Info Peluang Bisnis : Usaha Gorengan Sukses Modal 2 Juta an


By on November 1, 2015
Info Peluang Bisnis : Usaha Gorengan Sukses Modal 2 Juta an

Baru capek ngomongin taktik marketing… Mikirnya aja udah berat, apalagi nulisnya. Ganti topik yang ringan dulu aja ya? Gimana kalau seputar info peluang bisnis kecil mungil nan uwil?

Misalnya mbahas ini nih, usaha gorengan sukses modal 2 juta rupiah. Cocok kayaknya kan? Ringan nih bahasannya. Jadi ane bisa cepet nulisnya.

Maklumlah, baru dikejar ama kompetitor nih, tetangga sebelah. Jadi harus kejar setoran plus kejar tayang, wkwkwkwkwkwkwk… Becanda ding…

Wokeh, mari kita putuskan untuk membahas info peluang bisnis usaha gorengan sukses modal 2 juta rupiah. Anda sudah siap? Ini dia…

Saya adalah penggemar gorengan. Dulu, sebelum “divonis” kurangsehat, hampir setiap sore hobinya cari usaha gorengan yang sukses. Kenapa harus sukses? Karena kalau sukses pasti rasanya enak, ya kan? Indikatornya terlihat dari orang yang pada mau beli ramai berjubel antri buat beli gorengan.

Nah, saking senengnya sama gorengan, saya berandai-andai bahwa suatu saat, saya akan buka usaha gorengan unik. Usaha gorengan kreatif tersebut beda dengan kebanyakan bisnis gorengan pada umumnya. Hingga akhirnya saya memutuskan untuk menuangkannya dalam sebuah artikel. Siapa tahu Anda-Anda di sini bisa mempraktekkan tulisan usaha gorengan yang unik ini. 

Well, usaha gorengan adalah usaha yang gampang-gampang susah. Gampangnya, Anda tidak perlu repot buat mencari konsumen. Tinggal Anda cari mana daerah yang belum ada “gorengannya”, langsung tancap, konsumen-pun akan berdatangan. Anda tahu apa sebabnya?

Salah satu alasan mengapa usaha gorengan pinggir jalan selalu diburu orang walaupun bisnis gorengan terlaris tersebut masih baru adalah karena gorengan adalah “camilan nusantara” yang melegenda. Hampir semua orang suka gorengan, apalagi yang hangat, iya kan? Kecuali kalau orang tersebut punya penyakit kolesterol, ha..ha..ha..

Coba kalau sore-sore Anda baru ngobrol bersama teman atau saudara Anda tiba-tiba pengen punya camilan. Seringnya pasti bilang begini, “Cari gorengan sono gih !!”… iya nggak? Kemudian alasan lain mengapa gorengan selalu dicari orang adalah gorengan termasuk camilan yang mudah untuk dipasangkan dengan makanan apa saja.

Dengan bakmi? Bisa… Dengan kopi? Cocok… Dengan nasi rames? Oke punya… Dengan nasgitelpet? Oo… pas banget. Semuanya bisa !!  Makanya pasar untuk camilan gorengan ini jumlahnya relatif besar. Tetapi Itu kalau kita bicara gampangnya lho ya…

Kalau bicara susahnya? Anda tidak akan mudah untuk menemukan lokasi dengan “area kekuasaan” yang bebas dari pengusaha gorengan. Kebanyakan di sebuah daerah seperti perumahan misalnya, sudah ada setidaknya 2 hingga 3 pelaku usaha gorengan di rumah.

Dan kalau sudah bicara dengan apa yang dinamakan “langganan”, kemungkinanbesar Anda akan susah untuk mengambil konsumen mereka, meskipun saya di atas tadi bilang pasar untuk gorengan relatif besar. Lalu bagaimana caranya?

Anda butuh strategi khusus agar bisa mengalahkan kompetitor tersrbut. Cara mengalahkannya? Dengan memperkuat konten, konteks dan infrasturktur Anda. Masih ingat kan artikel saya tentang diferensiasi produk? Di situ saya jelaskan apa itu konten, konteks dan infrastruktur serta bagaimana penerapannya dalam usaha gorengan pisang Anda. Anda harus baca itu.

Pertanyaannya sekarang adalah, ide apa saja yang bisa membuat usaha gorengan tahu sumedang, usaha gorengan tempe atau usaha gorengan apapun itu bisa mempunyai diferensiasi yang kuat? Ada 5 ide diferensiasi yang bisa Anda lakukan, baik yang terkait konten, konteks maupun infrastruktur.

  • Memperkuat konten gorengan dengan isian yang lezat dan berkelas.
    Anda bisa membuat gorengan dengan menambahkan isian daging, tuna, telur bebek, jamur, atau sayuran premium macam brokoli dan asparagus. Gorengan Anda akan terasa khas dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Tetapi ingat… Anda harus tepat dalam menentukan segmen pasar. Contohnya lokasi usaha gorengan Anda harus dekat dengan perumahan elit. Kalau hanya di pinggir jalan biasa, waduh… bisa-bisa nggak ada yang beli.
  • Memperkuat konten gorengan dengan rasa yang unik.
    Molen isi nanas, cireng dengan aneka rasa yang unik atau martabak mini dengan bumbu kari berempah khas India cukup bisa menggoda konsumen Anda untuk mencoba gorengan Anda. Sesuatu yang berbeda dan yang belum pernah ada sebelumnya biasanya bisa membuat penasaran konsumen Anda. Dan kalau ternyata gorengan Anda pas di lidah mereka, dalam waktu yang singkat mereka akan berubah menjadi pelanggan setia Anda.
  • Memperkuat konten gorengan dengan menambahkan sajian tambahan yang unik.
    Di daerah tertentu di Sulawesi, gorengan disajikan bersama sambal khusus dengan bumbu terasi yang cair. Mereka menyebutnya dengan nama bakasan. Anda bisa coba tiru konsep makanan mereka tersebut di daerah Anda. Anda memperkuat konteks Anda dengan menambahkan headline atau tagline di outlet gorengan Anda dengan kata-kata’ “Gorengannya sih biasa, sambal coleknya baru luar biasa !!” Jargon ini akan membuat orang penasaran dengan bisnis gorengan unik Anda. “Sambal macam apa yang buat gorengannya enak ya”, pikir mereka. Dan sekali lagi saya katakan, kalau ternyata sambal Anda memang benar-benar berbeda, Anda bisa mengambil hati para pelanggan gorengan tetangga sebelah, ha..ha..ha..
  • Memperkuat konten dan infrakstrukur agar bisa menjadi gorengan sehat.
    Banyak sekali orang yang sangat menggemari gorengan tapi sudah tidak bisa lagi leluasa menikmatinya karena mereka terganggu dengan masalah kesehatan. Dan kebanyakan pemilik bisnis gorengan pinggir jalan menggunakan minyak yang tidak layak. Nah, Anda bisa memberikan mereka solusi dengan cara membuka bisnis gorengan sehat. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menggunakan bahan yang lebih sehat, sayuran lebih padat atau dengan menggunakan minyak khusus diet seperti minyak goreng bunga matahari. Kemudian Anda bisa memperkuat infrastruktur bisnis gorengan modern Anda dengan cara menambahkan mesin peniris minyak sehingga minyak yang terkandung pada gorengan Anda berkurang sangat banyak. “Lha nanti harga jualnya mahal om?”… Ya jelas lah !! Namanya makanan sehat pasti lebih mahal. Coba Anda lihat rumah makan vegan, berapa harga masakannya? Atau Anda beli beras organik atau sayuran organik. Pasti lebih mahal kan? Konsumen sudah tahu yang namanya makanan sehat pasti lebih mahal harga jualnya. So, yang perlu Anda lakukan adalah bagaimana memilih sekaligus menentukan target market Anda sehingga produk Anda sampai di tangan yang tepat, okay? 
  • Memperkuat konteks gorengan Anda dengan cara penyajian yang berbeda.
    Menunggu adalah pekerjaan yang membosankan. Dalam konsep inti pemasaran, produk makanan yang enak bila disajikan dalam waktu yang sangat lama bisa membuat konsumen lari. So, Anda bisa membuat bisnis jual gorengan Anda dengan 2 cara penyajian… digoreng di tempat atau dibawa pulang. Belum pernah kan Anda lihat gorengan yang bisa dibawa pulang dan digoreng di rumah? Kalau usaha pempek Palembang atau usaha lumpia sudah banyak. Kalau yang satu ini belum ada deh kayaknya. Coba Anda bayangkan bila outlet gorengan Anda punya pisang goreng, tahu goreng, tempe goreng atau ubi goreng yang sudah tertaburi dengan tepung dibungkus plastik vacuum yang higienis… Prospek usaha gorengan Anda jadi tambah cerah, ha..ha..ha..

Wokeh, sekarang saatnya kita membahas analisa bisnis gorengan dengan modal 2 juta an dengan asumsi, peluang usaha bisnis gorengan ini dilakukan di depan rumah Anda tanpa ada embel-embel tambahan seperti mesin spinner dan minyak diet, he..he..he..

MODAL AWAL

  • Bahan baku : Rp. 500.000,-
  • Gerobak : Rp. 1.000.000,-
  • Gas elpiji dan kompor : Rp 450.000,-
  • Peralatan : Rp 150.000,-
  • Total : Rp. 2.100.000,-

BIAYA OPERASIONAL per HARI

  • Gas elpiji : Rp 50.000,-
  • Minyak goreng : Rp 100.000,-
  • Gaji tenaga kerja 1 orang : Rp. 50.000,- per hari
  • Plastik dan lain-lain = Rp 50.000,-
  • Total : Rp. 250.000,-

TOTAL MODAL AWAL

  • Rp. 2.100.000,00 + Rp. 250.000,00 = Rp. 2.350.000,-

PEMASUKAN

  • Omzet tiap hari : 500 gorengan × @Rp. 500,00 = Rp. 250.000,-

LABA BERSIH

  • Laba bersih per hari = Rp. 100.000,-
  • Laba bersih per bulan : Rp. 100.000,00 × 30 hari = Rp. 3.000.000,-

Lumayan kan hasil dari usaha gorengan sukses ini? Coba kalau ke depannya Anda mempunyai visi yang besar dengan berani membuka cabang… Punya 5 cabang saja Anda sudah bisa mengantongi untung 15 juta rupiah per bulan, he..he..he..

Bagaimana, sudah punya gambaran kan tentang usaha gorengan sukses ini? Kalau sudah, ayo… jalankan segera. Buat business plan yang matang dan segera mulai usaha gorengan Anda.

(sumber gambar artikel info peluang bisnis usaha gorengan sukses modal 2 Juta : www.bimbingan.org)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

6 Comments

  1. Taman Senja

    September 7, 2016 at 12:46

    Kalau itungan begitu bisa bisa rugi bos..bahan pembuat gorengan juga belum masuk itungan tuh..hahah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *