Pengertian Omset Penjualan dan Apa Itu Profit, Cash dan Free Cash


By on October 11, 2015
Pengertian Omset Penjualan dan Apa Itu Profit, Cash dan Free Cash

Seorang pengusaha haruslah tahu tentang apa itu profit, pengertian omset penjualan serta perbedaan cash dengan free cash. Siapapun Anda dan apapun jenis usaha Anda, tidak ada pengecualian.

Mau bisnis Anda adalah distributor produk herbal, pengembang rumah, produsen oleh-oleh bahkan sampai broker pun, Anda wajib tahu tentang pengertian omset penjualan, profit, cash dan free cash.

Pertanyaannya sekarang adalah kenapa kita harus tahu apa pengertian dari omset penjualan? Apa itu profit? Apa bedanya cash dengan free cash? Bukankah semua itu tidak begitu penting?

Kalau toh penting, hampir semua orang tahu tentang hal tersebut. Iya kan? Jawaban untuk pertanyaan yang pertama adalah untuk mengetahui “keuntungan bersih” dan “keuntungan kotor”. Dan dengan mengetahui dengan DETAIL perbedaan antara keuntungan bersih dengan keuntungan kotor, Anda akan terhindar dari pemborosan dan kebangkrutan.

Masalah yang penting kan? “Boros” dan “Bangkrut” itu kalau dalam usaha saling berkaitan. Makanya Anda diwajibkan untuk tahu hal-hal tersebut di atas. Sedangkan jawaban untuk pertanyaan yang kedua… Oo, belum tentu !!

Banyak dari para pengusaha pemula tidak tahu dengan benar “makna” dari pengertian omset penjualan, profit, cash dan free cash. Mereka hanya mengira-ira, “Oo… omset tuh kayaknya seperti ini” dan bla..bla..bla.. Jangan-jangan Anda termasuk dalam “golongan mereka”. Semoga tidak…

Wokeh… sudah cukup rasanya paragraf pembukaan saya tentang pengertian omset penjualan, apa itu profit, cash dan free cash. Saatnya masuk ke pembahasan utama… Yang pertama, pengertian omset penjualan. Apa itu omzet penjualan?

Omzet adalah semua jumlah uang yang yang Anda hasilkan dari penjualan dalam jangka waktu tertentu dan jumlah uang tersebut belum Anda kurangi dengan biaya HPP dan Expense. HPP di sini bisa berarti Harga Pokok Penjualan atau Harga Pokok Produksi, tergantung apa jenis usaha Anda.

Kalau biaya expense Anda tahu kan? Contoh biaya expense itu gaji pegawai, tagihan listrik, biaya pasang iklan, beli perlengkapan kantor dan sebagainya. Saya pikir Anda sekarang pasti sudah tahu dan sudah punya bayangan tentang pengertian omset penjualan. Mari beranjak ke topik yang kedua, apa itu profit.

Profit adalah jumlah uang yang Anda dapat dari hasil penjualan dalam jangka waktu tertentu tetapi sudah Anda kurangi dengan biaya-biaya yang sudah saya sebutkan di atas tadi. Jadi rumus dari profit itu seperti ini… Profit = Hasil Penjualan – (HPP + Expense).

Cuman masalahnya, profit itu hanyalah laporan di atas kertas saja. Artinya apa? Artinya profit masih harus Anda ubah lagi menjadi Cash dan menjadi Free Cash. Dan kembali saya tegaskan, kebanyakan pengusaha pemula tahunya profit itu sama dengan keuntungan. Kalau keuntungan berarti profit itu berupa uang tunai. Tidak demikian !!

Sekali lagi saya tegaskan, profit itu hanyalah laporan keuangan saja.  “Lalu uang tunainya yang mana om? Kok saya jadi bingung?”… Nah, topik selanjutnya ini akan menjawab pertanyaan Anda, yaitu apa itu cash.

Cash adalah uang yang benar-benar Anda terima dan masuk ke rekening bisnis Anda. Dan uang tersebut adalah hasil dari penjualan bisnis Anda yang sudah Anda kurangi dengan seluruh biaya pengeluaran perusahaan Anda. Terjawab sudah kan beda profit dengan cash?

Tapi bentar dulu, cash di sini tidak bisa Anda “nikmati” seluruhnya. Bisa-bisa bisnis Anda kolaps dan tidak bisa beroperasi lagi. Tetapi seyogyanyalah cash ini juga tidak Anda “putar” seluruhnya. Anda kan perlu makan, minum atau beli buku sekolah untuk anak Anda kan?

So, cash itu harus Anda bagi menjadi dua, yaitu :

  1. Cash itu sendiri yang nantinya Anda putar kembali untuk berbisnis.
  2. Dan free cash atau yang biasa orang sebut income.

Nah, di sinilah hal terpenting yang harus Anda ketahui. Apa itu? Yaitu “hakekat” dari free cash. Dan inilah tujuan utama mengapa Anda berbisnis… menikmati FREE CASH. Apa itu free cash? Free cash adalah uang yang Anda dapatkan dari penghasilan bisnis Anda yang sudah dikurangi HPP, biaya expense dan tentu saja sudah Anda kurangi dengan cash.

So, free cash adalah uang yang bisa Anda nikmati untuk kepentingan pribadi, keluarga maupun orang lain yang semuanya tidak “terlibat” dengan keuangan bisnis Anda. Free cash murni hasil dari bisnis Anda. Dengan free cash Anda bisa membeli apa yang Anda suka.

Mau beli motor… bisa. Mau beli gadget terbaru… bisa. Bahkan mau beli mobil baru… bisa !! Asal free cash Anda cukup tentunya, ha..ha..ha.. Nah, sekarang Anda paham kan apa itu pengertian omset penjualan, apa itu profit, apa itu cash dan apa itu free cash?

Kalau sudah, mulai sekarang, terapkan teori keuangan di atas. Insyaa Allah dengan membagi keuangan bisnis Anda sedemikian rupa, bisnis Anda akan terus berjalan dan free cash flow Anda akan semakin “terlihat jelas” dan menyenangkan, ha..ha..ha..

(sumber gambar artikel pengertian omset penjualan, apa itu profit margin, profit adalah : parkwayucc.org)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

2 Comments

  1. Jaya Budi

    November 20, 2016 at 09:23

    Jadi omset itu keseluruhan hasil penjualan. Semisal dalam sebulan mampu menjual t-shirts 100pcs dan per pcs harga 100,000 jadi omset per bulan 10jt, apa benar demikian ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *