Definisi Modal Bisnis? Cara Menghitung Modal Bisnis? Baca Ini (Seri 2)


By on October 24, 2015
Definisi Modal Bisnis? Cara Menghitung Modal Bisnis? Baca Ini (Serti 2)

Baru saja mau nulis kelanjutan artikel definisi modal bisnis dan bagaimana cara menghitung modal bisnis bagian 2… Eh, tiba-tiba kawan lama saya, om Wahyu, owner Klinik Otomotif [.] com, telepon.

Bubar semua kata-kata pembuka saya… pait, pait. Apa yang tadi mau saya tulis ya? Beneran deh, lupa semua. Tanggung jawab neh om Wahyu… ngacir bae.

Dah ah, nggak usah pake kata-kata pembuka. Langsung aja pada pembahasan inti kelanjutan artikel definisi modal bisnis dan cara menghitung modal bisnis seri 2.

Saya buka primbon dulu… Hmmmm, ini dia… Kemarin Anda sudah tahu rumusan modal stok kan? So, untuk menghitung modal bisnis yang Anda butuhkan, Anda diharuskan untuk membuat daftar kebutuhan yang masuk dalam kategori capex dan opex.

Cuman ada catatan tambahannya ya… demi “kenyamanan” Anda dalam membangun bisnis baru Anda, kata om Nasirudin dan om Winan Widjardjo, sebisa mungkin Anda menyediakan opex untuk minimal 3 bulan pertama. Bahkan kalau bisa, Anda menyediakan modal untuk 6 hingga 12 bulan ke depan.

Apa tujuannya? Tujuannya adalah agar bisnis Anda tetap berjalan meskipun di 3 bulan pertama, profit yang Anda raih belum sesuai dengan target yang telah Anda tetapkan. Dan sudah menjadi rahasia umum bahwa di awal-awal sebuah bisnis baru sedang berjalan, kebanyakan profit yang didapat jauh dari target yang telah ditetapkan. Jauh api dari panggang peribahasanya…

Paham? Nah, kembali ke masalah cara menghitung modal bisnis, penjumlahan capex dengan opex inilah yang menjadi total modal bisnis yang harus Anda siapkan. Biar Anda lebih paham dengan bagaimana cara menentukan modal bisnis, silahkan Anda cermati contoh dari om Nasirudin dan om Winan Widjardjo di bawah ini :

Kalau di artikel definisi modal bisnis dan cara menghitung modal bisnis bagian 1 Anda diumpamakan sebagai pengusaha toko kelontong, di artikel definisi modal bisnis dan cara menghitung modal bisnis bagian 2 ini Anda saya umpamakan sebagai seorang pengusaha frozen food yang menjual barang dagangannya lewat online.

CAPITAL EXPENSES (CAPEX) :

  • Buat situs toko online 1 unit : Rp. 1.500.000,- 
  • Beli komputer 1 unit : Rp. 4.000.000,-
  • Modem 1 unit : Rp. 300.000,-
  • Ponsel 1 unit : Rp. 600.000,-
  • Modal stok : Rp. 17.500.000,-
  • Total Capex : Rp. 23.900.000,-

On iya, modal stok dengan jumlah Rp. 17.500.000,- di atas saya ambil dari contoh cara menghitung modal bisnis seri 1 bagian penentuan modal stok. Jadi kalau Anda lupa atau kelewatan artikel yang membahas tentang bagaimana cara menghitung modal stok, monggo, silahkan di baca lagi artikel definisi modal bisnis dan cara menghitung modal bisnis bagian pertama.

Wokeh, saya lanjutnya ke perhitungan opex…

OPERATIONAL EXPENSES (OPEX) :

  • Sewa ruko per bulan : Rp. 1.000.000,-
  • Gaji karyawan @ Rp. 1.500.000,- : Rp. 4.500.000,-
  • Biaya listrik : Rp. 200.000,-
  • Biaya internet : Rp. 350.000,-
  • Biaya komunikasi : Rp. 300.000,-
  • Biaya transportasi : Rp. 400.000,-
  • Total Opex : Rp. 6.750.000,-

Berhubung di awal tadi saya menyarankan untuk mempunyai modal opex minimal 3 bulan, maka total opex di kali 3 bulan = Rp. 6.750.000,- x 3 = Rp. 20.250.000,-. Jadi total modal bisnis yang Anda butuhkan untuk usaha frozen food online adalah :

Capex + Opex = Rp. 23.900.000,- + Rp. 20.250.000,- = Rp. 44.150.000,-

Mudah kan cara menghitung modal bisnis? Pokoknya yang harus Anda perhatikan urutan dalam menghitung modal bisnis adalah sebagai berikut :

  1. Menentukan berapa besarnya jumlah modal stok.
  2. Memilah dan menjumlahkan masing-masing dari biaya capex dan biaya opex.
  3. Mengkalikan biaya opex dengan jumlah minimal 3 bulan, bahkan kalau bisa 12 bulan.
  4. Menjumlahkan kedua biaya tersebut (capex dengan opex).

Saya pikir Anda tidak akan kesulitan untuk memahami definisi biaya bisnis dan bagaimana cara menghitung modal bisnis. So, saya sudahi dulu pembahasan tentang ” Definisi Modal Bisnis? Cara Menghitung Modal Bisnis? Baca Ini Seri 2 ” ini, selamat malam… selamat tidur. Jangan lupa berdoa lho ya, ha..ha..ha..

(sumber gambar artikel pengertian modal bisnis : sukabiru.wordpress.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *