Cara Membuat Proposal yang Baik : Jelaskan Strategi Marketing Anda !!


By on October 11, 2015
Cara Membuat Proposal yang Baik : Jelaskan Strategi Marketing Anda !!

Pada artikel cara membuat proposal yang baik sebelumnya, saya sudah menyinggung tentang seksi “Gambaran Umum Perusahaan” serta “Strategi Iklan” yang Anda gunakan.

Di artikel tersebut saya menjelaskan secara rinci tentang bagaimana caranya menulis strategi iklan yang benar sekaligus memberikan penjelasan secara singkat seperti apa perusahaan Anda.

Sekarang saya akan jelaskan kepada Anda tentang bagaimana cara membuat proposal yang baik seksi “Gambaran Umum Strategi Pemasaran” sekaliagus apa pentingnya membuat bagian tersebut.

Wokeh, Anda sudah siap? Mari kita langsung menuju Te Ka Pe !! Pembahasan yang pertama, contoh cara membuat proposal usaha yang baik dan benar bagian “Gambaran Umum Strategi Pemasaran”…

GAMBARAN UMUM STRATEGI PEMASARAN

Pemasaran perusahaan yang akan kami lakukan dikerjakan secara bertahap. Pertama, taktik pemasaran yang akan kami “tempuh” adalah menggunakan pemasaran internet dengan menitikberatkan pada pemasangan iklan menggunakan media Google Adwords.

Langkah ini kami ambil karena website kompetitor utama kami telah menguasai halaman awal mesin pencari Google untuk kata kunci-kata kunci yang masuk dalam kategori “buying stage”.  Kami butuh waktu untuk membuat website perusahaan bisa menggeser posisi website pesaing di halaman pertama mesin pencari Google.

Untuk itulah langkah awal strategi pemasaran kami dititikberatkan pada penggunakan iklan Google Adwords sehingga situs kami bisa langsung dilihat calon konsumen di halaman awal mesin pencari Google.

Selain itu perusahaan juga akan menayangkan iklan di portal jual beli indonetwork.co.id, olx.com serta portal-portal jual beli sejenis karena selama ini banyak konsumen kami berasal dari situs-situs jual beli tersebut.

Kemudian lini produk yang akan kami iklankan baik di situs-situs jual beli maupun di iklan Google Adwords tersebut adalah jam tangan dengan kisaran harga Rp. 150.000,- hingga Rp. 1.500.000,-. Dasar pertimbangan pemilihan produk tersebut adalah hasil riset telah kami lakukan menggunakan Google Trend bahwa jam tangan dengan harga kisaran di atas banyak di cari orang.

Setelah pemasaran internet tersebut berjalan, tahap selanjutnya adalah pemasaran secara offline. Kami berencana untuk menampilkan iklan di surat kabar harian terkenal di wilayah Jogja dan sekitarnya. Alasan utama kami terkait hal di atas adalah untuk menjangkau pasar lokal yang mereka notabene masih bisa menjangkau toko kami.

Ketiga, fokus utama dari perusahaan adalah menargetkan konsumen yang berada di wilayah sekitar Jogja terlebih dahulu. Alasan utama mengapa kami menargetkan wilayah tersebut adalah disamping karena dekat dengan toko kami, persaingan di wilayah tersebut tidak berat. Selama ini kompetitor bisnis kami utama kami bermain di wilayah Bandung, Bogor, Malang, Surabaya dan DKI Jakarta.

Dengan strategi pemasaran di atas, kami berharap bisa melakukan penjualan kontinyu dengan jumlah jam tangan di atas 150 buah per bulannya keuntungan bersih minimal 10 juta rupiah per bulan. Sedangkan untuk tahun kedua dan ketiga, kami akan menambah lini produk yang lebih banyak dengan model dan harga yang lebih bervariasi.

Dengan perpaduan pemasaran online dan offline tersebut diharapkan perusahaan akan mampu melakukan penjualan jam tangan di atas 250 buah per bulannya dengan keuntungan bersih minimal 20 juta rupiah per bulan pada tahun kedua dan ketiga.

Kemudian yang kedua, mengapa membuat gambaran umum strategi pemasaran di dalam cara membuat proposal yang baik sangat penting.

Well, calon investor bisnis Anda adalah orang yang super sibuk. Dan “clue” ini harus Anda “pegang” dan Anda ingat selalu. Mereka bisa membaca seluruh proposal Anda jika Anda memberikan sebuah “pandangan” baru yang menarik bagi mereka.

Dan salah satunya adalah dengan membuat “Gambaran Umum Strategi Pemasaran”. Jika Anda bisa membuat bagian tersebut sedemikian rupa sehingga mampu “memenangkan” hati mereka, investor akan tertarik untuk membaca kesuluruhan strategi pemasaran Anda.

Berita baiknya, bagian rencana pemasaran adalah salah satu bagian yang bisa MEMBUAT INVESTOR ANDA YAKIN untuk menanamkan modalnya kepada Anda. Apa sebabnya? Seperti penjelasan tentang artikel cara membuat proposal yang baik yang sudah-sudah, rencana pemasaran yang jitu akan membuat calon investor tahu bahwa bisnis Anda akan berjalan.

Mereka tahu bahwa Anda bisa menjual produk atau jasa Anda di mana tidak semua orang mampu untuk melakukannya dengan baik. So, bagaimana mungkin mereka akan tertarik untuk menanamkan modal mereka jika mereka tidak membaca kesuluruhan rencana pemasaran Anda? Padahal Anda “jago” dalam bidang marketing.

Maka dari itu, cara membuat proposal usaha yang menarik salah satunya adalah dengan membuat gambaran umum strategi pemasaran Anda dengan singkat, padat, jelas dan langsung kepada inti permasalahan.

Anda paham kan dengan penjelasan saya ini? Well, jika Anda sudah paham, praktekkan sekarang juga cara membuat proposal bisnis yang baik ini. Pelajari contoh cara membuat proposal yang baik di atas dan kembangkan serta sesuaikan dengan jenis dan tipe bisnis Anda.

Semoga bahasan saya tentang cara membuat proposal bisnis yang benar ini sedikit bisa membantu Anda dalam membuat proposal yang bisa meyakinkan investor Anda. Salam sukses, sampai bertemu kembali di artikel selanjutnya…

(sumber gambar artikel cara membuat proposal bisnis yang benar, cara menyusun proposal usaha yang baik, cara membuat proposal yang baik : www.banjirpelanggan.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *