Ide Bisnis Online Shop Gampang? Pakai Ini dan Segera Buat Toko Online Gratis

By on October 23, 2015
Ide Bisnis Online Shop Gampang? Pakai Ini dan Segera Buat Toko Online Gratis

Siapa yang nggak tertarik ide bisnis online shop yang gampang dijalankan. Semua pasti tertarik, apalagi yang masih baru-baru. Bener nggak? Pasti bener lah, lha wong saya dulu juga begitu.

Di awal-awal saya kenal dengan bisnis online, saya paling demen dengan hal-hal yang berbau buat toko online gratis. Apalagi kalau ditambah kata “gampang”… wuah, semangat banget carinya.

Mudah… gratis… cepat dan menguntungkan adalah semboyan bisnis online saya waktu itu. Nah, dari sekian model bisnis online yang dulu pernah saya tekuni, ada satu jenis bisnis online yang sampai sekarang masih membekas di hati. “Ah… terlalu sentimentil lah dokter ini.”

Lho iya… memang benar. Karena ide bisnis online shop yang satu ini menghasilkan keuntungan yang lumayan. Jutaan rupiah lho sekali transaksi !! Sebuah hasil yang bagi seorang newbie luar biasa. Jangan Anda bandingkan dengan orang-orang yang sudah sukses sekarang ini. Blaik mengko…

Tahu arti blaik mengko? Celaka nanti, ha..ha..ha.. Itu bahasa prokem mbah putri saya. Gawul kan, wkwkkwkwkw… Apa ide bisnis online shop yang gampang dilakukan tersebut? Adalah membuat toko online dengan menggunakan marketplace !! Mudah, powerfull dan gratis lagi, xi..xi..xi..

Eh ngomong-ngomong, Anda tahu marketplace kan? Marketplace (di internet) adalah adalah tempat dimana masyarakat dapat saling melakukan transaksi jual beli barang dan jasa di internet sehingga Anda tidak lagi dibatasi oleh jarak geografis, dan memungkinkan untuk menjangkau pelanggan dimana saja.

Nah, kalau contoh marketplace-nya adalah Vendio, TokoBagus yang sekarang menjadi OLX, Ebay atau Indonetwork. Dan semuanya gratis..tis… Anda tidak perlu memikirkan desain website dan tidak perlu memikirkan bagaimana transaksi belanja berjalan. Semuanya sudah di sediakan oleh marketplace itu sendiri. 

Yang perlu Anda lakukan hanyalah mendaftarkan produk-produk Anda di kategori yang tepat. Sederhana kan? “Lalu gimana caranya agar produknya bisa laku dok? Bukannya lapak kita harus dikunjungi oleh banyak orang?”. Lha itu dia keunggulan marketplace. Setiap market place pasti punya visitor yang berjubel jumlahnya.

Contohnya Berniaga.com. Mau tahu berapa visitor per harinya? 800 ribu coy !! Kalau yang “nangkring” ke lapak kita 0,0001 saja, berarti ada 8 visitor per hari. Kalau menggunakan prinsip pareto, bisa jadi dari 8 orang yang mampir ke lapak kita, 1 orang memutuskan untuk beli. Kalau satu produk kita untung 50 ribu, satu bulan bisa dapat 1 juta rupiah.

Lumayan kan? Tanpa pusing bikin web, tanpa bingung caranya cari visitor yang banyak. Cukup dengan buat toko online langsung jadi via marketplace. Cocok buat yang baru awalan terjun di dunia online shop dan butuh ide bisnis online shop yang sederhana tetapi powerfull punya…


Ba te wai, mau tahu apa market place saya yang bisa menghasilkan keuntungan jutaan dalam sekali transaksi? Indonetwork.co.id !! Yang pertama saya laku 1 produk, habis itu laku 5 produk. Untungnya jutaan men… Loncat-loncat waktu itu, ha..ha..ha..

Contoh Marketplace Indonesia

Oh iya, ada satu lagi. Karena marketplace itu seringnya dikunjungi banyak orang, halaman lapak Anda yang Anda buat di marketplace bisa jadi masuk halaman pertama mbah gugel… Nggak percaya? Saya kasih 1 hasil screen shot yang menampilkan lapak marketplace saya di halaman pertama mbah gugel ya?

Ide Bisnis Online Shop

Tuh, Anda sudah lihat kan? Ada di halaman pertama. Dan pasti Anda sudah tahu apa konsekuensinya kalau lapak dagang Anda bisa berada di halaman pertama mbah gugel… Ya, benar !! Lapak Anda pasti dikunjungi oleh banyak orang. Jika dikunjungi oleh banyak orang, berarti kemungkinan yang menghubungi Anda akan banyak. Jika benar demikian, prosentase penjualan Anda semakin tinggi.

Itulah yang terjadi di lapak marketplace saya dulu. Selain dikunjungi oleh direct visitor atau orang yang langsung datang ke marketplace tersebut, jika didatangi dari organic visitor… yaitu visitor yang datang dari mesin pencari. Sekali dayung, dua tiga pulau kelewatan lah pokoknya, wkwkwkkwkw… Padahal waktu itu saya tidak pernah melakukan optimasi atau SEO lho. Murni cuman pasang produk, beneran…

So, jika Anda adalah pemula dan ingin mencari ide bisnis online shop yang mudah dan gampang melakukannya, silahkan buat toko online gratis selamanya menggunakan marketplace. Tapi saran saya, jangan hanya satu marketplace. Tetapi semua marketplace yang ada !! Pasang produk Anda dan tunggu keajaiban apa yang akan terjadi, tentunya dengan ijin Allah Azza wa Jalla, he..he..he..


Well, ada yang mau ditanyakan terkait tentang yang menguntungkan ini? Atau ada dari Anda yang punya pengalaman banyak terkait dengan ide bisnis online kreatif atau ide bisnis online unik yang satu ini? Kalau ada, bagikan saja di sini. Siapa tahu bisa menjadi inspirasi banyak orang kan?

(sumber gambar artikel ide bisnis online shop dan buat toko online gratis, buat toko online mudah : www.linkedin.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

2 Comments

  1. andy wedhank uwuh

    November 19, 2015 at 18:02

    Yg sy mau tanyakan usaha apa ya dok, yg pas buat sy, sy karyawan swasta, drmh ada smartphone bs buka olx dll.. saran sy jual apa ya, sy minat di travelling, kuliner, dan fashion.. kira2 apa ya dok, modal sy 2jt saat ini.. mohon pencerahannya wa sy 085643016412 andiyanto

    • Om Nip-Nip

      November 19, 2015 at 21:27

      @Andy : Lha itu dia… mas Andi riset aja. Soalnya masalah usaha apa yang cocok, itu bergantung dari riset pasar dan keinginan. Ada kok di artikel saya tentang menentukan bisnis yang cocok buat pemula. Di search aja…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *