Peluang Usaha yang Menjanjikan : Bisnis Jok Mobil dan Motor


By on September 14, 2015
Peluang Usaha yang Menjanjikan : Bisnis Jok Mobil dan Motor

Nggak di Jogja, nggak di Jakarta, nggak di Medan… macet semua jalannya. Gila emang penambahan kendaraan bermotor di Indonesia ini… Luar biasa !! Maju pesat, wkwkkwkwwk…

“Nyindir ya om?”. Dikit, he..he..he.. Tapi buat yang pintar melihat situasi dan kondisi, ada peluang usaha yang menjanjikan saat ini dengan kejadian macetnya jalan tadi lho. Kira-kira apa coba?

Bisnis jok mobil dan bisnis jok motor !! Benar kan? Apalagi sekarang kendaraan bermotor bukan hanya digunakan sebagai alat transportasi saja.

Mobil dan motor sudah “bertransformasi” layaknya “satria baja hitam” menjadi sebuah produk gengsi, kepuasan dan kenyamanan bagi si empunya. Makanya kalau Anda lihat di jalan-jalan, banyak anak muda bahkan orang tua me-modif mobil atau motornya dengan beragam aksesoris.

Salah satu bagian dari mobil dan motor yang paling sering di modif adalah jok mobil dan jok motor. Melihat kebiasaan inilah, om Zainal Abidin, seorang pengusaha asal Jogja berani untuk mengambil peluang usaha yang menjanjikan ini.

Dan sebuah kebetulan yang menguntungkan… om Zainal dulunya pernah bekerja bersama dengan kakaknya di sebuah perusahaan karoseri yang letaknya di Semarang. Jadi paling tidak Zainal sudah punya sedikit modal awal berupa pengetahuan tentang mobil.

Kemudian pada tahun 1989, om Zainal memutuskan untuk menjadi seorang wiraswastawan dan pindah ke kota Jogja… membuka bisnis jok mobil yang menurutnya adalah sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Cuma masalahnya, tahun-tahun segitu jumlah mobil belumlah banyak.

Sudah itu pemilik mobil masih “lurus-lurus” saja. Belum banyak yang ingin mobilnya “dineko-neko”. Jadinya om Zainal “berubah haluan” dari bisnis jok kulit mobil menjadi bisnis jok sepeda motor. Ide bisnisnya ternyata mak nyuss… bisnis jok motor miliknya direspon oleh masyarakat sangat baik.

Kemudian hari berganti dengan hari, tahun bulan dengan bulan, akhirnya pada tahun 1997, meledaklah permintaan jok mobil. Om Zainal yang jeli ini memutuskan untuk tidak menyia-nyiakan peluang usaha yang menjanjikan ini.

Ia kembali membuka usaha jok mobil tersebut tanpa meninggalkan usaha jok motor yang sudah ia dirikan selama ini dengan cara membaginya menjadi 2 perusahaan. “Surabaya Karya” untuk menangani bisnis jok motor dan “Gejayan Innova” untuk meng-handle usaha jok mobil barunya.

Lalu apa saja layanan dari bisnis sarung jok mobil dan bisnis sarung jok motor milik om Zainal ini ? Ada banyak. Ini nih beberapa di antaranya : 

  • Jok Motor Standar
  • Jok Mobil Standar KaroseriVariasi Motif
  • Double Stick (jahitan dobel)
  • Retro
  • Sofa

Dan dengan kelima layanan miliknya tersebut, om Zainal bisa mempunyai penjualan yang cukup lumayan. Untuk bisnis jok motor nya, ia mampu mendapatkan 10 hingga 15 order per hari. Sedangkan untuk permintaan jok mobil, rata-rata ia mendapakan 1 order per hari.

“Hmmm… lumayan juga ya dok. Terus gimana cara pembuatannya?” Begini… kita mulai dulu dari kebutuhan bahan baku. Kata beliau, bahan baku adalah hal yang paling utama. Jadi Anda harus perhatikan dengan sungguh-sungguh.

kalau menurut Om Zainal menggunakan bahan semi kulit sebagai bahan pelapis jok-nya. Untuk pelapis jok sepeda motor, om Zainal mengambil dari Surabaya. Ia bisa mendapatkan harga yang lebih murah daerah-daerah yang lain. Harganya terpaut 20 ribu hingga – 35 ribu rupiah.

Sedangkan bahan pelapis jok mobil ia peroleh dari dealer-dealer resmi di Jogja. Penjelasan rincinya sebagai berikut :

  1. Kebutuhan Bahan :
    • Sedan 6 -7 meter
    • MPV 9 -10 meter
  2. Harga Bahan Semi Kulit :
    • MBTech. Camaro : Rp. 65.00,- / meter
    • Carveiro : Rp. 35.000,- / meter
    • SPM Rp. 30.000,- / meter

Kemudian untuk proses produksinya, om Zainal tidak bekerja sendiri meskipun pembuatannya terbilang sederhana. Ia memutuskan untuk tetap menggunakan beberapa karyawan untuk membantunya.

Mau tahu seperti apa prosesnya? Prosesnya seperti ini… Setiap ada keluaran seri mobil terbaru, om Zainal segera membuat polanya pada sebuah kertas karton. Apa maksudnya dengan menggambar di atas karton?

Maksudnya adalah apabila nantinya ada permintaan dari konsumen, ia tinggal menggambar pola tersebut di atas bahan semi kulit yang telah ia siapkan. Dengan demikian om Zainal bisa memberikan pelayanan yang cepat dan maksimal. “1 hari jadi tanpa mengurangi kualitas”, katanya.

Kemudian ia menentukan jenis bahan, motif dan warna sesuai dengan permintaan konsumen. Dari pola-pola yang telah ia buat pada kertas karton tersebut, ia tinggal memilih mana yang diinginkan oleh konsumen kemudian ia gambar pada bahan semi kulit yang kemudian dilakukan pemotongan dan penjahitan alias pembuatan sarung jok.

Proses tersebut memakan waktu kurang lebih tiga sampai empat jam. Setelah sarung jok sudah “ready”, langkah selanjutnya adalah pemasangannya ke mobil. Pada proses pemasangan ini dibutuhkan teknik pengepresan yang benar.

Hal ini dilakukan supaya pelapis jok baru bisa menempel pada pelapis jok yang lama dengan sempurna sehingga terlihat sangat rapi. Waktu yang om Zainal butuhkan untuk menyelesaikan proses ini kira-kira 3 – 4 jam. 

Dan sekali lagi perlu Anda ketahui, sebagian besar pemilik mobil tidak melakukan pergantian jok. Mereka hanya butuh pelapisan jok tanpa mengganti dan merusak kulit pelapis jok yang lama. Jadi Anda tinggal menempelkan “sarung” jok Anda tersebut ke pelapis jok yang lama.

Mereka beralasan selain karena “kebutuhan” modifikasi, juga untuk melindungi kulit pelapis jok yang asli agar tidak cepat rusak dan kotor. Begitu… Dan alhamdulillah, kualitas hasil pengerjaan jok mobil dan motor buatan om Zainal di atas bisnis jok motor dan bisnis jok mobil lainnya.

Harganya pun cukup miring. Ia berani memasang harga dengan angka per mobilnya 300 – 500 ribu lebih murah dari harga di pasaran. Selain itu, ia juga menjamin bahwa bahan yang ia gunakan adalah bahan semi kulit produk yang asli. Komplit sudah nilai lebih dari peluang usaha yang menjanjikan untuk masa depan miliknya ini.

Menginjak ke pembahasan selanjutnya tentang peluang usaha yang menjanjikan bagi pemula ini adalah pangsa pasar. Untuk jok sepeda motor, om Zainal mentargetkan masyarakat umum. Ini bisa dilihat dari banyaknya motor yang “bertebaran” di jalan raya rata-rata adalah milik pribadi.

Berbeda dengan konsumen untuk layanan jok mobil. Mayoritas dari mereka adalah pengusaha rental mobil yang punya unit hingga 20 mobil. Inilah target pasar utama om Zainal. Baru kemudian ia membidik instansi pemerintah dan swasta sebagai “buruan selanjutnya”.

Bagaimana dengan masyarakat umum. Mungkin untuk tambah-tambah kali ya, ha..ha..ha.. Wel, patokan harga yang ia tetapkan adalah sebagai berikut :

  • Sepeda Motor : Rp. 25.000,- hingga Rp. 40.000,- / motor
  • Sedan : Rp. 650.000,- hingga Rp. 1.200.000,- / mobil
  • MPV : Rp. 850.000.- hingga Rp. 1.400.000,- /mobil

Wokeh, mari kita hitung bagaimana simulasi keuntungan per bulan dari peluang usaha yang menjanjikan di masa depan, bisnis jok motor dan bisnis jok mobil…

BAHAN BAKU :

  • Bahan baku jok motor : 450 buah x Rp. 25.000,00 = Rp. 11.250.000,-
  • Bahan baku jok mobil : 30 x 10 meter x Rp. 45.000,00 = Rp. 13.500.000,-
  • Total Bahan Baku : Rp. 24.750.000,-

KARYAWAN :

  • Karyawan untuk handle jok motor : 4 orang x Rp. 1.250.000,- = Rp. 5.000.000,-
  • Karyawan untuk handle jok mobil : 1 orang x Rp. 1.750.000,- = Rp. 1.750.000,-
  • Total Tenaga Kerja : Rp. 6.750.000,-

LAIN-LAIN :

  • Listrik : Rp. 200.000,-
  • Air : Rp. 100.000,-
  • Perlengkapan jahit : Rp. 700.000,-
  • Total Biaya Lain-lain : Rp. 1.000.000,-

TOTAL PENGELUARAN :

  • Rp. 24.750.000,- + Rp. 6.750.000,- + Rp. 1.000.000,- = Rp. 32.500.000,-

PENDAPATAN :

  • Jasa pembuatan jok motor : 450 buah x Rp. 37.500,- = Rp. 16.875.000,-
  • Jasa pembuatan jok mobil : 30 buah x Rp. 900.000,00 = Rp. 27.000.000,-
  • Total Pendapatan : Rp. 16.875.000,- + Rp. 27.000.000,- = Rp. Rp. 43.875.000,-

KEUNTUNGAN :

  • Rp. 43.875.000,00 – Rp. 32.500.000,00 = Rp. 11.370.000,-

Menggiurkan kan peluang usaha yang menjanjikan di atas? Di atas 10 juta rupiah per bulan lho pendapatan dari bisnis jok mobil dan bisnis jok motor ini. Lebih besar dari gaji manager, ha..ha..ha.. Tapi ya jangan lihat enaknya thok… lihat juga susahnya membangun bisnis. Kalau cuman enaknya thok, semua orang juga mau jadi pengusaha dong, ha..ha..ha..

(sumber gambar artikel peluang usaha yang menjanjikan di tahun 2015 : peluang bisnis jok mobil, usaha jok kulit mobil, usaha jok sepeda, peluang bisnis jok motor :  bicaraotomotif.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *