Tujuan Proposal Usaha Adalah Ini… Anda Baca Ya

By on October 11, 2015
Tujuan Proposal Usaha Adalah Ini... Anda Baca Ya

Masih membahas artikel tentang proposal bisnis dan semoga om dan tante tidak bosan. Sebentar… bingung saya nulis paragraf pembukanya.

Intinya sih menjawab pertanyaan tentang tujuan proposal usaha dibuat. Tapi bingung mulainya darimana. Om dan tante bisa bantu?

Pasti nggak ya? Ya jelas lah, wong om dan tante pembaca, saya yang nulis. Gimana mau bantu, wkwkkwkwwk…

Dan sepertinya tanpa sengaja, paragraf pembuka artikel tentang tujuan proposal usaha dibuat sudah terbuat dengan sendirinya. Itu tuh… sudah empat paragraf. Mantabs punya kan, hua..ha..ha.. Sekarang saya sudah tidak pusing lagi dengan kalimat pembukanya.

Well, tujuan proposal usaha sebenarnya sudah pernah saya bahas di awal-awal saya menulis blog bisnis dan investasi ini. Setidaknya ada 3 tujuan proposal usaha dibuat.

  1. Sebagai pedoman kemana bisnis Anda nantinya akan berjalan.
  2. Untuk mendokumentasikan pendanaan bisnis Anda.
  3. Agar Anda bisa bekerja di pasar luar negeri.

Tetapi sebenarnya ada lagi beberapa tujuan proposal usaha yang belum saya sampaikan di artikel yang terdahulu. Penyebabnya bukan apa-apa, saya tahunya belakangan. Jadi baru bisa sekarang nulisnya, wkwwkwkwkwkkw…

Jadi, manfaat proposal bisnis adalah :

  1. Untuk mendekati investor seperti investor penyandang dana atau kapitalis ventura agar mereka mau menanamkan modalnya ke bisnis Anda.
  2. Untuk membangun bisnis baru. Anda butuh membuat proposal usaha yang isinya adalah semua rencana-rencana ke depan bisnis Anda.
  3. Untuk memperluas bisnis Anda. Sama dengan poin kedua, perluasan bisnis butuh rencana-rencana yang harus tertuang ke dalam sebuah proposal bisnis.
  4. Sebagai laporan pada manajemen mengenai rencana departemen atau tim.
  5. Untuk menetapkan tujuan, mensosialisasikan dan memotivasi anggota tim atau karyawan. Semua rencana dan ide Anda untuk memajukan bisnis akan menyemangati mereka. Dan semuanya itu tertuang dalam sebuah proposal bisnis.
  6. Memasuki persaingan bisnis.
  7. Merencanakan strategi dan arah perusahaan Anda.

Seperti itu kira-kira tujuan proposal usaha dibuat. “Eh… bentar dok. Masak iya proposal bisnis dibuat untuk semua tujuan di atas? Bukannya terlalu lebay dok. Ini cuman proposal gitu loh… Cuman buat mendapatkan modal atau dana usaha. Benar kan dok?”.


Nah, itu adalah sebuah pemahaman yang salah kaprah. Proposal usaha itu bukan hanya itu. Proposal usaha itu SAMA DENGAN RENCANA BISNIS. Jadi saat Anda membuat proposal usaha, Anda tidak boleh “memasukkannya kembali ke dalam laci” saat proposal usaha tidak digunakan.

“Lho dok, apa maksudnya dengan memasukkan proposal ke dalam laci dok?”. Maksudnya adalah Anda berhenti menulis proposal usaha. Dan itu yang kebanyakan dilakukan oleh pebisnis pemula. Mereka tidak memperbarui proposal bisnis mereka saat proposal bisnis tersebut selesai mereka gunakan.

Mereka hanya membuatnya proposal usaha 1 minggu saat investor memintanya dan kemudian menaruhnya entah kemana. Sasaran proposal usaha adalah pemodal. Apa gunanya kalau begitu? Well, investor yang cerdas tahu cara membedakan mana proposal yang hanya Anda gunakan untuk mencari modal dan mana yang berupa rencana bisnis yang memenuhi tujuan proposal usaha di atas.

Dan tentunya proposal bisnis yang mewakili tujuan proposal usaha di atas yang mereka terima. Jadi om dan tante tidak boleh begitu. Rubah persepsi om dan tante tentang proposal HANYA sebagai alat untuk mencari modal usaha.

Dengan memahami arti sebenarnya tujuan proposal usaha dibuat, om dan tante akan mempunyai proposal bisnis yang punya multi fungsi seperti yang saya sebutkan di atas. Dan inti manfaat dari proposal usaha adalah menjadikan bisnis Anda semakin besar, solid dan kuat !!


Ada yang mau ditanyakan?

(sumber gambar artikel tujuan proposal usaha adalah, manfaat proposal usaha adalah, tujuan pembuatan proposal usaha adalah : smallbusiness.chron.com)

Artikel Sebelumnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *