Info Bisnis Online : Apa Itu Backlink? Backlink Adalah … (#1)


By on October 26, 2015
Info Bisnis Online : Apa Itu Backlink? Backlink Adalah ...

Sekali-kali bahas SEO lah,seperti apa itu backlink, iya nggak? Atau penjelasan dikit tentang backlink adalah ini dan itu… Mantabs kan? Biar dikira mastah, ha..ha..ha..

Lha masak dari kemaren cuman mbahas info bisnis online yang biasa-biasa saja? (*Padahal semuanya luar biasa loh… narsis neh). Sekali-kali masalah teknik optimasi kenape?

Ya..ya..ya.. Bisa, bisa… Walaupun sebenarnya saya sudah menyiapkan blog khusus tentang info bisnis online, tapi tak apelah… saya bahas teknik SEO di blog tercinta ini.

Apa yang akan saya bahas? Yang saya bahas adalah pengertian backlink. Mengapa saya membahas sesuatu yang dasar?

Karena saya lihat di tools pencari keyword, kata kunci ” apa itu backlink di blog, backlink adalah, pengertian backlink serta arti backlink ” cukup banyak pencarinya. Ini menandakan bahwa masih banyak orang yang masih awam terhadap pengertian backlink itu sendiri.

Maka dari itu, saya nggak akan mbahas yang aneh-aneh dan ruwet-ruwet. Yang basic dulu aja lah… Ntar kalau yang ruwet dibahas di sini, kehabisan bahan deh ane buat ngisi blog info bisnis online yang baru, wkwkwkwkwk… Nggak papa kan? (*nanya lagi deh si om ini, hedeehhhh…)

Wokeh, mari kita bahas apa itu backlink… Anda pernah dengar kalimat “Optimasi Off Page”? Belum? Kalau belum, saya terangkan. Optimasi off page adalah membangun incoming links yang qualified yang ditujukan ke website utama Anda, biasa dikenal dengan istilah BACKLINK. Jadi arti istilah backlink (membangun backlink) dengan optimasi off page itu sama. 

Apa tujuannya? Tujuannya adalah untuk meningkatkan posisi website Anda di halaman mesin pencari, khususnya oleh search engine yang bernama pakde Google. Jadi dengan membangun backlink, posisi website Anda bisa di Top Ten Results Google… 10 halaman pertama daftar pencarian search engine Google. 

Lalu apa efeknya kalau website Anda sudah berada di halaman pertama di search engine Google? Banjir order kalau kata grup internet marketer OMG, wkwkwkwkwk… Pertanyaannya sekarang adalah, kok bisa dengan membangun incoming links yang berkualitas atau backlink, website kita bisa di halaman pertama pakde Google? Bisa !! Saya jelaskan…

Tapi bentar, Anda tahu apa itu incoming links kan? Incoming links ya links itu sendiri. Contohnya jika Anda klik link toko mesin usaha ini, pasti terbuka sebuah website baru kan? Eh, udah di klik belum? Di klik lah, biar tahu alurnya. Sudah? Nah, yang itu tadi yang dinamakan incoming links. Website sedia mesin yang barusan Anda klik dan terbuka tadi mendapat incoming links dari website dokter bisnis ini.

So, semakin website Anda mendapat incoming links yang banyak dari website-website yang berkualitas, kemungkinan website Anda maju di posisi top ten results Google semakin tinggi. Mengapa hal itu bisa terjadi? Karena pakde Google mempunyai algortima yang cara bekerjanya sama seperti seseorang yang punya pengaruh besar mempromosikan seseorang yang masih belum dikenal.

Pasti Anda bingung dengan penjelasan saya. Biar Anda nggak bingung, monggo silahkan dilihat ilustrasi di bawah ini :

Info Bisnis Online : Apa Itu Backlink? Backlink Adalah ...

Sudah Anda lihat? Eh, ngomong-ngomong, ilustrasi di atas saya dapatkan dari om Hianoto dan Sukarto lho… So thanks buat beliau-beliau ini yang sudah membuat pengertian backlink menjadi mudah dengan membuat ilustrasi di atas. Okay, saya lanjutken…

Misalkan si baju hijau (orang yang berada di tengah yang ditunjuk oleh banyak orang tersebut) adalah pakar marketing kelas kakap bernama om Paijo. Dan orang-orang yang disekelilingnya (yang menunjuk om Paijo) itu adalah orang-orang yang terkenal di bidang marketingAmbil contoh saja di gambar itu ada om Hermawan Kertajaya yang berbaju kuning lengan pendek…

Anda om Tung Desem Waringin yang berbaju orange lengan panjang… Ada om Laksita Utama Suhud yang berbaju ungu berdasi dan seterusnya. Ini misalnya lho… Sayangnya, banyak orang yang nggak kenal dengan om Paijo. Nah, mereka ini, para pakar marketing tersebut, merekomendasikan kepada para pebisnis untuk belajar marketing kepada om Paijo.

Kata mereka, om Paijo punya strategi marketing yang dahsyat punya. Kira-kira menurut Anda apa jadinya kalau pakar-pakar marketing tadi bilang seperti itu? Orang-orang yang baru belajar bisnis pasti akan percaya kan kalau om Paijo jagoan marketing kan? Pasti lah… wong yang merekomendasikan om Paijo adalah pakar-pakar marketing ternama kelas nasional, bahkan dunia.

Nah, sama persis seperti yang terjadi pada sebuah website. Jika website Anda “direkomendasikan” oleh website-website yang besar dan terkenal, maka website Anda akan ikut besar dan terkenal. Jika website Anda besar dan terkenal, orang-orang akan berdatangan mengunjungi website Anda. Jelas kan? 

So, orang-orang terkenal yang menunjuk om Paijo tadi itu adalah website-website dengan pagerank yang tinggi. Sebentar, Anda tahu kan apa itu pagerank? Pagerank adalah adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi untuk menentukan situs website mana yang lebih penting atau populer di mata search engine Google.

Besarannya adalah mulai dari 0 hingga 10. Semakin tinggi angkanya, semakin bagus website tersebut di mata search engine Google. Balik lagi ke topik apa itu backlink SEO, nah… bentuk “rekomendasi” orang-orang yang terkenal tersebut kalau di dalam dunia website adalah incoming links atau backlink, seperti yang telah saya sebutkan di atas.

Jadi semakin banyak website di luaran sana yang membuat link ke website Anda dan semakin tinggi pagerank website-website tersebut, posisi website Anda semakin bagus. Website Anda bisa terdorong ke halaman top ten results atau halaman pertama search engine Google. Paham kan? Gambarnya kira-kira begini :

Pengertian Backlink dan Arti Backlink

Naaahhhh… sekarang pasti sudah jelas kan apa itu backlink? Pasti sudah jelas lah, wong penjelasannya sudah komplit disertai dengan gambar-gambar yang “mempesona”, ho..ho..ho.. Kalau sudah jelas, besok di artikel ” Info Bisnis Online Terbaru : Apa Itu Backlink? Backlink SEO Adalah … ” Part 2, saya akan jelaskan arti kata backlink yang lebih mendalam sekaligus backlink yang seperti apa yang berkualitas.

Jangan sampai ketinggalan lho ya… pantengin terus update artikel di blog ini kalau nggak pengen ketinggalan. Saya baru “ngamuk” nih, posting dan update artikelnya membabi buta. Hajar terus, wkwkwkwkkw…

(sumber gambar artikel apa itu backlink pada blog, backlink adalah, pengertian backlink, arti backlink : www.seomastering.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

One Comment

  1. Google Apk Center

    December 12, 2015 at 07:24

    Terimakasih atas pengertiannya setelah baca jadi tau mantab infonya terimakasih mas bos ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *