Berita Bisnis Online : Arti Backlink dan Pengertian Backlink (#2)


By on October 26, 2015
Berita Bisnis Online : Arti Backlink dan Pengertian Backlink (#2)

Di artikel ” Berita Bisnis Online : Arti Backlink dan Pengertian Backlink (#1) “, Anda telah dijelaskan tentang apa itu arti backlink dan pengertian backlink dengan jelas.

Bahkan penjelasan arti backlink dan pengertian backlink tersebut benar-benar lugas, gamblang dan tuntas (*kek slogan pilgub aja neh…).

Sekarang saya akan menambahkan beberapa poin penting terkait dengan artikel arti kata backlink dan pengertian SEO backlink ini.

Apa itu? Yaitu faktor yang mempengaruhi backlink tersebut agar bisa membuat website Anda “terkenal” dan “nangkring” di top ten results Google. Apa saja faktor tersebut? Ada 3 faktor yang harus Anda penuhi :

  1. Jumlah Backlink
    Semakin banyak backlink yang dimiliki oleh website Anda, semakin bagus nilai website Anda di mata search engine. Apalagi jika Anda mendapatkan incoming links dari website yang se-tipe temanya dengan halaman yang link keluarnya sedikit… Jos gandhos !! Tetapi ingat, jangan sampai Anda “di-backlink” oleh situs porno atau situs judi. Hancur ntar website Anda…
  2. Kualitas Backlink
    Backlink atau incoming links tersebut usahakan berasal dari website yang punya kualitas top markotop. Indikator website yang top markotp bisa dilihat dari nilai PR (PageRank) sebuah website, seperti yang sudah saya jelaskan kemarin. Berapa nilai PR yang bagus? Bisa saya katakan minimal PR-nya 2 lah… lumayan itu. Lalu bagaimana cara mengetahuinya? Mudah, Anda bisa gunakan pagerank checker online semacam prchecker.info. Tinggal masukan halaman web yang ingin Anda cek dan duzzzz… ketahuan deh pagerank-nya berapa. 
  3. Anchor Text
    Apa itu anchor text? Anchor text atau teks jangkar adalah sebuah kata atau kumpulan kata bahkan kalimat yang ada di sebuah halaman web yang mengandung link di dalamnya. Contohnya di poin kedua tadi, ada kata “prchecker.info” yang kalau Anda klik akan menuju ke sebuah website kan? Nah kata “prchecker” itulah yang dinamakan anchor text. Anchor text yang baik adalah anchor text yang mengandung kata kunci. Misal Anda ingin website Anda tampil di halaman pertama Google jika ada seseorang yang mencari kata “berita bisnis online”, maka website yang “merekomendasikan” website Anda tadi anchor text-nya haruslah menggunakan kata “berita bisnis online”. Jangan “kata klik di sini”, repot ntar, ha..ha..ha..

Nah, selain ketiga hal penting di atas, Anda juga harus tahu bahwa ada 3 jenis incoming links atau backlink yang bisa digunakan untuk menaikkan rangking website Anda.

  1. One-Way Link
    Yaitu backlink satu arah ke halaman web utama.
  2. Reciprocal Link atau Two-Way Link
    Yaitu backlink dua arah antara dua halaman website, seperti incoming links dari halaman website kita ke halaman website yang lain dan sebaliknya, dari halaman website lain ke halaman website kita.
  3. Three-way Links
    One-way link yang melibatkan 3 halaman web. Dari halaman website kita, menuju ke halaman website B. Halaman website B mempunyai link ke halaman website C dan akhirnya, halaman website C ke halaman website A.

Untuk lebih jelasnya, bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini :

Backlink yang Bagus

Nah, incoming links yang paling bagus adalah incoming links tipe “One-Way Link” (yang dilingkari warna merah), yaitu hyperlink satu arah dari sebuah website dengan anchor text menggunakan kata kunci tertentu ke website Anda. Jadi gampangnya… ada link dari website A menuju website Anda, dah gitu aja. Dan itu yang terbaik. 

Kalau “Two-Way Link”, bagi Google, link dengan model seperti itu bernilai rendah. Mengapa? Karena “Two-Way Link” diibaratkan oleh Google seperti “tukaran link” antar pemilik website (dan memang seperti inilah kenyataannya, ha..ha..ha..). Padahal yang diinginkan Google adalah link yang natural dari sebuah website yang bagus. Dan link yang natural itu biasanya menggunakan “One-Way Link”.

“One-Way Link” bisa diibaratkan seperti seseorang merekomendasikan orang lainnya dengan ikhlas. Bukan karena satu sama yang lainnya saling meminta untuk direkomendasikan. Nah, untuk “Three-Way Link”, saya tetap saja tidak menyarankannya karena nilai tipe link model yang satu ini juga bernilai rendah.

Seperti pada gambar di atas, cara ini sepertinya sudah “diendus” oleh Google sebagai sebuah cara yang “tidak natural”. Karena sebab itulah Google “memvonis” nilai yang rendah bagi siapa saja yang mempunya model incoming links seperti ini. Well, lalu bagaimana cara mendapatkan backlink atau incoming links yang berkualitas?

Ya dengan Anda membuat sebanyak mungkin artikel yang benar-benar bermanfaat bagi banyak orang. Jika artikel Anda bagus, otomatis banyak orang yang akan membagikan artikel Anda entah lewat social media, grup dan forum atau bahkan lewat website mereka itu sendiri. 

Dan ini sebenarnya yang diharapkan oleh Google… bukan trik-trik SEO yang lainnya, walaupun ada trik-trik membuat backlink yang dahsyat selain dengan cara natural di atas. Hanya saja belum bisa saya bagikan di sini mengingat tema kali ini adalah tema tentang arti backlink dan pengertian backlink… bukan trik mendapatkan backlink, he..he..he..

So, dari keterangan di atas, Anda masih punya pertanyaan terkait dengan arti istilah backlink dan pengertian seo dan backlink ini? Tidak ada? Kalau tidak ada, pembahasan tentang berita bisnis online terbaru seputar arti backlink dan pengertian backlink ini saya cukupkan sampai di sini.

Jika Anda masih punya pertanyaan tentang arti dari backlink, silahkan tulis di kotak komentar. Kalau saya bisa jawab insyaa Allah saya akan tulis jawaban saya ke dalam kotak komentar tersebut, okay? Saya tunggu…

(sumber gambar artikel berita bisnis online, arti backlink dan pengertian backlink : www.postano.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *