3 Kiat Sukses Bisnis Online Shop yang Jarang Orang Tahu

By on October 25, 2015
3 Kiat Sukses Bisnis Online Shop yang Jarang Orang Tahu

Terkait judul di atas tentang 3 kiat sukses bisnis online shop yang jarang orang tahu, ada kemungkinannya saya salah. Bisa jadi banyak juga orang yang sudah tahu tips ini.

Hanya saja menurut pengalaman dan pengamatan saya, sampai detik ini saya menulis artikel tentang 3 cara sukses bisnis online shop, jarang ada yang mempraktekkan strategi ini.

Saya tidak tahu mengapa mereka tidak menggunakan ketiga kiat sukses bisnis online shop ini. Kemungkinan mereka malas menggunakannya. Tetapi kelihatannya kebanyakan kok memang tidak tahu ilmunya ya…

So, mau mereka lupa atau tidak tahu ilmunya, sudah menjadi tugas saya untuk menyelamatkan Anda dari jurang kegelapan bisnis online, ha..ha..ha.. “Wokeh om, sepakat. Saya setuju dengan pendapat Anda. Lalu kiat sukses bisnis online shop apa yang akan om dokter terangkan? Masalah script? Masalah backlink? Teknik on page SEO? Riset keyword? Facebook marketing? Atau apa?”.

Lha kalo itu Anda tanya aja ke para mastah-mastah di luaran sana. Saya yakin mereka lebih jago daripada saya. Bukan… bukan teknis seperti itu maksud saya. Tetapi lebih ke inti penawarannya… Sesuatu yang nantinya Anda “bungkus” dengan backlink, on page SEO, riset keyword dan sebagainya.

Apa tips sukses bisnis online shop tersebut? USP… Unique Selling Proposition !! Yaitu keunggulan produk dan pemberian garansi dalam memasarkan produk Anda. Tidak terkecuali saat Anda menggunakan taktik pemasaran online, Anda harus mengidentifikasi USP Anda. Pertanyaannya sekarang adalah seperti apa sih definisi USP yang benar?

Well, menurut Mr. Reeves Iaments dalam bukunya “Reality in Advertising”, USP harus mencakup 3 hal pokok di bawah ini :

  1. Memberi proposisi atau penawaran pada calon konsumen.
    Saat Anda menawarkan sebuah produk atau jasa, Anda harus bisa “mengatakan” kepada mereka kalimat, “Belilah produk ini, maka Anda akan mendapatkan manfaat khusus seperti ini dan itu”. Saya rasa untuk poin yang pertama ini Anda pasti tidak akan kesusahan ya. Anda jualan produk pasti secara alamiah Anda akan menawarkan manfaat dari produk tersebut. Cuman yang jadi masalah adalah apakah manfaat dari produk Anda yang Anda tawarkan ke calon konsumen tersebut benar-benar mereka butuhkan tidak? Karena banyak para pebisnis online shop yang tidak tahu apakah manfaat dari produk atau jasa yang mereka jual benar-benar dibutuhkan oleh calon konsumen mereka ataukah tidak.
  2. Proposisi atau penawaran tersebut haruslah sesuatu yang tidak kompetitor punyai.
    Menginjak ke “syarat” USP yang kedua, Anda harus menawarkan sesuatu yang kompetitor Anda tidak bisa memberikan proposisi Anda tersebut kepada calon konsumen.  Dengan kata lain produk atau jasa Anda harus unik dan tidak diberikan oleh produk sejenis. Lalu bagaimana jika barang yang dijual sama semisal handphone merk “X” misalnya? Ya Anda harus memberikan layanan lain yang tidak dimiliki oleh kompetitor Anda. Bisa menggratiskan pengiriman barang, atau bisa dibayar di tempat seperti lazada.co.id atau yang semisalnya. Intinya Anda mempunyai sesuatu yang dibutuhkan oleh calon customer tetapi kompetitor Anda tidak bisa melakukan hal tersebut. Susah ya? Memang, wkwkwkwkwk…
  3. Proposisi tersebut harus punya “magnet” yang sangat kuat untuk menarik calon konsumen dalam jumlah yang besar.
    Apa maksudnya poin ketiga ini? Ada yang tahu? Tidak? Saya terangkan. Saat Anda melakukan penjualan lewat online (bahkan juga lewat offline), Anda harus bisa memberikan sebuah penawaran yang sulit untuk ditolak oleh calon konsumen Anda. Contohnya dengan memainkan program promosi “Beli 2 Gratis 1” atau “10 Pembeli Pertama Dapat Potongan 50%”.

Butuh studi kasus? Okay… saya berikan. Studi kasusnya dari usaha saya sendiri saja ya. Sewaktu saya jual mesin cup sealer, saya selalu menampilkan penawaran dengan headline yang tidak saja menggoda, tetapi juga mengandung USP poin yang pertama. Bunyinya seperti ini kira-kira :


Hanya Dalam 5 Detik, Mesin Cup Sealer Kami Akan Menyegel Bibir Gelas Plastik Anda dengan Kuat. Tampilan Minuman Anda Jadi Lebih Cantik, Isi Terjamin Kehigienisannya dan yang Jelas, Anti Bocor.

Kelihatan kan kalau di headline tersebut saya memberi manfaat spesial pada calon konsumen saya? Apa coba manfaatnya? Ya.. benar !! Minumannya jadi lebih cantik tampilannya, isinya jadi lebih higienis dan tidak bocor saat minuman tersebut di bawa oleh si pembeli. Manfaat thok isinya, wkwkwkwkwk…

Lalu bagaimana untuk trik sukses bisnis online terkait USP poin yang kedua? Nah, disinilah “kelebihan” usaha mesin saya. Mesin cup sealer nya boleh sama, harga juga boleh sama. Tapi kalau masalah servis garansi dan ketersediaan spare part… jangan ditanya. Saya jagoannya. “Lha kok bisa om?”… Lha saya punya teknisi kelistrikan dan mekanik yang handal yang jarang-jarang orang punya.

Jadinya calon konsumen nggak berani beli di toko mesin yang lain. Mereka takut kalau nanti mesin usahanya terjadi kerusakan, mau kemana mereka mengadu. Harga mesin usaha kan mahal. Kalau rusak gimana hayo? Dan memang sudah terbukti !! Banyak toko mesin lain yang tidak punya support service after sales dan spare part yang bagus.

Sudah begitu saya memberikan sedikit “ancaman”. Saya hanya mau memberikan layanan service atau perbaikan mesin hanya bagi mereka yang membeli mesin di tempat kami, baik yang masih garansi maupun yang sudah habis masa garansinya. Dooorr !! Penawaran yang sulit disamai oleh kompetitor kami, ha..ha..ha..

USP yang ketiga, saya selalu memberikan “magnet” yang sangat kuat saat konsumen datang atau pesan ke toko mesin usaha kami. Apa magnetnya? Yaitu jika membeli mesin usaha hari itu juga, saya selalu memberikan potongan harga yang cukup dahsyat. Ada yang potongannya hingga 500 ribu rupiah. Bayangkan… potongan hingga setengah juta. Siapa yang nggak mau, he..he..he..

Jelas kan sekarang? Nah, intinya adalah saat Anda terjun di bisnis online, Anda jangan terjebak hanya dengan urusan teknis seperti SEO, riset keyword, backlink, script dan sebagainya. Semua itu penting. Tapi bagi calon konsumen Anda, SEO, backlink dan teman-temannya tersebut bukan sesuatu yang berharga jika produk atau jasa Anda tidak punya USP.


Jadi ingat, saat Anda mau menawarkan produk atau jasa Anda dengan media online, apa yang harus Anda lakukan? Ya… benar !! Gunakan 3 kiat sukses bisnis online shop di atas… Kalau tidak, mending Anda pending dulu saja jualan Anda sampai ketemu USP-nya, ha..ha..ha..

(sumber gambar artikel kiat sukses bisnis online shop : www.loserssayno.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

2 Comments

  1. Media Indonesia

    December 18, 2015 at 15:39

    promosi promosi

  2. Paket Karimun Jawa

    August 14, 2016 at 01:48

    Dalam promosi online, bisa juga memanfaatkan social media seperti FB dan instagram untuk mendapatkan efek viral 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *