Pelajari 4 Tugas Sales Marketing Ini, Jangan Salah Menempatkan !!


By on October 27, 2015
Pelajari 4 Tugas Sales Marketing Ini, Jangan Salah Menempatkan !!

Salesman adalah ujung tombak perusahaan. Dan tugas sales marketing sangatlah mulia bagi sebuah perusahaan. Tanpa salesman, hidup perusahaan bisa terancam.

Karena ia sebagai paru-paru yang bertugas menghirup oksigen untuk memberikan kehidupan bagi sebuah perusahaan.

Salesman sebgai “paru-parunya”, “oksigennya” ya customer yang melakukan pembelian di perusahaan Anda, wkwkwkkwkw… Makanya Anda jangan main-main dengan salesman.

Well, tugas sales marketing -seperti yang saya katakan di atas- punya peran yang sangat krusial bagi bisnis Anda. Nggak usah saya katakan pun mestinya Anda juga sudah tahu kan? Hanya saja tugas sales marketing bisa jadi tidak berfungsi dengan baik jika Anda salah dalam menempatkan “pelakunya”.

Misalnya, perusahaan Anda adalah perusahaan baru yang bergerak di bidang usaha minuman kemasan. Di benak Anda, pasti Anda berpikiran bahwa Anda membutuhkan seorang sales yang bisa merubah calon pembeli menjadi pembeli produk Anda. Dan cara berpikir itu memang sudah “lumrahnya” dilakukan oleh setiap pengusaha, apalagi yang baru-baru.

Hanya saja masalahnya, usaha minuman kemasan bisa jadi tidak membutuhkan tugas sales marketing yang berhubungan dengan urusan “merubah calon pembeli menjadi pembeli”. Kadang kala ia lebih membutuhkan tenaga penjualan yang tugas penjualannya lebih ditujukan kepada penyalur produk Anda, bukan end user. 

Coba Anda lihat gambar minuman di bawah ini :

Usaha Minuman Kemasan Butuh Merchandising Salesman

Anda pernah lihat seorang salesman atau sebuah tim penjualan menawarkan kepada Anda produk minuman di atas? Pasti jarang kan? Kebanyakan produk tersebut Anda dapatkan langsung di etalase dengan posisi yang mencolok di toko kelontong, supermarket, minimarket dan yang semisalnya… benar begitu?

Berarti yang Anda butuhkan bukan tenaga penjualan yang tugas sales marketing nya merubah calon pembeli menjadi pembeli. Tetapi yang Anda butuhkan adalah tenaga penjualan yang punya tugas sales marketing nya membujuk penyalur yang dalam hal ini bisa agen, distributor atau toko pengecer untuk menampilkan produk Anda di outletnya.

Nah sekarang bayangkan kalau Anda salah dalam menempatkan salesman. Atau Anda salah dalam memberikan instruksi. Mbah gendang plong ntar… ngah-ngoh salesman Anda. Cuman plonga-plongo nggak jelas karena Anda salah kasih tugas sales marketing. So, solusinya adalah Anda harus tahu apa saja jenis tugas penjualan wiraniaga dan tepat dalam menempatkan wiraniaganya.

Ada 4 tugas sales perusahaan berserta jenis salesmannya yang harus Anda ketahui :

  1. Trade Selling dan Merchandising Salesman
    Trade selling merupakan tugas sales di perusahaan yang ditujukan kepada penyalur, bukan kepada pembeli akhir, seperti yang saya contohkan di atas. Salesman atau tenaga penjual yang melakukannya disebut merchandising salesman. Jadi bahasa gampangnya tugas sales marketing ini melakukan “blusukan” ke kios-kios, warung-warung, minimarket bahkan supermarket agar mereka mau memasang produk Anda.
  2. Missionary Selling dan Detailman
    Missionary selling merupakan tugas sales dalam perusahaan yang dilakukan untuk mendorong pembeli agar bersedia membeli pada penyalur perusahaan. Tenaga penjual yang melakukannya disebut detailman. Jadi detailman tidak melakukan penjualan langsung tetapi hanya memberikan contoh barang saja. Anda pernah ditawari minuman baru dengan gelas berukuran kecil saat masuk supermarket kan? Nah, bisa jadi mereka adalah “sang detailman”, he..he..he..
  3. Technical Selling dan Sales Engineer
    Technical selling merupakan tugas penjualan yang intinya berusaha meningkatkan penjualan dengan cara memberikan saran atau nasehat kepada pembeli akhir atau end user tentang barang atau jasa yang mereka jual, terutama yang menyangkut masalah teknis. Salesman yang melakukannya disebut sales engineer. Contohnya adalah salesman mesin giling daging yang targetnya ibu-ibu yang hobi memasak daging-dagingan. Meskipun mesin tersebut sudah diiklankan melalu media internet atau televisi, perusahaan yang menjual mesin tersebut akan “menerjunkan” sales engineer mereka di supermarket dan hypermarket. Tugas mereka “hanyalah” meningkatkan penjualan. Si sales engineer tersebut bertugas untuk menerangkan teknis, kelebihan dan cara kerja mesin giling daging tersebut kepada ibu-ibu yang lewat di “area penjualan” mereka.
  4. New Business Selling dan Pioneer Product Salesman
    New business selling merupakan tugas penjualan yang berusaha untuk membuka transaksi baru dengan mengubah calon pembeli menjadi pembeli. Yang termasuk ke dalam tugas penjualan new business selling diantaranya adalah tugas sales counter dan tugas sales executive. Ini persis seperti yang dipikirkan oleh kebanyakan pengusaha baru. Salesman yang melakukannya disebut pioneer product salesman. Contohnya perusahaan IT yang butuh untuk menawarkan jasa pembuatan web perusahaan atau bisnis toko komputer yang menawarkan paket pengadaan komputer baru ke sekolah-sekolah.

Well, Anda bisa saja membutuhkan satu, dua bahkan keempat jenis salesman di atas. Tidak ada masalah… Tetapi yang paling penting adalah dengan mengetahui tugas sales marketing di atas, Anda diharapkan bisa menyesuaikan tugas sales marketing yang Anda butuhkan Anda dengan tenaga penjualan yang tepat. Dengan demikian, hasil yang nantinya Anda dapatkan insyaa Allah akan lebih maksimal.

(sumber gambar artikel tugas sales marketing, tugas tenaga penjualan, tugas tenaga penjual : empowerlounge.com, informasiagroindustri.blogspot.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *