Langkah Awal Memulai Bisnis Agar Usaha Anda Berhasil (Part 2)

By on August 16, 2015
Langkah Awal Memulai Bisnis Agar Usaha Anda Berhasil (Part 2)

Anda masih membaca artikel tentang langkah awal memulai usaha yang kedua ini? Selamat, Anda sudah masuk ke tahap berikutnya. Sudah menjawab ke-12 pertanyaan kemarin di artikel langkah awal memulai bisnis bagian pertama kan?

Belum? Apa sudah? Kalau belum, balik lagi ya… Anda jawab dulu. Kalau sudah, mari kita teruskan. Setelah Anda menjawab ke-12 pertanyaan tadi, sekarang saatnya Anda melangkahkan ke depan dengan menjawab 6 pertanyaan di bawah ini :

  • “Apa kesuksesan terbesar Anda?”
  • “Apa kegagalan terbesar Anda?”
  • “Berapa lama Anda pernah bekerja tanpa dibayar?”
  • “Apakah Anda akan bekerja untuk perusahaan Anda tersebut bahkan kalau tidak dibayar?”
  • “Apakah keluarga dan teman Anda secara emosional mendukung bisnis Anda di bidang yang akan Anda bangun?”
  • “Apakah Anda mau melatih diri Anda sendiri dalam semua wilayah segitiga B-I?”

Pertanyaannya kelihatan sepele ya? Ya… jika Anda lihat sekilas. Tapi jika Anda cermati dan Anda jawab dengan sungguh-sungguh, pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang berat. Contohnya pertanyaan”Berapa lama Anda pernah bekerja tanpa dibayar?”.

Pertanyaan ini sangat erat kaitannya dengan langkah memulai bisnis baru. Anda… saya pastikan tentunya dengan ijin Allah, di tahun-tahun awal Anda merintis usaha, akan merasakan “pahitnya” bekerja tidak dibayar.

Saya, seperti yang saya ceritakan di postingan langkah awal memulai bisnis bagian pertama, 7 tahun tidak mendapatkan income dari bisnis yang saya bangun. Bisnis sabun, belum sampai untung… gagal. Bisnis lobster, ternyata masuk kategori “Monkey Business” seperti bisnis batu akik, gagal juga.

Pindah ke bisnis kepiting bakau, ditipu… gagal lagi. Coba bisnis udang galah… eh, Allah takdirkan gunung Merapi meletus sehingga semua aktifitas per-udang-an harus berhenti. Baru di bisnis toko mesin inilah, saya mulai merasakan imbalan finansial yang cukup… walhamdulillah !!

Nah, jawaban dari pertanyaan “Berapa lama Anda pernah bekerja tanpa dibayar?” sangat berkaitan dengan daya tahan Anda dalam membangun bisnis Anda. Semakin lama Anda pernah bekerja tidak dibayar, semakin bagus daya tahan Anda di dunia bisnis.

Mengapa? Karena tidak ada bisnis yang langsung bisa sukses dan bisa memberikan Anda “gaji bulanan” layaknya Anda bekerja di perusahaan orang. Anda mungkin tidak harus berdarah-darah seperti saya mengalami 7 tahun “bekerja tidak dibayar”.


Dengan bantuan internet, bisa jadi langkah Anda lebih pendek daripada saya. Di bisnis online, ada yang sukses dalam hitungan 2 tahun. Ada yang lebih pendek, 1 tahun lebih sedikit. Tetapi sepengetahuan saya, tetap saja sukses di bisnis itu tidak bisa Anda capai dalam hitungan hari atau bulan, walaupun itu bisnis online. Paham kan? 

Kemudian khusus terkait dengan pertanyaan ke-6, “Apakah Anda mau melatih diri Anda sendiri dalam semua wilayah segitiga B-I?”… ini butuh pembahasan lebih lanjut. Bisnis, menurut Robert Kiyosaki, terdiri dari 5 komponen yang saling bersinergi, yaitu arus kas, komunikasi atau pemasaran, sistem, hukum dan produk.

Kelima komponen tersebut dibalut dalam sebuah triangle yang dinamakan segitiga B-I. Gambarnya kira-kira seperti ini :

Cara Memulai Bisnis Kecil

Di sini, Anda dituntut untuk mempelajari semua hal tersebut. Itulah maksud dari pertanyaan : “Apakah Anda mau melatih diri Anda sendiri dalam semua wilayah segitiga B-I?”. Anda harus mempelajari cara membuat dan membaca laporan keuangan.

Anda harus tahu cara menghitung BEP, tahu cara pemasaran online dan pemasaran offline, bisa membuat SOP hingga paham dengan jenis badan usaha seperti Perseroan Terbatas, CV, Firma dan sebagainya. 

Cuman masalahnya, mempelajari segitiga B-I bukanlah perkara yang bisa Anda raih dalam hitungan hari. Butuh waktu yang cukup panjang. Dan berita buruknya, segitiga B-I adalah hal yang mutlak yang harus Anda kuasai jika Anda ingin bisnis Anda suskes !! Anda sanggup meluangkan waktu berbulan-bulan untuk mempelajari hal tersebut?

Makanya di atas sudah saya sebutkan, langkah awal membangun bisnis adalah menjawab 12 pertanyaan plus 6 pertanyaan lanjutan tersebut. Bukan masalah teknis. Teknis itu hanya 5% saja. Karena begitu motivasi plus niat Anda kuat, dengan sendirinya Anda akan berusaha menemukan seperti apa teknis langkah awal memulai bisnis… paham kan?


Well, dengan penjelasan di atas, Anda siap untuk menjawab semua pertanyaan yang berkaitan dengan langkah awal memulai bisnis di atas dengan JUJUR? Kalau iya, selamat !! Anda mungkin akan memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi seorang entrepreneur yang sukses

(sumber gambar artikel langkah awal memulai bisnis online shop, angkah awal memulai bisnis kuliner, angkah awal memulai bisnis catering, angkah awal memulai bisnis properti, angkah awal memulai bisnis sendiri : betanews.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *