Bisnis Rumahan yang Menguntungkan : Usaha Katering

By on August 11, 2015
Bisnis Rumahan yang Menguntungkan : Usaha Katering

Anda tahu jenis-jenis bisnis yang nggak ada matinya? Ada banyak !! Saya sebutkan salah satunya saja ya… usaha katering, sebuah bisnis rumahan yang menguntungkan. Kenapa usaha katering? Karena bisnis katering termasuk dalam bisnis makanan.

Dan pada dasarnya, bisnis makanan memang nggak ada matinya. Lihat saja dari tahun ke tahun, warung makan baru bermunculan bak jamur di musim hujan. Selain karena makan termasuk kebutuhan pokok, semakin modern kehidupan manusia, semakin banyak para “pejuang kuliner”.

Mau tahu penyebabnya? Gampang saja. Semakin hari manusia semakin disibukkan dengan urusan pekerjaan dan bisnis. Dan setelah seharian mereka lelah bekerja, “balas dendam” yang akan mereka lakukan adalah “berburu kuliner”.

Tapi di sini saya tidak akan berbicara mengenai usaha warung makan atau restoran di pinggir jalan. yang saya bahas adalah jenis bisnis rumahan menguntungkan dengan modal kecil non warung, yaitu usaha katering. Anda pasti tahu apa itu katering kan? Ya, usaha makanan yang bisa dipanggil pada berbagai acara seperti pesta perkawinan, syukuran, seminar dan sebagainya.

Dan pada umumnya, pihak penyelenggara acara akan menyewa jasa katering untuk menyiapkan makanan tertentu sesuai kebutuhan. Jadi jika Anda berminat di usaha rumahan yang menguntungkan ini, harus siap-siap dengan banyak menu makanan dan minuman serta ekstra tenaga.

Hanya saja untuk membuka usaha catering, Anda tidak harus jago ahli masak. Anda hanya perlu tahu bagaimana caranya mengelola bisnis rumahan yang menguntungkan ini. Anda tahu cara mempromosikannya, menghitung BEP nya, menghitung harga penjualan pokok nya, manajemen karyawannya dan lain sebagainya.

Untuk masalah koki, Anda bisa kok melakukan perekrutan atau bekerjasama dengan saudara maupun teman Anda yang jago memasak. Mau contoh nyata? Ika Prahaningrum… 35 tahun, lulusan fakultas sastra Jepang di salah satu perguruan tinggi negeri di Jogja.

Ika, panggilan akrabnya, mengawali bisnis katering dengan bantuan ibunya yang ahli memasak. Ia sama sekali tidak jago memasak. Tetapi ia tahu potensi masakan ibunya. Menurutnya, cita rasa masakan ibunya benar-benar luar biasa.

Ika memulai usaha catering miliknya dengan memanfaatkan sebagian ruangan di rumahnya untuk memulai melakukan aktifitas bisnis catering. Dia berpendapat bahwa usaha catering bisa di mulai walaupun ia tidak bisa memasak. Yang penting adalah niat, mau belajar dan mempunyai semangat pantang menyerah.

Walaupun di awal-awal ia memulai usaha katering tersebut belum bisa melayani acara-acara yang besar, namun usaha cateringnya sudah cukup dikenal di wilayah kabupaten Kebumen tempat dimana dia tinggal. Khususnya dikalangan instansi dan perkantoran.

Dan ternyata benar intuisi Ika. Beberapa pelanggannya sependapat dengannya. Masakan ibunya rasanya sangat enak. Belum lagi masalah harga. Ika tidak mematok harga yang mahal, mengingat kota di mana ia tinggal adalah kota kecil. Menurut para pelanggannya, harga catering milik Ika relatif murah. 

Untuk pesanan nasi box, harga yang ia patok berkisar antara 7 sampai 12 ribu rupiah untuk pesanan standar. Katering Ika juga melayani pesanan snack atau makanan kecil dengan harga berkisar antara 3 sampai 4 ribu untuk setiap dusnya. Itu untuk pesanan standar. Harga bisa bervariasi, tergantung permintaan konsumen.

Lalu langkah-langkah apa saja yang harus dipersiapkan dalam bisnis rumahan modal kecil untung besar ini? Well, dalam memulai usaha di bidang apapun termasuk di antaranya bisnis katering, hal pertama yang harus Anda siapkan adalah mental.

Di awal usaha bahkan seterusnya, Anda akan mendapati berbagai macam hambatan psikologis seperti rasa malu, takut gagal, tidak bisa berjualan, takut ditolak calon konsumen dan sebagainya. Jadi persiapkan mental baja Anda. Hanya saja makin lama hambatan tersebut makin berkurang.

Setelah itu menyiapkan produk Anda. Masalah-masalah teknis yang menyangkut seluk beluk operasional catering harus Anda persiapkan dengan rapi. Selain itu, walaupun Anda tidak jago memasak, Anda juga harus mengerti benar tentang masakan. Seperti apa masakan western, seperti apa chinese food, apa kunci di masakan nusantara dan lain sebagainya.

Dengan Anda mengetahui seluk beluk makanan, Anda akan bisa mengarahkan juru masak Anda jika ternyata mereka keliru dalam memperisapkan masakan. Kemudian persiapan selanjutnya adalah kelengkapan operasional usaha, yaitu tersedianya sarana dan prasarana. Pengertian tersedianya sarana dan prasarana tidak harus membeli.

Akan bagus jika Anda memiliki sendiri peralatan memasak dan yang sejenisnya. Tetapi jika di awal Anda kesusahan modal, Anda bisa memproleh semuanya dengan cara meminjam atau menyewa. Pasti ada salah satu ibu-ibu di sekitar rumah Anda punya alat memasak yang lengkap seperti mesin giling bumbu misalnya. Setelah usaha Anda berjalan, barulah sisihkan sedikit demi sedikit keuntungan Anda untuk membeli peralatan katering.

Setelah kelengkapan operasional terpenuhi, langkah selanjutnya adalah menghitung penggunaan modal kerja dari bisnis rumahan modal kecil hasil besar ini. Jika sudah Anda hitung, segera Anda bangun relasi yang luas agar kebutuhan modal kerja tidak terlalu besar. Maksudnya gimana? Apa hubungannya membangun relasi dengan kebutuhan modal kerja?


Contohnya seperti kebutuhan pembelian bahan baku misalnya. Apabila Anda punya relasi yang bagus, Anda bisa rundingkan cara-cara pembayaran dengan model bayar mundur. Kemudian jika ternyata ada yang harus bayar tunai, Anda Anda bisa gunakan uang muka pemesanan.

Cuman, Anda harus tetap menyediakan cadangan dana karena beberapa pembayaran yang tidak mungkin bisa diundurkan. Bahasan selanjutnya adalah masalah pemasaran. Sudah menjadi kelaziman bahwa usaha catering bekerja berdasarkan pesanan. Kegiatan produksi dimulai apabila pesanan telah diterima.

Tanpa pesanan, bisnis rumahan yang menguntungkan ini tidak bisa bekerja. Nah, jelas ada uang yang berhenti, karena Anda bukan usaha toko kelontong yang harus siap stok barang yang banyak. Anda bisa menyewa tenaga marketing untuk memasarkan catering Anda. Penuhilah biaya akomodasi saja seperi bensin dan perwawatan motor. Sisanya, bayar berdasarkan komisi saja.

Selain itu Anda juga bisa gunakan marketing online. Di web ini sudah banyak bahasan mengenai internet marketing. Silahkan Anda buka-buka lagi arsip Dokter Bisnis [.] net, niscaya Anda akan temukan artikel mengenai web dan pemasaran online.

Kemudian perhatikan lokasi bisnis Anda. Anda bisa menggunakan bagian rumah Anda untuk memulai usaha catering, seperti yang dilakukan Ika atau bagian rumah yang mudah akses jalannya agar untuk aktifitas memasak.

Apabila sudah berkembang, segera sewa tempat yang lebih kondusif. Sifat usaha katering adalah memburu pasar dimanapun juga. Jadi cari tempat yang strategis dan usahakan jangan sampai menganggu lingkungan di sekitarnya.

Khusus tips untuk mencari lokasi usaha yang strategis, usahakan lokasi yang Anda target ada jalan yang bisa dilalui mobil. Sebab mobil inilah yang akan menjadi ujung tombak Anda dalam mengangkut masakan Anda. Jangan sampai pelanggan Anda lari hanya karena Anda tidak bisa mendistribusikan pesanan pelanggan dengan baik.

Well, sepertinya sudah lengkap penjelasan saya mengenai bisnis rumahan menguntungkan dengan modal kecil ini. Sekarang saat Anda mengetahui seperti apa simulasi keuntungan bisnis katering murah ini.

Estimasi 1x Pesanan Untuk Partai Kecil Harga Saat Ini

PEMASUKAN PER PESANAN :

  • Snack : 200 x Rp 5.000,00 = Rp. 1.000.000,00
  • Nasi box : 200 x Rp 14.000,00 = Rp. 2.800.000,00
  • Total pemasukan : Rp. 3.800.000,00

PENGELUARAN PER PESANAN :

  • Belanja bahan baku snack : Rp. 750.000,00
  • Belanja bahan baku nasi box : Rp. 1.200.000,00
  • Biaya operasional : Rp. 300.000,00
  • Komisi Marketing : 5% x Rp. 3.800.000,00 = Rp. 190.000,00
  • Total pengeluaran : Rp. 2.250.000,00

KEUNTUNGAN PER PESANAN :

  • Laba bersih per pesanan : Rp. 3.800.000,00 – Rp. 2.250.000,00 = Rp. 1.550.000,00

Estimasi 1 bulan 5x Pesanan

PEMASUKAN PER BULAN :

  • Pemasukan : Rp. 1.550.000,00 x 5 kali = Rp. 7.750.000,00

PENGELUARAN PER BULAN :

  • Bensin Salesman : Rp. 8.000,00 x 26 hari = Rp. 208.000,00
  • Perawatan Motor : Rp. 100.000,00
  • Uang Makan Salesman : Rp. 12.000,00 x 26 hari = Rp.312.000,00
  • Bonus Target Bulanan: Rp. 130.000,00
  • Biaya Internet Marketing : Rp. 500.000,00
  • Biaya Sewa Ruko : Rp. 1.000.000,00
  • Total Pengeluaran : Rp. 2.250.000,00

KEUNTUNGAN PER BULAN :


  • Laba bersih per bulan : Rp. 7.750.000,00 – Rp. 2.250.000,00 = Rp. 5.500.000,00

Dari simulasi di atas, lumayan kan pendapatan dari contoh bisnis rumahan yang menguntungkan usaha katering di atas? Kalau Anda tertarik, tidak ada salahnya mencoba. Yang penting rancang bisnis plan Anda dan perkuat mental pengusaha Anda. Selamat mencoba !!

(sumber gambar artikel bisnis rumahan yang menguntungkan : nungcecatering.blogspot.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

One Comment

  1. Sekolah Chef Koki

    September 14, 2016 at 11:37

    yummy.. cbisnis catering juga sangat menjanjikan ya.. apa lagi kalau masakannya enak2..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *