman murah “Rainbow Aloha” juga menyediakan franchise makanan ringan berupa “rainbow arumanis”. arumanis tersebut berbahan gula murni dengan beragam sirup warna warni yang cukup aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak.

Tapi memang, franchise minuman murah ini target pasarnya adalah anak-anak. Makanya mereka “mengusung” minuman dengan tampilan penuh warna sehingga diharapkan mampu membuat anak-anak merengek minta dibelikan.  

Untuk menunjang penjualannya, waralaba minuman Indonesia “Rainbow Aloha” ini membuat booth berjalan yang terbilang cukup unik. Terbuat dari bahan fiber yang tahan lama, booth “Rainbow Aloha” memiliki desain replika bus sekolah dan rumah-rumahan.

Booth ini simpel, mudah Anda pindah-pindahkan karena memiliki roda dan alat pendorong dengan warna mencolok yang akan memikat konsumen dengan cepat. So sudah pasti usaha minuman unik ini semakin menarik.

Tidak hanya itu, franchisor sengaja meletakkan “kran minumannya” pada sisi luar, karena memang sistem penjualannya self service. Jadi si pembeli bisa mendapatkan satu cup es serut dan bebas “menyiramkan” sirup sesuai selera dan campuran warna yang mereka inginkan.


Ide bisnis nya cukup segar dan menarik kan? So, sudah pasti anak-anak akan tertarik untuk ber-eksperimen warna dan rasa. Dan hal ini sangat menyenangkan bagi mereka. Saya saja tidak menyangka kalau si franchisor tidak hanya memperhatikan dari sisi rasa. Tetapi juga dari sisi emosional dan keingintahuan mereka. 

“Lalu bagaimana proyeksi keuangan dari usaha waralaba minuman yang satu ini dok?”. Well, pada kesempatan ini saya akan mencoba mengutip proyeksi dari teman saya yang berhasil mengumpulkan info dari beberapa media promosi ” waralaba Aloha Rainbow Drink “. Jadi Anda bisa memperkirakan sendiri berapa kira-kira biaya dan hasil yang bisa Anda dapatkan nantinya.


  1. Biaya Franchise Minuman Murah Rainbow Aloha :
    • Paket franchise mikro Rainbow Aloha : Rp .4.000.000,-
    • Paket franchise booth villa Rainbow Aloha : Rp. 7.000.000,-
    • Paket franchise booth school bus Rainbow Aloha : Rp. 14.000.000,-
    • Paket franchise Hawaiian Star Rainbow Aloha : Rp. 24.000.000,-
    • Paket franchise Diamond Cruise Rainbow Aloha : Rp. 34.000.000,-
    • Khusus untuk paket Hawaiian Star dan Diamond Cruise, Anda tidak hanya memiliki booth “Rainbow Drink”. Tetapi juga “Rainbow Arumanis” lengkap dengan peralatan dan  bahan bakunya. Perbedaannya hanya pada Hawaiian Star paket Rainbow Arumanisnya berupa mini booth.
  2. Perhitungan Proyeksi Keuntungan :
    Asumsikan Anda mengambil paket school bus dengan biaya 14 juta rupiah.

    • Perkiraan penjualan perhari 250 cup seharga Rp. 1.000,-.
    • Harga pokok per cup sekitar Rp. 350,-
    • Maka perhitungan margin : (1000 -350) x250 x 30 = Rp. 4.875.000,-
    • Biaya lain-lain (tenaga kerja dan overhead) :Rp 600.000
    • Maka Keuntungan bersih Anda : Rp 4.275.000,-
  3. Kelayakan Usaha :
    Dari perhitungan di atas, Anda bisa memperkirakan dari pembelian paket hak franchise senilai 14 juta rupiah dengan penjualan rata-rata sebanyak 250 cup perhari ditambah harga per cup Rp. 1.000,- saja, Anda sudah bisa balik modal dalam 2 bulan. Pengembalian modal yang cukup cepat kan? Anda bahkan bisa menambahkan mesin cup sealer secara mandiri untuk memudahkan konsumen Anda menikmati “rainbow drink” dengan tingkat BEP yang hampir sama. 
    Angka proyeksi ini belum dihitung apabila Anda mengambil paket yang menyertakan penjualan rainbow arumanis. Tentunya keuntungan Anda semakin berkembang.

So, dengan penjelasan di atas, Anda bisa melihat bahwa meski Anda hanya menjual minuman sederhana dengan harga yang sangat murah, tidak lantas usaha franchise minuman murah 2015 tersebut tidak menjanjikan. Iya kan? Tertarik membeli?

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

One Comment

  1. NuGuy

    April 16, 2016 at 15:44

    Salam Om Nip- Nip !!! 😀
    habis baca postingan om langsung ngiler, seger gitu kayaknya 😀
    terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *