Hindari 4 Hal Ini Saat Anda Memilih Bisnis Waralaba Modal Kecil

By on November 3, 2015
Hindari 4 Hal Ini Saat Anda Memilih Bisnis Waralaba Modal Kecil

Murah… adalah kata yang paling disukai orang. Padahal kata murah terkadang bisa menjebak seseorang. Apalagi kalau Anda sedang memilih bisnis waralaba modal kecil.

Jelas, perimbangan utama Anda saat memilih waralaba modal kecil adalah murah. Kalau bukan kata “murah” yang jadi pertimbangan Anda, tentu kata kunci yang Anda cari berbeda.

Bisa dengan kata kunci waralaba terlaris, daftar waralaba makanan terbaik atau bahkan waralaba fried chicken mahal untung besar. Kayaknya kalau diselipkan kata “mahal” kok terlalu berlebihan ya?

Nggak mungkin banget seseorang mengetik kata mahal di kotak pencari Google kan, ha..ha..ha.. Al muhim, intinya kalau Anda sedang mencari bisnis waralaba modal kecil, ingatlah selalu bahwa Anda jangan terjebak dengan kata murah.

Mengapa? Karena kata murah seringkali membuat logika seseorang “terbang keluar jendela” sehingga dia memutuskan sesuatu tanpa memikirkan dengan masak-masak. Berita buruknya, memilih aneka usaha waralaba bukanlah perkara yang gampang.

Jadi Anda dituntut untuk mengalahkan 2 hal… Pertama, menahan “emosional” Anda saat memilih waralaba modal kecil sehingga kata “murah” tadi tidak membuat Anda hilang kendali. Kedua, saat emosional Anda sudah terkendali, Anda harus kembali berjuang untuk mengalahkan “kejenuhan” Anda saat meneliti puluhan bisnis waralaba dengan modal kecil yang ingin Anda beli, he..he..he..

Sudah siapkah Anda? Harus memilih sederet bisnis waralaba modal kecil terbaru yang boleh saya katakan sedang “mekar-mekarnya” di Indonesia? Sekali lagi ini bukannya perkara yang mudah lho, meneliti puluhan bisnis waralaba modal kecil dengan kondisi emosional yang selalu terjaga…

So, Anda perlu sebuah strategi jitu yang bisa mengalahkan hal tersebut. Dan kebetulan, teman saya pernah menemukan artikel yang berhubungan dengan masalah ini di sebuah web bisnis luar negeri bernama “businessball”.

Wokeh, dengan sedikit penambahan materi yang saya sesuaikan dengan kondisi di Indonesia, ini dia 4 hal yang harus segera Anda lakukan untuk menepis godaan kata “murah” dan “rasa jenuh” yang datang menghampiri Anda…


  1. Melakukan Keputusan Tanpa Investigasi yamg Masak
    Godaan yang sering datang adalah rasa takut kehilangan kesempatan membeli bisnis waralaba murah yang telah Anda bidik. Apa penyebabnya? Rayuan dari sang penjual waralaba !! Mereka sangat terlatih untuk “mempermainkan” emosi Anda. So, begitu Anda “digoda” oleh sang penjual waralaba, tahan emosi Anda, lihat masak-masak produknya, cara membuatnya, konsep waralabanya serta track recordnya hingga akhirnya Anda mendapatkan gambaran yang utuh dari bisnis waralaba modal kecil menguntungkan tersebut.
  2. Membayar Tanpa Bertanya
    Ketika Anda dikenakan biaya oleh pihak pemilik bisnis waralaba modal kecil tersebut, Anda harus berani menanyakan kepada mereka apa saja kegunaan dari uang yang Anda bayarkan tersebut. Tanyakan apa saja yang akan Anda dapatkan. Jangan Anda sudah terlanjur membayar biayanya, ternyata Anda masih diharuskan membeli barang-barang yang seharusnya sudah termasuk di dalam biaya franchise tersebut. Biasanya perasaan “sungkan” atau “malu” yang kerap membuat seseorang enggan bertanya. Terlebih kalau harganya murah. Jadi pikirannya seperti ini, “Wong sudah dikasih murah, masak masih tanya-tanya? Nggak enak lah…”.
  3. Memutuskan Tanpa Mengetahui Kondisi Pasar
    Anda dilarang keras untuk berasumsi bahwa proyeksi yang diberikan oleh franchisor waralaba 100% benar. Anda harus tahu bagaimana kondisi pasar dari usaha waralaba modal kecil yang Anda bidik tersebut. Kalau trend bisnis nya sudah turun, kan berabe… Bisa-bisa Anda tidak bisa mencapai titik pay back period. Biasanya ada 2 penyebabnya nih… Pertama, riset pasar adalah hal yang menjemukan. Survei pasar, mewawancara orang, menanyai sumber-sumber yang terkait dengan bisnis waralaba modal kecil untung besar tersebut adalah sesuatu yang membosankan. Jadinya keinginan Anda untuk men-skip langkah ini tinggi sekali. Yang kedua, sama seperti di bisnis MLM, karena modal yang Anda keluarkan kecil, alam bawah sadar Anda “menggiring” pikiran Anda untuk berkata, “Sudah… hajar saja bleh. Ribet amat sih. Toh kalau ntar rugi modalnya nggak banyak-banyak amat. Ngapain dipikir terlalu njlimet.” Kalau benar kedua hal ini mengalahkan tindakan Anda untuk melakukan riset pasar bisnis waralaba murah yang Anda bidik, rempong dah…
  4. Melakukan Tanda Tangan Tanpa Meneliti Isi Perjanjian
    Apapun tindakan Anda dan sekecil apapun resikonya, Anda tidak bisa mengikat diri Anda dengan sebuah perjanjian yang tidak Anda ketahui. Dan terkait dengan bisnis franchise modal kecil untung besar, melihat dan membaca sebuah perjanjian itu seperti melakukan riset pasar… MENJEMUKAN. Bagaimana bila suatu hari nanti Anda terpaksa harus menghentikan perusahaan waralaba Anda hanya dikarenakan Anda tidak benar-benar membaca dan meneliti isi perjanjian di awal? Baca dan pelajari isi perjanjian tersebut dengan seksama !!

Itu tadi 4 hal yang harus Anda hindari saat akan membeli bisnis waralaba modal kecil. Sebagai penutup pesan saya, ingatlah bahwa emosional berbanding logika adalah 24 : 1. Jadi wajar kalau dorongan emosional Anda lebih kuat daripada logika Anda.


Tetapi Anda adalah manusia yang dikarunai hati dan pikiran. So, jangan mau dikalahkan dengan emosi Anda. Jaga emosional Anda dan tempatkan dia di tempat yang semestinya… 

(sumber gambar artikel bisnis waralaba modal kecil : www.clipapicfranchise.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *