Mau Tahu Pengertian Joint Venture? Joint Venture Adalah …


By on September 17, 2015
Mau Tahu Pengertian Joint Venture? Joint Venture Adalah ...

Sepertinya banyak yang ingin tahu arti joint venture ya? Saya lihat di keyword planner, kata kunci joint venture adalah, pengertian joint venture sampai arti joint venture dan definisi joint venture banyak pencarinya.

Well, meskipun dari kacamata orang yang baru membangun bisnis pertamanya pengertian joint venture, joint venture adalah, definisi joint venture dan arti joint venture belum terlalu penting, tetap ada baiknya kalau saya terangkan kepada Anda.

Tujuannya ada dua. Pertama, supaya Anda dan saya sama-sama menambah wwasan tentang apa itu joint ventures. Kedua, supaya traffic di blog saya ini meningkat. Lha pencari artikel ” joint venture ” adalah banyak banget. Pesaingnya sedikit lagi. Kan sayang, wkwkwkwkwkwk…

Stop dulu ketawanya. Balik lagi ke pengertian joint venture. Apa itu joint venture? Joint venture adalah bentuk kerjasama antara beberapa perusahaan yang berasal dari beberapa negara menjadi satu perusahaan untuk mencapai konsentrasi kekuatan-kekuatan ekonomi yang lebih padat.

Bingung ya dengan “bahasa planet” di atas? Kalau bingung, saya kasih pengertian joint venture yang lebih “membumi” dan lebih “modern”. Intinya joint venture adalah seperti ini :

Semua bentuk kerjasama antar perusahaan dapat ditampung ke dalam bentuk usaha joint venture tanpa memandang besar kecilnya modal, kekuasaan ekonomi ataupun lokasi dari masing-masing partner yang bersangkutan.

Jadi Anda sekalipun baru “icik-icik” bisnisnya, seyogyanya tetap harus tahu pengertian joint venture di atas. Lha siapa tahu tiba-tiba ada perusahaan besar yang ingin mengajak Anda joint gara-gara produk Anda “maut bin ganas” misalnya. Sayang kalau Anda lewatkan kan?

Atau jangan-jangan bisnis Anda yang sudah besar? Jadinya bukan cari partner perusahaan besar buat joint venture, tapi cari perusahaan kecil luar negeri mana yang mau Anda joint-in, ha..ha..ha.. Cuman ada beberapa hal yang harus Anda ingat ya…

Well, meskipun terkesan joint venture menyenangkan, ada sisi buruknya juga. Apa itu? Yaitu timbulnya masalah-masalah terkait perbedaan kebiasaan-kebiasaan perusahaan. Misalnya perusahaan Anda biasa menetapkan syariat Islam dengan tidak boleh memberikan minuman beralkohol, perusahaan luar negeri yang akan Anda ajak joint venture membolehkan hal tersebut.

Atau misal perusahaan luar negeri tidak membolehkan cuti “rapelan” lebih dari 2 minggu, di perusahaan Anda boleh melakukan hal tersebut. Selain itu, perundang-undangan antar negara juga bisa menghambat proses lancarnya perusahaan joint venture. Lha wong hukum antar kabupaten aja bisa berbeda, apalagi antar negara.

“Hmmm… begitu ya dok. Terus apalagi kesulitan-kesulitan lainnya?”. Ada banyak… seperti masalah pemindahan modal perusahaan serta barang dan jasa-jasa pada tingkat internasional atau perbedaan politik ekonomi moneter pada masing-masing negara asal dari perusahan-perusahaan yang mengadakan joint venture tersebut.

“Oke dok. Lalu apalagi yang harus saya perhatikan selain pengertian joint venture di atas beserta kerumitan-kerumitannya?”.  Masalah bentuk perusahaan Anda. Menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1967 tentang Penanaman Modal Asing (UUPMA), perusahaan joint venture harus memiliki bentuk hukum Perseroan Terbatas (PT).

Jadi bagi Anda yang dulu pernah membaca artikel saya tentang cara mencari investor asing, Anda harus patuhi UUPMA di atas, okay? Bagaimana dengan penjelasan saya di atas mengenai joint venture adalah, pengertian dari joint venture, arti joint venture, joint venture company adalah dan definisi joint venture ini? Mudah Anda cerna kan?

So, kesimpulannya seperti ini : perusahaan joint venture di indonesia lebih dikenal sebagai bentuk kerjasama perusahaan domestik dengan perusahaan-perusahaan asing. Dalam manajemennya, perusahan joint venture dipimpin oleh dewan direktur yang dipilih oleh para pemegang saham.

Okay, saya kira cukup sudah penjelasan mengenai apa itu perusahaan joint venture ini. Selamat beraktifitas…

(sumber gambar artikel joint venture adalah, pengertian joint venture, arti joint venture, definisi joint venture : marriagehelp.org)

Artikel Sebelumnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *