Langkah Awal Memulai Usaha Agar Anda Sukses Berbisnis (Part 1)


By on August 13, 2015

Sebenarnya apa sih langkah awal memulai usaha? Jika Anda sedang mencari jawaban dari pertanyaan tersebut, saya pastikan di benak Anda pasti berisi pertanyaan-pertanyaan yang berbau teknis bisnis. Iya nggak?

Sayangnya, kali ini saya tidak akan membahas teknis langkah awal memulai usaha. “Lho… kok gitu om? Nggak seru lah. Kalau motivasi bisnis mah, sudah basi. Yang lain dong !!”… Ya, saya bahas yang lain. Tapi sekali lagi, bukan masalah teknis.

Kenapa saya ngotot tidak mau membahas teknis langkah awal memulai usaha? Karena sudah banyak orang belajar dan tahu banyak tentang teknis bisnis tetapi mereka berhenti di tengah jalan. Berapa banyak orang yang belajar dengan saya tentang teknis bisnis online, tetapi ujung-ujungnya mandeg.

Saya bukannya pelit. Atau saya kehabisan materi buat nulis tentang teknis langkah awal memulai usaha. Nggak percaya? Coba baca artikel saya tentang bisnis apa ya … saya kasih langkah memulai usaha step by step.

Kemudian jika Anda ingin buka usaha jus misalnya. Salah satu langkah memulai bisnis di awal adalah membeli peralatan usaha. Artikel tentang mesin cup sealer saya sharingkan kepada Anda dengan detail, lengkap dengan video tutorial penggunaannya. Belum lagi artikel-artikel lainnya tentang pemasaran.

Cuman masalahnya, teknis bisnis itu hanya 5%. Sisanya yang 95% adalah impian dan sikap. Persis seperti “slogan-slogan” bisnis MLM. Impian itu bukan mimpi. Impian itu adalah sesuatu yang Anda inginkan dan sedang Anda upayakan.

Kalau mimpi ya cuman mimpi. Sesuatu yang Anda inginkan tapi tidak Anda jalani prosesnya. Makanya impian itu “saudara dekat” dengan sikap… sikap Anda dalam menggapai impian itu. Apakah Anda teacheble, positif thingking, bekerja keras, atau sebaliknya.

Hanya saja, kata “impian” itu terkesan duniawi. Jadi biar Anda nggak salah paham, saya yakinkan kepada Anda bahwa saya tidak mendorong Anda untuk punya impian setinggi langit untuk masalah dunia. Karena dunia ini fana dan semu.

Lalu gimana caranya agar topik langkah awal memulai usaha, kata “impian” serta masalah dunia yang semu itu tadi saling bersinergi? Pertanyaan yang bagus… dan untuk itulah artikel ini dibuat, he..he..he.. Akan saya jawab.

Langkah awal memulai bisnis agar Anda sukses dan tidak berhenti ditengah jalan walaupun diterjang badai hambatan adalah berdoa kepada Allah SWT, kemudian Anda harus segera menemukan apa alasan pribadi Anda untuk memulai bisnis.

Hal ini penting untuk memahami apa motivasi pribadi Anda dalam berkeinginan untuk membangun bisnis sehingga Anda tidak menunda untuk memulai bisnis Anda. “Okay om… saya sepakat bahwa langkah awal memulai bisnis adalah dengan menemukan alasan pribadi. Alasan pribadi saya adalah bosan dengan pekerjaan saya.”

Sebentar… benar itu alasan Anda? Jangan-jangan itu hanya emosi sesaat? Banyak dari teman saya yang punya alasan seperti itu tetapi akhirnya ia kembali lagi ke pekerjaannya.

Melakukan rutinitas yang sama, masuk pagi pulang sore dan kembali mengeluh tentang bosannya dia dengan pekerjaannya dan berkata dengan lantang, “Saya mau keluar dan mulai membangun bisnis saya sendiri !!”… Lalu bagaimana cara mencari alasan tersebut?

Well, supaya Anda tidak terkena angin “emosi sesaat”, saya bantu dengan cara menjawab 12 pertanyaan di bawah ini. Tanyakan kepada diri Anda sendiri dan jawab dengan jujur ke-12 pertanyaan di bawah ini :

  1. “Apa yang saya inginkan untuk memiliki bisnis saya sendiri?”
  2. “Seberapa besar saya ingin memiliki bisnis saya sendiri?”
  3. “Pada tingkatan bisnis yang mana saya ingin bermain?”
  4. “Pada tingkatan yang seperti apa saya ingin mengembangkan diri saya untuk bisa membangun bisnis saya?”
  5. “Apakah saya bersedia meluangkan waktu untuk mempelajari entrepreneur sukses lainnya dan bisnis mereka?”
  6. “Apakah saya takut gagal?”
  7. Dapatkah saya mengubah rasa takut gagal saya menjadi kekuatan yang akan membantu saya mengarahkan dan membangun bisnis saya?”
  8. “Dapatkah saya belajar dari kesalahan saya?”
  9. “Dapatkah saya membangun sebuah bisnis, ataukah saya ingin bekerja sendiri?”
  10. “Apakah saya mau membayar harganya?”
  11. “Apakah saya mau mengorbankan waktu untuk mendapatkan imbalan kemudian?”
  12. “Apakah saya mau menunda imbalan finansial sampai bisnis sukses, ataukah saya memerlukan gaji?”

IMHO, menjawab ke-12 pertanyaan tadi adalah sebuah langkah awal memulai usaha yang benar. Sepertinya Anda tidak percaya ya? Hmmm… baiklah, saya akan terangkan mengapa 12 pertanyaan tadi adalah langkah awal membangun usaha yang tepat.

Di atas, saya sudah menyinggung masalah KEJUJURAN Anda dalam menjawab ke-12 pertanyaan tadi. Ingat… JUJUR !! Sekarang saya akan ambil contoh pertanyaan nomer 12, yaitu “Apakah saya mau menunda imbalan finansial sampai bisnis sukses, ataukah saya memerlukan gaji?”.

Anda tahu filosofi bisnis terkait gaji? Belum? Saya beritahu… Apa yang orang-orang tidak tahu tentang bisnis adalah : seorang pengusaha selalu membayar gajinya belakangan. Saya, 10 tahun lebih bergelut di dunia bisnis, selalu merasakan hal yang satu ini.

Begitu akhir bulan, setelah saya mendapatkan laporan keuangan, saya selalu membayar gaji semua karyawan saya terlebih dahulu. Dan repotnya, hampir 7 tahun membangun bisnis, tidak ada sisa pendapatan yang bisa saya ambil untuk membayar gaji saya.

Semua habis untuk operasional, pemasaran, gaji para karyawan serta yang lain-lain. Saya baru bisa membayar gaji saya dan partner bisnis saya untuk yang pertama kalinya pada awal tahun ke-8. Mau tahu berapa jumlahnya? 300 ribu rupiah !! Dan itu berlangsung dalam beberapa bulan.

Kembali ke pembahasan pertanyaan nomer 12 tentang langkah bisnis sukses, sanggupkah Anda membayar gaji Anda belakangan? Sanggupkah Anda meninggalkan “ZONA NYAMAN” Anda dimana Anda biasa merasakan keamanan finansial dengan mendapatkan gaji bulanan? Sanggupkah Anda bersabar untuk itu semua?

Ataukah Anda memutuskan untuk menggaji diri Anda terlebih dahulu dengan nominal yang sama seperti sewaktu Anda bekerja di perusahaan Anda sekarang? Mana sebenarnya yang Anda butuhkan? Gaji bulanan? Atau imbalan finansial setelah bisnis Anda sukses? Anda harus menjawabnya dengan jujur.

Well, dengan penjelasan di atas, masihkan Anda berminat untuk membangun bisnis Anda sendiri? Jika ya, saya akan lanjutkan pembahasan mengenai bagaimana cara memulai usaha ini di artikel Langkah Awal Memulai Usaha Bagian 2. Jangan sampai Anda tidak membacanya !!

Tapi itu kalau Anda masih berani dan masih lantang mengatakan “YA, SAYA TETAP INGIN MEMBANGUN BISNIS SAYA SENDIRI” lho ya… Kalau nggak juga nggak papa kok. Lanjutannya nggak perlu Anda baca, ho..ho..ho.. See you !!

(sumber gambar artikel cara memulai suatu usaha dan langkah memulai usaha : torquemag.io)

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan.So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya.Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

One Comment

  1. undip pujianto

    August 16, 2015 at 04:49

    sebuah artikel yang tidak hanya sekedar “membumi”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *